Sponsors Link

10 Penyebab Radang Ginjal dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

penyebab radang ginjalGinjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi vital dan juga paling sering berkerja didalam tubuh. Dalam menjalankan fungsinya memompa dan menyaring darah dalam satu harinya ginjal dapat menyaring sampai 50 galon darah.

ads

Ginjal yang sehat dan dapat bekerja secara normal sangat penting untuk kejernihan dan kebersihan darah yang mengandung banyak oksigen. Terdapat beberapa ciri ciri ginjal sehat.  Namun, terdapat beberapa kerusakan yang menyerang ginjal diantaranya ialah radang ginjal atau Nefritis. (Baca juga :ciri ciri ginjal rusak ).

Nefritis dapat terjadi karena nefron terserang infeksi oleh bakteri penyakit, bakteri yang sering menyerang ginjal ialah bakreri streptococcus. Bakteri ini masuk melalui saluran pernafasan sehingga menimbulkan radang pada ginjal. Dan karena radang pada ginjal ini urine urine yang ditampung tidak dapat disaring dengan baik. Akibaat radang ginjal ini urin dan urea dapat kembali lagi ke dalam pembuluh darah atau yang biasa disebut uremia.

Nefritis dapat dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung bagian ginjal mana yang terinfeksi radang. Akibat nefritis maka sel darah merah akan bercampur dengan zat putih telur dan juga urin, yang menyebabkan orang yang mengalaminya akan mengalami permasalahan dalam buang air kecil.

  1. Nefritis Interstisial, adalah peradangan yang mengenai insterstitium renal.
  2. Glomerulonefritis, adalah peradangan yang mengenai glomerulus. Fungsi glomerulus sendiri adalah untuk menyaring darah, dengan rusaknya glomerulus maka darah tidak dapat tersaring dengan baik.
  3. Pyelonefritis, adalah peradangan yang mengenai jaringan renal interstisal.

Penyakit nefritis dapat terjadi pada segala usia anak anak, remaja hingga orang tua. Pada anak anak hingga remaja nefritis yang terjadi ialah nefritis akut karena terinfeksi penyakit yang menular sedangkan pada orang dewasa adalah nefritis kronis.

Baca juga :

Penyebab nefritis atau Penyebab Radang Ginjal di antaranya :

  1. Infeksi

Penyebab pertama nefritis atau gagal ginjal ialah ginjal terinfeksi virus, bakteri maupun jamur. Biasanya virus maupun bakteri sebelumnya sudah menyerang sistem pernafasann maupun kulit seseorang. Virus atau bakteri yang menyerang ginjal akan sama dengan virus atau bakteri yang menyerang pada bagian sistem pernafasan dan juga kulit. Bakteri yang menyerang contohnya adalah bakteri streprokokus dan virus yang menyebabkan radang ginjal antara lain virus hepatitis B, hepatitis C maupun HIV. Baca juga : Cara Mengobati Batu Ginjal

  1. Pemakaian alat kedokteran yang tidak steril.

Kebersihan ginjal sebagai salah satu organ yang memiliki fungsi penting dalam mempompa darah harus diperhatikan dengan benar. Menggunakan alat kedokteran yang tidak bersih dapat menyebabkan nefritits. Salah satunya adalah menggunakan kateter yang tidak steril, kateter adalah alat untuk mengeluarkan urine. Kebersihan alat ini harus dijaga karena apabila kateter ini tidak steril maka bakteri akan dengan mudahnya masuk dan akan menyerang ginjal dan orgam dalam lainnya. Baca juga : Penyebab Ginjal Mengecil

  1. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Sistem imunitas penting untuk menjaga dan menghindari masuknya virus virus maupun bakteri yang dapat membuat tubuh sesorang lemah. Seperti diketahu bahwa salah satu penyebab nefritis adalah bakteri dan juga virus, maka apabila sistem imunitas pada tubuh dalam keaadaan tidak normal akan mempermudah masuknya virus virus dan bakteri ke dalam tubuh. Pada sistem imunitas terdapat antibodi dan antigen. Kelainan pada sistem imun misalnya adalah sistem imun menyerang organ organ penting karena tidak mengenalinya. Baca juga : Makanan Penyebab Sakit Ginjal

Sponsors Link

  1. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang mengakibatkan rusaknya pembuluh darah. Rusaknya pembuluh darah akan mengganggu stabilitas dari kesehatan organ ginjal itu sendiri. Dengan rusaknya pembuluh darah maka penderita akan dapat mengalami radang ginjal atau gagal ginjal dan yang paling serius adalah dapat menyebabkan kematian bagi pasien hemodialysis. Maka dari itu hendaknya menjaga tekanan darah dalam keadaan yang normal. Dengan menghindari makanan makanan yang dapat memicu terjadinya hipertensi.

  1. Obesitas

Bagi orang orang yang memiliki kelebihan berat badan akan lebih mudah terserang penyakit. Pe karena itu menjaga berat badan pada keadaan ideal adalah salah satu cara untuk menjaga diri dari berbagai macam penyakit. Obesitas dapat menyebabkan berbagai pemicu ginjal mengalami radang salah satunya dalah karena obesitas dapat memicu terjadinya hipertensi. Maka dari itu olahraga yang cukup, minum air putih dan indari makanan yang terlalu berlemak dan berminyak akan menghindari diri dari hipertensi dan juga radang ginjal.

ads
  1. Diabetes

Hubungan antara penyakit diabetes dan juga penyakit penyakit yang terjadi pada ginjal sangat erat. Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan kadar gula yang terdapat di dalam darah. Kelebihan gula dalam darah ini yang membuat kerusakan pada penyaringan yang ada di dalam ginjal. Sehingga pelan pelan kerusakan ini akan menyebabkan nefritis dan membuat ginjal rusak. Untuk menghindari diabetes disarankan untuk tidak mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebih, dan makan makanan less sugar. Diabetes dapat memicu penyakit lain seperti obesitas. Baca juga : Penyebab Ginjal Bengkak

  1. Penggunaan obat obatan

Penggunaan obat obatan dalam waktu yang relatif lama tidak baik untuk kesehatan tubuh. Karena berkegantungan pada obat obat akan membiasakan diri pada zat zat kimia yang meskipun jumlahnya rendah tetap terdapat pada kebanyakan obat. Penggunaan obat pada jangka waktu yang lama akan memicu terjadinya peradangan pada ginjal. Sehingga hindari penggunaan obat dalam waktu lama dang anti dengan makan makanan yang sehat dan bergizi dengan olahraga yang cukup.

  1. Batu ginjal

Batu ginjal adala kumpulan zat zat beracun yang berbentuk kumpalan. Dengan adanya batu ginjal dapat membuat luka pada ginjal dan dapat menyebabkan radang ginjal. Selain itu batu ginjal juga menganggu kerja dari kandung kemih dan dapat menyebar hingga menyebabkan kelainan pada ginjal yang lainnya. Untuk itu bisa dilakukan terapi untuk penghancuran batu ginjal namun harus dikonusltasikan sebelumnya kepada dokter. ( Baca juga : ciri ciri penyakit batu ginjal).

  1. Asam urat

Asam urat adalah salah satu penyakit yang dikarenakan tingginya kadar asam urat dalam darah. Serangan asam urat tidak terjadi secara terus menerus namun hanya 1 hingga dua kali dalam setahun, tetapi akan ada waktunya asam urat kambuh di saat yang pentingg dan Penyebab Radang Ginjal. Asam urat dapat membentuk kista di dalam ginjal dan dapat menyebabkan radang pada ginjal. Bahkan, asam urat juga dapat menyebabkan gagal ginjal apabila terus menerus kambuh.

  1. Keturunan

Penyebab Radang Ginjal pada sebagian orang mereka sudah mendapatkan penyakit sejak mereka masih dalam kandungan. Terdapat berbagai penyakit bawaan atau keturunan dimana penyakit ini dibawa oleh orangtua dan menurun pada anak anaknya. Salah satunya diabetes yang menyebabkan radang ginjal. Presentase anak akan lebih besar menderita radang ginjal. Oleh karena itu apabila orang tua memiliki penyakit harus segera memeriksakan anaknya ke dokter dan berkonsutasi dengan dokter untuk mencegah penyakitnya berkembang.

Ciri Ciri Radang Ginjal

  • Mual mual
  • Perut terasa nyeri
  • Demam tinggi
  • Warna urine yang keruh
  • Sering buang air kecil
  • Bengkak pada bagian muka
  • Sakit punggung
  • Tedapat nanah ketika buang air
  • Urine berbusa
  • Urine berdarah
  • Badan sering letih

Cara Pencegahan Nefritis

  • menerapkan gaya hidup sehat
  • berkonsultasi kepada dokter
  • menjaga berat badan ideal
  • menjaga kadar gula dalam darah
  • perbanyak minum air putih
  • memilih obat obatan yang legal
  • tidak merokok

Cara Mengobati Radang Ginjal

  1. Menggunakan kumis kucing

Bahan bahan :

  • Kumis kucing
  • Daun meniran
  • Air putih

Cara membuat ramuan :

Merebus bahan bahan diatas dengan air hingga airnya meresap setengahnya. Setelah itu rutin meminumnya sebanyak  kali dalam 1 hari.

Sponsors Link

  1. Biji kopi dan temulawak

Bahan bahan :

  • Biji kopi
  • Temulawak
  • Alang alan
  • Asam kawah
  • Meniram

Cara membuat ramuan :

Haluskan biji kopi lalu campurkan bahan bahan diatas dan direbus sampai airnya meresap setengah lalu minum 3 kali sehari.

  1. Daun sambiloto dan rambut jagung

Bahan bahan :

  • Daun sambiloto
  • Rambut jagung
  • Kumis kucing

Cara membuat ramuan :

Rebus semua bahan bahan diatas lalu disaring airnya kemudian minum hingga habis.

  1. Kedelai kedelai

Bahan bahan :

  • Kacang
  • Cuka
  • Tempe

Cara membuat ramuan :

Masak tumis atau sop bahan bahan diatas lalu diamkan sampai sedikit dingin setelah itu masukkan prune California dan makan ini setiap hari.

Demikian Penyebab Radang Ginjal dengan mengetahui cara cara untuk mengobati dan mencegah datangnya radang ginjal, karena radang ginjal sangat berbahaya kaarena dapat menyebabkan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal kronis adalah tidak berfungsinya lagi ginjal dan dapat menyebabkan kematian.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :