Sponsors Link

Penyebab Osteodistrofi Ginjal pada Gagal Ginjal Kronis

Sponsors Link

Penyakit ginjal memang akan sering menciptakan gejala-gejala pada penderitanya karena ginjal itu sendiri adalah organ vital yang jika tidak berfungsi dengan baik, maka organ lain juga akan terpengaruh. Salah satu gejala yang diderita Penyakit Ginjal gagal ginjal kronis adalah osteodistrofi ginjal yang berhubungan dengan tulang. Gejala ini juga dikenal dengan istilah gangguan mineral dan tulang atau Chronic Kidney Disease-Mineral and Bone Disorder (CKD-MBD).

ads

Apa yang menjadi penyebab osteodistrofi ginjal? Berikut beberapa penjelasannya.

  1. Hubungan ginjal dengan kalsium

Salah satu penyebab terjadinya osteodistrofi ginjal adalah berkaitan dengan hubungan ginjal dengan kalsium. Dimana ginjal yang sehat akan bekerja untuk menyeimbangkan kalsium di dalam darah. Kalsium merupakan sebuah mineral yang bermanfaat untuk memperkuat dan membangun tulang. Mineral ini ada banyak di makanan berkalsium seperti susu dan produk olahan susu. Tubuh membutuhkannya agar tulang bisa terus menerus diregenerasi.

Namun pada penderita gagal ginjal, terutama pada Gagal Ginjal Stadium 5, kemungkinan mereka akan mengalami penurunan kalsium dalam darah. Sedangkan jika kalsium menurun, maka kelenjar paratinoid akan melepaskan hormon PTH. Hormon PTH ini akan mengambil kalsium dari tulang agar darah tetap mendapatkan asupan kalsium yang seumbang. Jika hal ini terus menerus terjadi pada gagal ginjal kronis, maka tulang pun lama kelamaan akan kehilangan kalsium dan menjadi lemah serta rapuh.

  1. Hubungan ginjal dengan fosfor

Penyebab osteodistrofi ginjal pada Gagal Ginjal Kronis tidak hanya berhubungan dengan kalsium namun juga dengan fosfor. Fosfor adalah elemen yang membantu mengatur kadar kalsium pada tulang. Fosfor banyak ditemukan di makanan. Ginjal yang normal akan bekerja dalam membuang kelebihan fosfor dari dalam darah. Namun jika gagal ginjal kronis terjadi, kadar fosfor dalam darah akan meningkat akibat fungsi ginjal yang tidak bekerja.

Kelebihan fosfor dalam ginjal ini tidak hanya akan membuat ginjal bekerja semakin keras, melainkan juga akan menurunkan tingkat kalsium dalam darah. Dan seperti yang dijelaskan di atas, jika kalsium dalam darah menurun, maka kalsium akan diambil dari tulang sehingga tulang akan kehilangan kekuatannya dan terjadilah osteodistrofi ginjal. Tingginya fosfor juga berhubungan dengan Kulit Gatal karena Gagal Ginjal.

  1. Hubungan ginjal dengan calcitriol

Penyebab osteodistrofi ginjal berikutnya berhubungan dengan calcitriol yang merupakan salah satu zat yang akan dihasilkan dari vitamin D, baik itu dari makanan maupun dari sinar matahari. Calcitriol ini dihasilkan oleh ginjal untuk membantu penyerapan fosfor dan kalsium ke dalam tulang serta darah. Calcitriol bekerja sama dengan hormon PTH untuk menjaga keseimbangannya.

Sponsors Link

Namun pada gagal ginjal, karena Fisiologi Ginjal tidak berfungsi dengan baik, jumlah calcitriol akan berkurang, sedangkan hormon PTH akan meningkat. Hal ini akan membuat penyerapan kalsium dari makanan ke tulang menjadi semakin melemah dan tulang akan kesulitan melakukan regenerasi.

Demikianlah beberapa penyebab osteodistrofi ginjal yang perlu diketahui. Jika osteodistrofi ginjal terjadi, maka tulang penderita gagal ginjal akan melemah dan menyebabkan berbagai keluhan di tulang dan sistem gerak. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,