Sponsors Link

9 Penyebab Kencing Berdarah yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Kencing berdarah yang terjadi tidak boleh dianggap sebelah mata sebab ini menjadi tanda masalah pada saluran kencing, ginjal atau prostat. Hematuria atau sering disebut dengan kencing berdarah merupakan kondisi urine yang mengandung darah merah. Urine berwarna merah nantinya akan berubah warna menjadi merah, pink atau merah gelap agak kecoklatan. Warna urine memang bisa berubah ubah akibat makanan berwarna pekat, seberapa banyak minum air putih atau olahraga yang bisa merubah warna urin sementara namun akan hilang dalam beberapa hari.

ads

Perubahan warna urine juga bisa terjadi karena obat obatan seperti pencahar dan beberapa jenis antibiotik seperti rifampicin dan nitrofurantoin. Kencing berdarah juga sering terjadi secara tiba tiba tanpa disertai dengan tanda atau gejala lainnya. Bahkan darah pada urine juga tidak terlalu terlihat dan akan terlihat dengan tes laboratorium yang dinamakan dengan hematuria mikroskopik. Selain karena beberapa hal tersebut, penyebab kencing berdarah juga bisa terjadi karena beberapa jenis penyakit yang harus diwaspadai seperti ulasan kami berikut ini.

Ketika anda menyadari jika urine sudah bercampur dengan darah, maka segera temui dokter khususnya jika anda juga tidak mengkonsumsi makanan atau obat obatan yang bisa merubah warna urine seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Hal ini sangat penting sebab bisa jadi sudah ada masalah dengan jaringan atau organ yang ada di sekitar saluran urin anda.

  1. Infeksi Kantung Kemih

Cystitis, sistitis atau infeksi kantung kemih membuat penderita kesakitan ketika buang air kecil yang biasanya terjadi pada orang dewasa namun juga bisa terjadi pada bayi dan anak anak. Jika terjadi pada bayi atau anak anak, maka infeksi kantung kemih ini disertai juga demam demam, sakit ketika buang air kecil dan sakit di bagian perut bawah.

  1. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal, pielonefrtis atau pyelonephritis memiliki gejala seperti demam dan menggigil. Terkadang penyakit ini menyebabkan rasa sakit di area punggung bawah karena itu merupakan letak dari ginjal.

  1. Peradangan Saluran Kemih

Peradangan yang terjadi di saluran kemih atau urethritis biasanya terjadi karena penyakit menular seksual seperti klamidia. Saluran tersebut menjadi jalan keluar urine dari kantung kemih dan penyakit ini biasanya akan disertai rasa sakit ketika buang air kecil dan urine yang berbau sangat menyengat.

  1. Batu Ginjal

Batu ginjal juga bisa menjadi penyebab kencing berdarah dimana ketika batu ginjal keluar karena terdorong urine, maka menyebabkan rasa sakit luar biasa di area perut bagian bawah serta panggul dan darah akan terlihat dalam jumlah sedikit atau kasat mata.

  1. Glumerulolonefritis

Glomerulonefritis atau pendarahan di glomerulus juga bisa menyebabkan kencing berdarah. Glomerulus sendiri adalah jaringan kapiler yang menyusun ginjal dan berfungsi untuk penyaring pertama dalam proses pembuatan urine. 

Sponsors Link

  1. Pembengkakan Kelenjar Prostat

Pembengkakan kelenjar prostat umumnya terjadi pada laki laki usia lanjut dengan gejala seperti keinginan sering buang air kecil namun akan sangat sulit ketika akan mengeluarkan urin atau mengosongkan kandung kemih untuk menghilangkan efek kandung kemih cepat penuh.

  1. Kelainan karena Penyakit

Beberapa jenis kelainan darah seperti anemia sel sabit dan juga kelainan genetik seperti Alport syndrome yang menyerang membran penyaring dalam kumpulan ujung saraf dimana beberapa penyakit ini juga bisa menjadi penyebab kencing berdarah.

  1. Olahraga atau Kecelakaan

Olahraga yang dilakukan terlalu keras atau karena kecelakaan juga bisa menyebabkan cedera pada bagian organ ginjal. Pada saat ginjal terluka, maka darah bisa ikut terbawa keluar bersama dengan urine. 

Sponsors Link

  1. Mengkonsumsi Obat Obatan

Obat anti kanker seperti penicillin dan cyclophosphamide juga bisa menjadi penyebab urine berdarah dan infeksi sistem urin. Darah yang bercampur dengan urin juga bisa terjadi ketika minum obat aspirin atau heparin sehingga menyebabkan penggumpalan atau pengentalan darah.

Demikian ulasan dari kami tentang beberapa gangguan atau penyakit yang bisa menjadi penyebab kencing berdarah yang harus anda perhatikan dan waspadai. Ketika tanda dan gejala terjadi, maka jangan tunda dan segera periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Sponsors Link
>
, , ,