Sponsors Link

Penyebab Kreatinin Ginjal Naik dan Cara Menurunkannya

Sponsors Link

Kreatinin merupakan salah satu produk limbah dari sisa metabolisme tubuh. Kreatinin adalah kreatin yang sudah rusak ketika proses pengubahan makanan menjadi energi. Kreatinin ada di dalam darah dan akan dibuang bersama urine. Proses pemisahan kreatinin dilakukan oleh ginjal. Namun ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat meningkatkan kreatinin naik.

ads

Penyebab Kreatinin Tinggi

Ada beberapa penyebab kreatinin ginjal naik atau tinggi yang perlu diketahui dan perlu dihindari karena Akibat Kreatinin Tinggi juga tidak baik untuk tubuh. Berikut beberapa penyebab kreatinin tinggi, antara lain sebagai berikut.

  1. Penyakit ginjal

Salah satu penyebab utama dari peningkatan kadar kreatinin adalah jika ginjal mengalami gangguan karena beberapa Penyakit Ginjal. Ginjal yang mengalami gangguan akan memiliki kinerja yang tidak normal. Sehingga kemampuan untuk menyaring kreatinin dan zat limbah lainnya menjadi terganggu. Filtrasi glomerular di ginjal tidak bisa berjalan secara normal dan menyebabkan kadar kreatinin menjadj tinggi.

  1. Kerusakan otot

Tidak hanya masalah pada ginjal, kerusakan pada otot pun juga bisa menjadi penyebab kreatinin ginjal naik. Hal ini disebabkan oleh kerusakan otot yang menjadi masuk ke dalam aliran darag Sehingga kandungan darah tercemar dengan banyak limbah. Dan pada akhirnya akan membuat ginjal bekerja lebih keras. Pada kondisi tertentu, hal ini menyebabkan kreatinin meningkat.

  1. Makanan protein tinggi

Penyebab lain dari tingginya kreatinin pada ginjal adalah asupan makanan yang terlalu tinggi akan protein. Makanan tinggi protein bisa meningkatkan kadar kreatinin dalam tubuh. Contoh makanan tinggi protein adalah daging yang dikonsumsi secara terus menerus. Maka dari itu seringkali bagi orang dengan gangguan ginjal, akan direkomendasikan untuk menjalani Diet pada Gagal Ginjal.

  1. Hypothyroidism

Kondisi yang tidak normal di kelenjar tiroid juga bisa mempengaruhi fungsi ginjal. Slaah satunya adlaah hypothyroidism. Gangguan ini bisa menunkan fungsi ginjal dalam menyaring darah sehingga limbah darah tidak bisa dikeluarkan secara normal. Kondisi ini akan menyebabkan kadar kreatinin meningkat.

  1. Suplemen kreatinin

Suplemen kreatinin merupakan salah satu suplemen yang sering dikonsumsi oleh para atlet untuk memperkuat otot. Namun konsumsi suplemen kreatinin dalam jangka panjang juga bisa meningkatkan risiko penibgkatan kadar kreatinin pada darah, ginjal, dan urine.

Sponsors Link

Cara Menurunkan Kreatinin

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kreatinin antara lain sebagai berikut.

  • Membatasi konsumsi garam atau natrium
  • Membatasi konsumsi protein yang terlalu berlebihan, misalnya dengan membatasi konsumsi daging dan menggantinya dengan Makanan Rendah Protein untuk Penderita Gagal Ginjal.
  • Melakukan kontrol secara berkala terhadap kemungkinan hipertensi dan diabetes jika Anda memiliki risiko tinggi.
  • Melakukan aktivitas sebagai mana mestinya dan tidak memaksakan diri untuk melakukan kegiatan olahraga yang terlalu berlebihan.
  • Jaga asupan cairan secara cukup.
  • Ketahui kontraindikasi dan efek samping dari penggunaan suplemen dan obat.
  • Bagi pasien gagal ginjal, cuci darah bisa membantu mengurangi kadar kreatinin. Konsultasikan dengan dokter.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab kreatinin ginjal naik yang perlu diwaspadai. Ketahui juga beberapa Ciri Ciri Ginjal Terganggu agar bisa mencegahnya semakin parah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,