Sponsors Link

5 Penyebab Sering Buang Air Kecil

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui, semua orang sangat disarankan untuk minum banyak air putih dalam satu hari. Namun, minum banyak air putih juga tentunya bisa menyebabkan seseorang terlalu sering buang air kecil atau kandung kemih cepat penuh. Tubuh manusia memang sebagian besar terdiri dari air dan tubuh juga memiliki kemampuan untuk mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh yakni seberapa banyak air yang harus dibuang agar bisa tercipta keseimbangan.

ads

Jika seseorang merasa haus, maka tentu butuh cairan yang sering disebut dengan dehidrasi sehingga harus diisi dengan cairan kembali seperti minum air putih. Sebaliknya, jika jumlah cairan cukup, maka tubuh akan membuang kelebihan cairan lewat air kencing atau urine. Lalu, apa saja penyebab sering buang air kecil tersebut?, berikut penjelasannya untuk anda.

Menurut sebuah situs kesehatan yakni Medical News Today, dalam keadaan normal manusia akan buang air kecil sebanyak enam hingga tujuh kali dalam sehari yang bisa dikatakan frekuensi buang air kecil normal.. Akan tetapi untuk beberapa orang dengan kondisi tertentu, frekuensi buang air kecil bisa saja lebih atau kurang dari itu. Sebagai contoh untuk anak anak dengan kantong kemih yang lebih kecil, maka bisa buang air lebih sering dari orang dewasa. Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga bisa berpengaruh pada banyak atau tidaknya frekuensi buang air kecil. Apabila anda minum teh, alkohol atau kopi yang mengandung kafein, maka juga akan meningkatkan keinginan buang air kecil.

  1. Infeksi Saluran Kemih

Pada saat saluran kemih atau kantung kemih mengalami infeksi yang sering disebut dengan penyakit infeksi kandung kemih, maka seseorang akan lebih sering buang air kecil. Bahkan terkadang juga disertai dengan rasa sakit sebab kantung kemih yang mengalami infeksi tidak dapat bekerja dengan maksimal untuk menampung urin dalam jumlah yang banyak.

  1. Diabetes

Penyebab sering buang air kecil malam hari selanjutnya adalah diabetes. Untuk penderita diabetes akan lebih sering berkeinginan buang air kecil sebab penderita diabetes juga memiliki keinginan untuk minum lebih banyak akibat gula darah yang tinggi.

Karena terlalu banyak minum, maka tubuh juga akan berusaha untuk mengeluarkan cairan berlebih dari dalam tubuh. Akan tetapi terkadang ketika menyaring darah untuk membuat urin, gula juga ikut tersaring dan menarik air lebih banyak lagi.

  1. Gangguan Kelenjar Prostat

Bagi orang yang menderita gangguan kelenjar prostat, maka akan lebih sulit untuk buang air kecil meski rasa ingin buang air kecil sering muncul karena proses terbentuknya urine berlangsung lebih cepat. Hal tersebut bisa terjadi karena prostat sedang membengkak yang kemudian menekan uretra sampai menutup aliran urin.

  1. Kandung Kemih Overaktif

Saat seseorang menderita overactive bladder atau juga disebut dengan kandung kemih overaktif, maka desakan tiba tiba untuk buang air kecil juga sering terjadi. Hal ini disebabkan karena kandung kemih yang sedang berkontraksi tidak normal dan menyebabkan keinginan buang air kecil jadi meningkat dalam sehari.

  1. Masa Kehamilan

Umumnya, kehamilan akan membuat seorang wanita lebih sering buang air kecil. Hal ini bisa terjadi karena rahim yang sedang membesar seiring dengan pertumbuhan bayi dalam kandungan semakin menekan anatomi saluran kemih sehingga kandung kemih semakin menyempit dan semakin ingin buang air kecil. 

Sponsors Link

Kapan Harus ke Dokter?

Sebetulnya, berapa kali buang air kecil yang terjadi dalam sehari memang ditemukan oleh tubuh masing masing orang. Namun, anda juga tidak perlu terburu buru ke dokter jika belum terjadi beberapa gejala seperti berikut ini:

  • Timbul rasa sakit atau tidak nyaman ketika sedang buang air kecil.
  • Warna urin berubah yang bahkan juga bisa urin disertai darah.
  • Kehilangan kemampuan dalam mengontrol kantung kemih atau disebut juga dengan inkontinensia urine.
  • Rasa lapar yang meningkat termasuk juga rasa haus.
  • Mengalami demam disertai dengan menggigil.
  • Timbul rasa sakit di area punggung bagian bawah atau samping.

Sponsors Link
>
, , ,