Sponsors Link

5 Penyebab Sakit Ginjal dan Obatnya Paling Ampuh

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang menempati posisi penting dalam sistem tubuh kita. Organ kecil yang berukuran kurang lebih sekepal tangan orang dewasa, bahkan lebih kecil dari itu ini memiliki banyak fungsi yang menunjang hidup kita. Beberapa di antaranya antara lain adalah menjaga keseimbangan elektrolit, menjaga tekanan darah agar bisa stabil, membantu mengurangi kadar kalium atau fosfor yang berlebihan di dalam darah, membantu memproduksi urine dan lain sebagainya.

ads

Gangguan pada ginjal sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan efek sistemik bagi tubuh. Oleh karena itu, setiap orang tidak peduli umur, jenis kelamin, ras, agama, suku dan lain sebagainya wajib mengetahui tentang penyebab sakit ginjal dan obatnya sehingga kita semua dapat mengatasi permasalahan penyakit ginjal yang juga sangat bervariasi tersebut. Walaupun penyebab penyakit ginjal secara spesifik dapat berbeda, seperti misalnya gejala sakit ginjal pada wanita, akan tetapi ada beberapa penyebab umum yang dapat mengakibatkan sakit ginjal terjadi, entah itu gagal ginjal kronis, ginjal bengkak, ginjal mengecil, gagal ginjal dan lain sebagainya. Bentuk pengobatan pun bisa berbeda, seperti misalnya ada yang terapi gagal ginjal kronik, atau mungkin dalam penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor dan lain sebagainya.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mempelajari penyebab sakit ginjal dan obatnya walaupun tidak secara spesifik.

Penyebab-penyebab Sakit Ginjal

Pertama kali yang perlu kita lakukan adalah memahami hal-hal apa yang dapat menyebabkan penyakit ginjal. Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit ginjal yang mungkin dapat kita alami.

1. Cacat sejak lahir pada saluran kemih

Penyebab sakit ginjal yang pertama adalah karena kelainan pada saluran kemih atau pembuangan yang terbentuk sejak kecil. Cacat lahir ini dapat terjadi pada ginjal, ureter, kandung kemih, atau pada bagian uretra. Contoh dari kecacatan sejak lahir ini adalah terjadinya penyempitan ureter, penyempitan uretra, dan lain sebagainya. Cacat lahir pada saluran kandung kemih dapat dicegah dengan menerapkan pola konsumsi yang baik selama masa kehamilan oleh ibu yang sedang mengandung.

2. Penyumbatan pada saluran kemih

Penyebab sakit ginjal berikutnya masih berkaitan dengan penyebab yang pertama di atas, hanya saja masalah kedua ini berhubungan adanya penyumbatan pada saluran yang menghubungkan antara ginjal dan ureter. Pengobatan pada sumbatan pada saluran kemih dapat dilakukan dengan cara pembedahan oleh dokter dan pembersihan saluran kemih serta mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk mencegah timbunan oksalat yang dapat berkembang menjadi batu ginjal dan yang lain sehingga tidak terjadi penyumbatan pada saluran kemih.

Sponsors Link

3. Gangguan refluks

Penyebab sakit ginjal berikutnya yang juga menjadi salah satu penyebab gagal ginjal adalah adanya gangguan refluks. Gangguan refluks biasanya sering terdeteksi setelah seorang anak memiliki infeksi saluran kemih. Refluks adalah sebuah istilah yang menunjukkan kembalinya urine dari kandung kemih menuju ginjal. Refluks dapat disebabkan karena adanya kecacatan pada “katup” antara ureter dan kandung kemih. Refluks dapat menyebabkan infeksi yang sangat parah pada ginjal dan membuat kinerja ginjal akan terganggu. Apabila sudah sangat parah, refluks dapat membuat terjadinya gagal ginjal bahkan pada anak kecil sekalipun.

Pada beberapa kasus, operasi harus dilakukan untuk mengatasi terjadinya gangguan refluks. Akan tetapi selain operasi, pengobatan herbal alami juga dapat dilakukan untuk mengobati refluks yang terjadi pada anak ataupun orang dewasa. Para penderita refluks beserta keluarga dapat memilih pengobatan apa yang akan mereka lakukan, namun disarankan untuk mengikuti keputusan dokter yang tepercaya agar tidak salah dalam memilih metode sekaligus obatnya. Misalnya, pemberian antibiotik tertentu mungkin tidak cocok dengan kondisi para penderita refluks tertent sementara pada yang lain sesuai, dan lain sebagainya.

ads

4. Gangguan sindrom nefrotik

Gangguan sindrom nefrotik adalah salah satu penyebab gagal ginjal yang bisa terjadi terutama pada anak-anak. Sindrom nefrotik pada anak-anak biasanya terjadi pada anak yang berusia antara 6 bulan sampai 5 tahun. Anak laki-laki memiliki risiko dua kali lebih besar untuk mendapatkan sindrom nefrotik dibandingkan dengan anak perempuan.

Sindrom nefrotik dapat terjadi ketika ginjal yang mungkin sedang mengalami permasalahan tertentu tidak mampu menyaring protein sehingga protein tidak masuk ke dalam urine dan ikut terbuang. Proses terbuangnya protein sering terjadi setelah anak-anak mengalami sakit demam atau infeksi. Pada kondisi yang parah, sindrom nefrotik dapat membuat kerja ginjal mengalami penurunan secara drastis dan mengakibatkan gagal ginjal. Oleh karena itu, penyakit sindrom nefrotik harus benar-benar disembuhkan secepat mungkin agar tidak berpeluang mengakibatkan penyakit lain yang lebih parah.

5. Inflamasi ginjal

Penyebab sakit ginjal yang berikutnya adalah adanya peradangan pada ginjal atau dikenal juga dengan sebutan inflamasi ginjal. Peradangan ginjal memiliki banyak sebab, beberapa di antaranya adalah adanya bakteri jahat, adanya pertumbuhan sel di luar yang seharusnya, kurangnya asupan zat-zat anti-inflammasi dan antioksidan bagi ginjal, pengaruh bahan kimia, mengonsumsi banyak makanan penyebab sakit ginjal, kurang memakan makanan yang baik untuk ginjal, dan lain sebagainya. Peradangan parah dapat mengganggu kinerja ginjal secara serius, sehingga dapat membuat terjadinya gagal ginjal akut.

Dengan demikian sangat penting untuk mencegah munculnya inflamasi pada ginjal. Cara untuk mencegah terjadinya inflamasi ginjal, salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjalankan tips menjaga kesehatan ginjal dari para ahli. Terapkan pola hidup yang sehat seperti meminum dengan cukup, tidak memakan terlalu banyak garam, olahraga dengan rajin, dan lain sebagainya.

Selain lima penyebab di atas, sebab-sebab lain yang memungkinkan kamu terkena penyakit ginjal adalah sebagai berikut.

  • Hidronefrosis saat janin
  • Infeksi saluran kemih.
  • Infeksi pada ginjal.
  • Batu ginjal.
  • Gagalnya pertumbuhan ginjal.
  • Kurangnya air minum.
  • Tidak sering berolahraga.
  • Terlalu banyak duduk.
  • Memakan terlalu banyak makanan bergaram tinggi.
  • Memakan terlalu banyak makanan berkadar kalium tinggi.
Sponsors Link

Obat Sakit Ginjal

Setelah mengetahui penyebabnya, maka berikutnya kita perlu mengetahui obat penyakit ginjal. Dengan demikian kita akan melengkapi pengetahuan tentang penyebab sakit ginjal dan obatnya pada artikel kali ini. Lantas apa saja obat sakit ginjal yang bisa kita konsumsi? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Buah Apel

‘Obat ginjal’ pertama yang dapat kamu konsumsi adalah buah apel. Buah apel adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan serat sangat tinggi dan mampu mencegah peradangan sel-sel tubuh. Selain itu, buah apel dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol buruk, membantu mencegah timbulnya konstipasi atau dikenal pula dengan sebutan sembelit, dan juga mampu mencegah serangan penyakit jantung atau kanker.

Ketika kita mengonsumsi buah ini sebagai suplemen saat kita mengalami sakit ginjal, maka kita dapat memperoleh asupan gizi yang baik tanpa harus mencederai ginjal kita yang suda sakit. Oleh karena itulah apel menjadi salah satu jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh para pasien yang menderita penyakit ginjal seperti ginjal bocor dan ginjal bengkak. Tentu saja semua itu harus dilakukan di bawah pengawasan dokter ya.

2. Buah Cranberi

Buah cranberi dapat dianggap sebagai salah satu ‘obat’ untuk ginjal. Buah ini berasal dari kelas beri-berian yang memiliki kandungan vitamin C, magnesium, potasium, vitamin A dan lain sebagainya. Kandungan yang ada di dalam buah cranberi tersebut menjadikan buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, layaknya buah-buahan untuk obat ginjal yang lain. Cobalah bertanya pada dokter apakah kamu dapat mengonsumsi buah cranberi atau tidak.

3. Buah Manggis

Buah manggis adalah salah satu dari sekian banyak buah yang dapat membawa banyak manfaat bagi manusia. Selain menjaga kebugaran tubuh, berperan dalam memperbaiki kondisi lambung ketika ada masalah asam lambung, dan berbagai manfaat penting yang lain, manggis juga dapat mempercepat proses penyembuhan ginjal bocor. Hal tersebut dapat terjadi karena senyawa xanthone yang dimiliki oleh manggis. Hal yang sama juga dapat diduga akan bermanfaat bagi ginjal yang sedang mengalami ginjal mengecil.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa xanthone merupakan salah satu senyawa yang dapat mengatasi radikal bebas secara efektif. Dengan demikian xanthone dapat membantu tubuh mencegah masuknya berbagai macam zat berbahaya ataupun racun yang akan mengganggu kinerja ginjal. Dengan demikian, ketika ginjal mengalami masalah tertentu, ginjal dapat kembali pulih dengan cepat apabila sering mengonsumsi buah manggis dengan tepat.

Selain mengandung senyawa xanthone dalam jumlah yang tinggi, buah manggis juga mampu memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Dengan kata lain, mengonsumsi buah manggis dapat membantu menurunkan risiko munculnya penyakit jantung dan stroke dengan sangat efektif. Manfaat ini juga akan berdampak pada ginjal, yaitu menurunnya beban kerja ginjal sehingga ginjal dapat bekerja dengan lebih efisien. Selain manfaat tersebut, buah manggis juga dapat menjaga tingkat kolesterol agar tetap stabil. Tetapi jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter ya.

4. Rujak polo

Senyawa-senyawa analgesik yang ada di dalam tanaman rujak polo mampu meringankan nyeri tubuh. Selain itu, senyawa sapnon, alkaloid, karbolin, dan senyawa-senyawa penyembuhan lainnya banyak terkandung oleh tanaman rujak polo. Oleh karena itulah rujak polo merupakan salah satu tanaman pengobatan sekaligus makanan yang baik digunakan sebagai ramuan herbal dalam membantu menyembuhkan ginjal.

5. Buah kelapa kuning dan kaktus ekor tikus

Buah kelapa kuning dan kaktus ekor tikus adalah alternatif obat yang dapat kamu makan serta salah satu makanan untuk penderita ginjal mengecil ketika kamu sedang menderita ginjal mengecil. Kedua buah ini juga dikenal ampuh untuk mengatasi masalah gagal ginjal. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila kita mengonsumsi buah-buahan tersebut untuk dimakan ketika sedang mengalami ginjal mengecil, terutama apabila pengecilan ginjal yang terjadi belum terlalu parah.

Itulah beberapa penyebab sakit ginjal dan obatnya yang dapat kita bahas dalam artikel kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini kamu dapat mengetahui apa saja penyebab-penyebab sakit ginjal beserta obat yang dapat kamu konsumsi ya!

Sponsors Link
>
, ,