Sponsors Link

12 Penyebab Penyakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ sekresi cairan pada tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah supaya darah yang tersebar ke seluruh tubuh menjadi darah yang bersih. Namun ginjal juga menjadi salah satu organ yang cukup sering terganggu dan menyebabkan berbagai penyakit ginjal, seperti batu ginjal, gagal ginjal, dan sebagainya. Sebagai organ sekresi, ginjal tentulah sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Maka dari itu perlu diketahui penyebab penyakit ginjal yang sering terjadi agar bisa melakukan pencegahan dari segala macam gangguan terhadap ginjal. Berikut beberapa penyebabnya.

ads
  1. Kurang cairan atau dehidrasi

Salah satu penyebab sakit ginjal yang cukup sering diabaikan oleh manusia adalah dehidrasi atau kurang cairan. Dehidrasi ini bisa terjadi jika manusia kurang memperhatikan asupan cairan di dalam tubuhnya. Cairan yang kurang bisa menyebabkan ginjal bekerja tidak normal dan akhirnya bisa menyebabkan penyakit ginjal. Maka dari itu, penuhi asupan cairan harian agar cairan tercukupi. Namun perlu juga dihindari beberapa Minuman Penyebab Gagal Ginjal agar cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak menyebabkan gangguan pada ginjal.

  1. Mengalami luka bakar

Luka bakar pada seseorang, apalagi yang sudah parah, juga bisa menjadi penyebab penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan luka bakar akan membuat kulit manusia menjadi lebih tipis. Akibatnya cairan yang berada di dalam tubuh bisa menguap lebih cepat daripada manusia normal. Hal ini akan menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Namun luka bakar yang bisa menjadi penyebab dari sakit ginjal ini adalah luka bakar yang lebih dari 30%.

  1. Efek makanan dan minuman tertentu

Beberapa makanan dan juga minuman ada juga yang menjadi penyebab dari sakit ginjal. Makanan Yang Dapat Menyebabkan Gagal Ginjal biasanya adalah makanan yang tidak sehat, misalnya makanan dengan gula dan garam yang tinggi. Sedangkan minuman juga ada yang menyebabkan sakit ginjal, seperti minuman energi dan minuman soda, termasuk minuman beralkohol.

  1. Efek obat-obatan tertentu

Obat-obatan juga ada yang bisa menyebabkan efek samping sakit ginjal, terutama jika dikonsumsi dalam kadar yang banyak atau dikonsumsi dalam jangka panjang. Obat-obatan memang harus selalu dicek dosisnya agar tidak menyebabkan efek samping pada ginjal. Biasanya obat yang bisa membahayakan ginjal adalah obat keras. Namun obat ringan seperti antibiotik atau suplemen vitamin juga ada yang berbahaya bagi ginjal jika dikonsumsi sembarangan.

  1. Infeksi yang cukup parah

Infeksi pada manusia bisa menyebabkan beberapa penyakit. Entah itu dikarenakan virus atau bakteri, infeksi pada tubuh bisa menyebabkan pengaruh pada ginjal. Hal ini dikarenakan saat terserang infeksi, tubuh lebih mudah dehidrasi. Jika kebutuhan air tidak terpenuhi dengan baik, dan infeksi berlangsung lama, bisa jadi ginjal juga terganggu nantinya.

Sponsors Link

  1. Ada sumbatan pada saluran kencing

Sumbatan pada saluran kencing juga merupakan salah satu penyebab penyakit ginjal yang cukup sering terjadi. Sumbatan ini juga merupakan salah satu Ciri Ciri Penyakit Batu Ginjal dan bisa menghambat frekuensi buang air kecil, sehingga jika terjadi secara lama akan berpengaruh pada ginjal. Ginjal akan lebih kotor dan sulit melakukan tugasnya dengan baik.

ads
  1. Kebiasaan menahan rasa ingin buang air kecil

Kebiasaan buruk yang selalu suka menahan rasa ingin buang air kecil juga bisa menyebabkan gangguan serius pada ginjal. Jika terjadi secara berulang dan terus menerus ginjal dan saluran kemih bisa menjadi terinfeksi, bahkan mengalami sumbatan. Maka dari itu segeralah membuang air kencing jika sudah ada rasa ingin buang air. Jangan ditunda terlalu lama.

  1. Penyakit diabetes

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang juga bisa berpengaruh pada kesehatan ginjal. Gula atau glukosa yang berlebihan dalam darah bisa mengganggu kinerja ginjal dalam membersihkan darah. Akibatnya, ginjal bisa mengalami kegagalan dalam menyaring darah yang ada di dalam tubuh sehingga terjadi sakit ginjal. Diabetes juga merupakan salah satu Penyebab Seseorang Mengalami Gagal Ginjal baik kronis maupun akut yang perlu diwaspadai.

  1. Tekanan darah tinggi

Darah yang memiliki tekanan darah tinggi juga bisa berpengaruh pada ginjal dan menyebabkan penyakit ginjal. Jika tekanan darah pada tubuh terlalu tinggi, maka darah akan lebih sulit “dicuci” oleh ginjal. Hal ini lama kelamaan bisa menyebabkan ginjal menjadi terganggu karena kinerjanya yang tidak maksimal.

  1. Peradangan pada ginjal

Penyakit ginjal juga bisa disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada ginjal. Peradangan ini pada awalnya merupakan penyakit ringan dan mungkin tidak menunjukkan Gejala Ginjal Rusak. Namun jika tidak diobati dengan baik, atau jika sistem pertahanan tubuh penderita sedang lemah, penyakit ini bisa menjadi parah dan menyebabkan infeksi serius pada ginjal dan jaringan di sekitarnya.

  1. Penyakit ginjal polikistik

Penyakit ginjal polikistik juga bisa menjadi penyebab sakit ginjal yang menyerang manusia. Penyakit ini diturunkan dari gen dan menjadi salah satu penyakit turunan. Jika gaya hidup salah atau kurang sehat, maka penderita akan lebih mudah mengalami penyakit ini.

Sponsors Link

  1. Sesak nafas atau asma

Asma atau sesak nafas juga memiliki peluang yang besar terhadap sakit ginjal. Jika nafas pada paru-paru tidak maksimal, maka kebutuhan oksigen akan kurang. Hal ini bisa menyebabkan darah kekurangan oksigen untuk ditransferkan ke seluruh tubuh, sehingga ginjal yang menerima pasokan darah juga bisa menjadi terganggu.

Itulah 12 penyebab penyakit ginjal yang perlu diketahui dan dicegah sejak dini. Selalu jaga pola hidup sehat agar tubuh menjadi terhindar dari berbagai macam penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,