Sponsors Link

15 Penyebab Seseorang Mengalami Gagal Ginjal dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gagal ginjal adalah salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyerang manusia. Ginjal adalah salah satu organ vital yang bertugas untuk menyaring racun dan membuangnya melalui urine. Jika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, maka racun-racun dan limbah di dalam tubuh tidak bisa disaring dengan baik dan akan mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

ads

Penting untuk mewaspadai penyakit ini karena bisa menyerang segala usia, mulai anak-anak hingga lansia. Penyebab penyakit gagal ginjal juga beragam. Berikut adalah beberapa penyebab seseorang mengalami gagal ginjal.

1. Penderita Diabetes Melitus

Penderita diabetes melitus memiliki resiko yang sangat tinggi untuk terkena gagal ginjal. Diabetes menyebabkan pembuluh darah kecil di tubuh terluka. Jika pembuluh darah pada ginjal yang terluka, fungsi ginjal untuk menyaring racun dalam darah tidak bisa bekerja dengan maksimal. Jika sudah demikian, ginjal akan kesulitan untuk mengosongkan kandung kemih. Kandung kemih yang terlalu penuh akan menekan ginjal dan menyebabkan ginjal terluka. Dengan demikian bakteri yang ada dalam cairan akan menyebabkan ginjal terinfeksi.

2. Punya penyakit darah tinggi

Pada organ ginjal terdapat banyak arteri yang dialiri darah segar. Darah tinggi atau hipertensi menyebabkan terganggunya aliran darah pada ginjal sehingga pembuluh darah akan mengalami kerusakan. Kondisi ini menyebabkan ginjal tidak dapat menyaring darah dengan baik. Terganggunya fungsi ini membuat ginjal kehilangan kemampuan untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Ginjal yang sehat mampu memproduksi hormon yang dapat mengatur tekanan darah. Ginjal sudah tidak lagi dapat memproduksi hormon ini karena penyakit darah tinggi.

3. Suka minuman berenergi

Minuman berenergi dikonsumsi dengan tujuan untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Tuntutan pekerjaan dan aktivitas yang menumpuk menuntut seseorang untuk terus bertenaga sepanjang hari. Efek yang dihasilkan minuman berenergi memang instan dan langsung terlihat. Namun berbagai macam kandungan yang ada dalam minuman energi sama sekali tidak baik untuk tubuh. Minuman energi mengandung kafein, vitamin, pengawet, dan zat pewarna. Berbagai macam zat ini membuat kerja ginjal menjadi lebih berat dan mempercepat kerusakan ginjal.

4. Punya batu ginjal

Batu ginjal mulanya berukuran kecil dan dapat bergerak bebas pada saluran kemih. Penyakit ini tidak akan menjadi lebih parah jika segera diobati dan ditangani dengan baik. Jika dibiarkan dan tidak diobati, batu ginjal akan membesar dan menyebabkan saluran kemih tersumbat. Ini ditandai dengan nyeri yang hebat ketika buang air kecil. Adanya penyumbatan pada saluran kemih mengganggu kerja ginjal dan bisa menjadi penyebab seseorang mengalami gagal ginjal. Waspadai nyeri pinggang yang berlebihan terutama pada wanita, karena nyeri pinggang adalah salah satu gejala batu ginjal pada wanita.

Sponsors Link

5. Saluran kemih tersumbat

Saluran kemih adalah saluran yang akan membawa urine keluar dari tubuh melalui uretra. Wanita lebih beresiko untuk mengalami penyumbatan ini dibandingkan dengan pria. Penyumbatan saluran kemih disebabkan oleh beberapa hal seperti kehamilan pada wanita dan prostat pada pria. Infeksi yang menyerang saluran kemih juga bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal.

6. Pecandu rokok

Merokok adalah pemicu terbesar berbagai penyakit serius yang bisa menyerang tubuh. Mulai dari kanker, gangguan kehamilan, sesak napas, hingga impotensi. Ginjal pun tidak lepas dari serangan rokok. Rokok mengandung banyak racun dan nikotin yang sangat berbahaya. Merokok sama saja dengan memasukkan berbagai jenis racun tersebut ke dalam tubuh. Tentu saja menjadi tugas organ ginjal untuk menyaring semua racun ini agar terbawa oleh urine. Karena banyaknya racun yang terkandung di dalam rokok, kerja ginjal menjadi lebih berat dan jika berlangsung dalam waktu yang lama akan menyebabkan gagal ginjal.

ads

7. Pernah mengalami pendarahan hebat

Pernah dengan hipovolemia? Ini adalah sebuah kondisi dimana terjadi pendarahan hebat pada tubuh. Pendarahan bisa terjadi karena berbagai penyebab seperti kecelakaan atau operasi. Hilangnya darah segar dari dalam tubuh akan sangat mempengaruhi kerja ginjal. Ginjal membutuhkan banyak darah agar dapat berfungsi dengan baik. Hipovolemia adalah salah satu penyebab seseorang mengalami gagal ginjal.

8. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih berarti mengurangi jumlah cairan di dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan maka metabolisme di dalam tubuh akan terganggu. Dehidrasi yang sangat parah ditandai dengan warna urine yang sangat keruh. Gejala dehidrasi di antaranya adalah sakit kepala, lelah, bibir pecah-pecah, dan buang air kecil tidak lancar.

Dehidrasi karena kurang minum air putih adalah salah satu penyebab gagal ginjal kronis jika berlangsung terus menerus.

9. Suka minum obat warung

Sakit ringan seperti sakit kepala atau mual kerap disepelekan dan tidak dianggap serius. Oleh karena itu pengobatannya pun tidak pernah dilakukan secara serius. Obat-obat warung yang dijual bebas dengan harga murah banyak dipilih sebagai solusi untuk menyembuhkan penyakit ini. Obat pereda nyeri yang dijual di warung adalah jenis obat ibuprofen yang memiliki kandungan anti inflamasi dan non-steorid. Penggunaan obat jenis ini dalam jangka panjang membuat ginjal tidak bisa mengkonsentrasikan urine dengan baik.

10. Ginjal pernah mengalami benturan

Benturan pada ginjal jika terlalu keras bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal. Penting untuk mengetahu tanda tanda ginjal rusak agar bisa waspada dengan kondisi ginjal. Karena salah satu penyebabnya adalah benturan keras yang pernah dialami oleh ginjal. Benturan ini biasanya terjadi saat kecelakaan.

11. Mengalami refluks nefropati

Penyakit ini adalah sejenis kelainan di mana ginjal telah berhasil menyaring semua racun dan siap dibawa keluar oleh urine. Namun semua zat racun ini justru kembali lagi masuk ke dalam ginjal karena adanya kelainan. Hal ini menyebabkan penumpukan racun di dalam ginjal. Kondisi ini bisa terbilang cukup langka karena kondisi refluks biasanya adalah bawaan lahir.

12. Minum kopi dan teh yang berlebihan

Kedua minuman ini, teh dan kopi, sama-sama memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kafein dalam kadar yang normal memang bisa menjadi zat anti kanker untuk tubuh. Namun jika konsumsi kopi dan teh tidak dibatasi, kafein yang masuk ke dalam tubuh pun menjadi tidak terkontrol. Kafein membawa masuk zat oksalat ke dalam tubuh dan jika jumlahnya terlalu banyak akan terjadi pengkristalan zat oksalat di dalam ginjal dan akan mengganggu kerja ginjal secara optimal. Penelitian menunjukkan, konsumsi 4 cangkir kopi setiap hari dan lebih dari 10 cangkir teh setiap hari bisa menyebabkan gagal ginjal kronis.

13. Penderita penyakit Lupus

Salah satu penyebab seseorang mengalami gagal ginjal adalah penyakit lupus. Penderita penyakit lupus secara perlahan akan menderita gagal ginjal. Lupus adalah sebuah penyakit autoimune, di mana imun di dalam tubuh mengalami kelainan. Sistem imun seharusnya bisa melindungi tubuh dari serangan luar seperti virus dan bakteri. Namun pada penyakit lupus, sistem imun justru menyerang tubuh si penderita, dan menganggap semua organ di dalam penderita lupus adalah serangan bagi tubuh. Salah satunya adalah ginjal yang dianggap penyakit lupus sebagai benda asing dan berusaha untuk dihancurkan.

Sponsors Link

14. Mengalami serangan jantung

Jantung adalah pusat dari tubuh manusia. Organ ini bertugas untuk mengalirkan darah bersih ke semua organ lain agar bisa bekerja dengan baik, termasuk ginjal. Serangan jantung membuat aliran darah dari dan ke jantung menjadi terganggu. Distribusi darah ke seluruh tubuh pun menjadi tidak lancar. Ginjal tidak dapat menyaring racun dalam darah sehingga terjadi penumpukan racun pada jantung. Jika tidak segera ditangani bisa menjadi penyebab gagal ginjal akut.

Ketika penderita mengalami serangan jantung maka aliran darah yang menuju jantung akan mengalami masalah atau bahkan ginjal tidak menerima darah dari jantung. Jika kondisi ini terus terjadi maka ginjal tidak dapat berfungsi dan terjadi penumpukan aliran limbah pada jantung. Jika tidak mendapatkan perawatan yang cepat dan tepat maka gagal jantung akan menyebabkan gagal ginjal.

15. Berlebihan minum minuman bersoda

Salah satu kebiasaan yang bisa merusak ginjal adalah suka minum minuman bersoda. Soda mengandung banyak bahan kimia tambahan yang bisa memberatkan kerja ginjal. Salah satu gejala ginjal rusak adalah jika terdapat busa di dalam urine. Busa dihasilkan oleh protein yang lolos dari penyaringan ginjal. Sebuah penelitian menunjukkan, orang-orang yang suka minuman bersoda memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Itulah beberapa penyebab penyakit gagal ginjal yang wajib untuk diketahui. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Menerapkan gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk terhindar dari segala penyakit, termasuk gagal ginjal.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :