Sponsors Link

15 Penyebab Kista di Ginjal : Ciri Ciri, Pencegahan dan Pengobatannya

Sponsors Link

Ginjal adalah organ penting yang terletak dibagian belakang atas kanan dan kiri manusia. Ukuran ginjal sebesar kepalan tangan orang dewasa dan bentuknya menyerupai kacang merah. Ginjal yang normal ialah ginjal yang bersih dan tidak ada partikel atau zat yang menempel pada ginjal ini. Batu ginjal merupakan kumpulan zat zat berbahaya yang menumpuk dan menganggu fungsi ginjal itu sendiri.

ads

Selain batu ginjal ada pula kista yang terdapat pada ginjal. Kista ialah kantung yang berbentuk oval atau bulan yang berisi cairan di dalamnya.Kista bias terdapat disekitar ovarium dan juga ginjal. Kista berisiko lebih besar terjadi pada pria diatas 50 tahun. Ukuran kista dapat membesar sehingga dapat menganggu fungsi kerja ginjal seiring dengan membesarnya ukuran ginjal. Keberadaan kista ginjal dapat ditemukan dengan melakukan tes pemindaian untuk mengetahui organ tubuh bagian dalam. ( Baca juga :  pielonefritis)

Gejala kista ginjal

Kista ginjal mungkin tidak menimbulkan gejala gejala tertentu. Namun, seiring dengan membesarnya ukuran ginjal maka gejala gejala tersebut akan muncul karena kista ginjal telah menekan organ lain selain ginjal. Gejala gejala tersebut seperti. ( Baca juga : ketosis  )

  1. Demam, menggigil
  2. Nyeri pada punggung, pinggang, perut
  3. Sering buang air kecil
  4. Warna urin yang berkeruh
  5. Sakit kepala
  6. Rasa nyeri di persendian
  7. Mudah lemah dan lelah
  8. Kulit yang mudah memar
  9. Warna kulit yang menjadi pucat
  10. Keadaan kuku yang tidak normal

Baca juga : kebiasaan yang bisa merusak ginjal

Penyebab Kista di Ginjal

  1. Lapisan permukaan ginjal melemah

Ketika lapisan permukaan ginjal melemah maka akan membentuk kantong dan akan dengan mudahnya terisi oleh cairan dan menyebabkan adanya kista. Pada saat ginjal melemah maka berbagai macam gangguan kesehatan dapat menyerang ginjal dengan mudah dan menganggu kesehatan ginjal. ( Baca juga : sistitis)

  1. Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol dapat meningkatkan risiko terjadinya kista dalam ginjal. Selain itu alkohol juga dapat menyebabkan melemahnya keshatan dan berdampak buruk bagi tubuh. Zat yang terkandung dalam alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan dapat menyebabkan munculnya kista. ( Baca juga : albuminuria )

Sponsors Link

  1. Usia

Penyebab Kista di Ginjal dapat muncul pada usia diatas 50 tahun, ini dikarenakan karena fungsi ginjal melemah. Melemahnya fungsi ginjal dapat meningkatkan risiko adanya kista didalam ginjal manusia. Namun, pada manusia yang berusia 30 tahun juga memiliki risiko terdapat kista ginjal di dalam tubuhnya. ( Baca juga : cara menjaga kesehatan ginjal )

  1. Merokok

Telah diketahui bahwa dalam satu puntung terdapat zat zat yang dapat membahayakan tubuh manusia. Zat zat yang terdapat dalam rokok seperti nikotin misalnya akan membuat kerusakan pada organ organ tubuh manusia tidak terkecuali merusak ginjal. ( Baca juga : hematuria  )

  1. Pertumbuhan kista

Kista sendiri muncul karena pertumbuhannya yang cepat, bahkan dalam 10 tahun ukuran kista dapat membesar menjadi 2 kali lipat. Adanya kista di dalam tubuh dapat membuat berbagai kerusakan pada organ yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. ( Baca juga : glukosaria )

ads
  1. Olahraga yang kurang

Olahraga perlu dilakuka untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Badan yang sehat akan membuat diri menjauh dari berbagai penyakit. Jarang melakukan olahraga berarti memberikan kesempatan untuk penyakit masuk dan menyerang tubuh. ( Baca juga : kebiasaan penyebab gagal ginjal )

  1. Istirahat yang kurang

Idealnya manusia tidur antara 7 hingga 8 jam setiap harinya. Namun, dengan berbagai kesibukan manusia modern saat ini mereka kurang memperhatikan waktu tidur sehingga tubuh tidak dalam kondisi yang sehat dan bugar yang menyebabkan diri mereka rentan untuk terserang berbagai macam penyakit. ( Baca juga : kelainan ginjal  )

  1. Faktor keturunan

Penyebab Kista di Ginjal dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Adanya kista di dalam ginjal disebabkan salah satu atau kedua orang tua mereka mengalami penyakit ginjal polikistik, dimana penyakit ini merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya kista di ginjal. ( Baca juga : ginjal polikistik )

  1. Munculnya sel abnormal

Pertumbuhan sel yang tidak wajar dapat menyebabkan munculnya kista. Kista seperti ini biasanya akan bersifat lebih membahayakan dan bersifat kanker. ( Baca juga : tanda awal gagal ginjal  )

  1. Makan makanan yang mengandung pengawet

Makanan yang teralu banyak mengandung pengawet tidak baik untuk tubuh. Karena, makanan yang mengandung pengawet berarti mengandung pula bahan bahan kimia terlalu banyak yang bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh. Zat zat pengawet makanan pun terkadang terbuat dari zat zat yang bukan bahan alami melainkan zat zat kimia yang berbahaya. Hal inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. ( Baca juga : macam macam penyakit ginjal)

  1. Cacat bawaan sejak lahir

Pada masa kehamilan, sang ibu kurang menjaga kesehatan kandungannya sehingga terjadi hal hal yang tidak diinginkan yang terjadi pada sang anak. Kekurangan gizi dapat menyebabkan pertumbuhan janin tidak sempurna. Oleh karena itu menjaga asupan pada ibu hamil akan memberikan kesehatan kepada sang ibu dan juga anak. ( Baca juga : penyebab radang ginjal  )

  1. Alergi Makanan Seafood

Pada sebagian orang yang memiliki alergi pada makanan seafood akan memiliki risiko lebih besar terbentuk kista di dalam tubuhnya. ( Baca juga : ciri ciri ginjal bocor)

  1. Sistem Imunitas yang lemah

Sitem imunitas yang rendah membuat system imun ini justru memakan sel sel yang sehat dan membiarkan sel sel jahat untuk terus menyerang tubuh manusia. Sel sel dan bakteri ini menyerang bagian bagian penting ginjal dan dapat menyebabkan radang ginjal. ( Baca juga :  ciri ciri ginjal bermasalah )

  1. Kurang mengonsumsi air putih

Dengan mengonsumsi air putih maka akan membuat badan lebih sehat dan segar. Air putih berfungsi sebagai zat pelarut dalam tubuh manusia. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup akan menjaga kesehatan ginjal yang membuat lapisan ginjal menjadi kuat. ( Baca juga : ciri ciri penyakit batu ginjal )

  1. Tidak ada penyebab

Pada beberapa kasus tumbuhnya kista di ginjal, dokter tidak dapat menemukan penyebab pasti mengapa ada kista di dalam ginjal. Kasus ini cukup sering ditemukan.  ( Baca juga : ciri ciri ginjal sehat )

Diagnosa Penyebab Kista di Ginjal

Adanya kista di dalam ginjal dapat diketahui dengan melakukan beberapa tes laboratorium untuk mengetahui kondisi organ dalam manusia. Tes tes yang seringkali digunakan untuk mengetahui kista ginal diantaranya :

  • Pemeriksaan darah : Pemeriksaan darah dilakukan untuk mengetahui secara keseluruhan fungsi ginjal bekerja dengan baik atau tidak. ( Baca juga : ciri ciri ginjal sehat )
  • Pemeriksaan urin : Pengujian sampel urin dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya darah dan protein yang terkandung di dalam urin. ( Baca juga : ciri ciri ginjal rusak  )
  • CT Scan : CT scan dilakukan untuk mengetahui bagian dalam tubuh terutama ginjal. ( Baca juga : penyebab ginjal bocor  )
Sponsors Link

Pencegahan Kista Ginjal

Kista ginjal sangat berbahaya apabila terus didiamkan tanpa dilakukan pengobatan. Sementara, pengobatan yang dilakukan sifatnya hanya sementara karena hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan secara total kista ginjal ini. Untuk itu lebih baik dilakukan pencegahan agar tidak terjadi kista ginjal. Pencegahan yang dapat dilakukan antara lain

  • Olahraga : Olahraga dapat membantu tubuh lebih sehat dan menghindari diri dari berbagai penyakit. Melakukan olahraga secara rutin juga dapat menghindari penyakit kista ginjal.
  • Jauhi Alkohol dan rokok : Alkohol dan rokok mengandung zat zat kimia yang berbahaya yang buruk bagi tubuh manusia.
  • Mengonsumsi air dan buah buahan : Kandungan vitamin dalam buah buahan dapat membuat sistem imunitas menjadi lebih kuat. Selain itu vitamin juga dapat menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup minimal 8 gelas setiap hari akan membantu perlindungan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Pengobatan Kista Ginjal

Kista ginjal kemungkinan tidak memerlukan penanganan yang khusus apabila tidak menyebabkan terganggunya fungsi ginjal. Namun, pada sebagian orang kista yang terdapat dalam ginjal justru akan menganggu fungsi ginjal itu sendiri dan akan menyebabkan penyakit penyakit lain yang akan menyerang tubuh. Ada 2 pengobatan untuk kista ginjal

  • Pengangkatan Ginjal : Pengangkatan ginjal dilakukan dengan cara mengeluarkan cairan yang ada dalam kista untuk selanjutnya dipotong atau dibakar.
  • Pengeringan kista : Hal pertama yang dilakukan ialah pengeringan kista dengan menusukkan jarum kecil melalui kulit sehingga cairannya keluar kemudian mengisinya lagi dengan alkohol untuk mencegah kista muncul kembali.

Kista berupa kantung yang berisi cairan dan berbentuk seperti anggur. Kista dapat muncul di berbagai organ tubuh manusia termasuk ginjal. Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga yang cukup, istirahat yang cukup akan membantu untuk menjaga kesehatan ginjal agar risiko terbentuknya kista kecil.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :