Sponsors Link

5 Penyakit Penyebab Kencing Berbau Amis Seperti Bau Ikan

Sponsors Link

Dalam keadaan normal, urin umumnya akan berwarna bening hingga kuning pucat dan tanpa menimbulkan bau. Akan tetapi warna dan bau urin juga bisa berubah ubah tergantung dari makanan atau minuman yang sudah dikonsumsi. Banyak orang yang berpikir jika mengkonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang menjadi penyebab kencing berbau amis dan juga menjadi faktor perbedaan warna urine. Namun sebenarnya, urin yang berbau amis menjadi pertanda jika ada masalah kesehatan serius yang harus segera diperiksakan ke dokter. Agar lebih jelas, berikut kami berikan beberapa hal yang bisa menyebabkan kencing berbau amis yang harus anda waspadai.

ads

Apakah Normal Kencing Berbau Amis?

Jika dilihat dari komposisinya, urin terdiri dari air dan juga sisa zat yang sudah tidak terpakai lagi oleh tubuh dan beberapa zat sisa tersebut bisa berasal dari banyak hal, seperti:

  • Hasil sisa dari pencernaan makanan dan juga minuman.
  • Racun atau alergen yang ada di dalam tubuh.
  • Hormon atau bahan kimia lain yang ada di dalam tubuh.
  • Sisa dari obat obatan yang sudah dikonsumsi.

Urin atau kencing yang normal dan sehat biasanya memiliki warna kuning pucat dan tidak tercium bau yang menyengat. Akan tetapi dalam beberapa kondisi, air kencing bisa berbau amis disertai dengan saat buang air kecil terasa panas karena berbagai alasan dan memang salah satunya disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi ikan atau sumber protein laut serta kacang kacangan. Segala makanan ini nantinya bisa menghasilkan trimetilamin atau TMA yakni bahan kimia yang menjadi penyebab kencing berbau amis.

Meski demikian, jika tubuh dalam keadaan sehat maka sebetulnya bisa menghasilkan enzim khusus untuk memecah TMA tersebut agar bau urin tetap normal meski baru saja mengkonsumsi ikan. Meski memang tercium bau amis, biasanya bau tersebut bisa hilang sesudah beberapa jam dengan minum air putih yang banyak.

Apabila air kencing masih saja berbau amis sesudah beberapa hari, maka ini menandakan sesuatu yang tidak normal meski tidak selalu bisa berbahaya untuk kesehatan. Di sisi yang berbeda, air kencing berbau amis juga bisa menandakan masalah kesehatan serius seperti terjadinya ciri ciri penyakit ginjal atau organ hati.

Penyebab Kencing Berbau Amis

Air kencing yang berbau amis sebenarnya menjadi peringatan jika ada masalah kesehatan khususnya jika terjadi dalam waktu yang lama. Beberapa penyebab kencing berbau amis yang paling umum terjadi diantaranya adalah:

  1. Infeksi Saluran Kemih

Penyakit infeksi saluran kemih atau ISK merupakan infeksi bakteri yang menyerang saluran kemih. Karena jumlah bakteri yang ada di dalam saluran kemih terlalu banyak, maka bisa menimbulkan nyeri ketika buang air kecil serta turut mempengaruhi bau urin.

Jika sering terjadi anyang anyangan atau sering buang air kecil disertai dengan sakit, maka bisa jadi ini pertanda dari infeksi saluran kemih terlebih jika ada bercak darah dalam urin. Segera periksakan diri anda jika ini memang terjadi sebab jika terlambat diobati, maka bisa menyebar ke organ ginjal dan beberapa organ lainnya.

  1. Bacterial Vaginosis

Bacterial vaginosis merupakan infeksi bakteri yang terjadi di vagina. Ciri utama dari bacterial vaginodis adalah keputihan dengan warna abu abu dan berbau amis. Selain itu, urin juga bisa berbau amis apabila terinfeksi penyakit ini. Namun wanita yang terkena penyakit ini sering tidak merasakan gejala apapun sehingga sering tidak disadari. Meskipun ada gejala, biasanya berupa nyeri ketika berhubungan seksual atau saat buang air kecil terasa sakit di area sekitar vagina.

  1. Sindrom Bau Ikan

Sindrom bau ikan atau trimethylaminuria merupakan keluarnya bau menyengat seperti bau ikan busuk pada air liur, keringat, nafas dan juga air kencing. Sindrom bau ikan bisa terjadi pada saat enzim dalam tubuh tidak dapat memecah trimetilamin atau TMA yakni zat kimia dalam makanan yang memicu bau amis. Pada saat tubuh gagal memecah dan mengubah zat kimia, trimetilamin akan semakin menumpuk dan menyebabkan perubahan pada bau keringat, air kencing dan air liur yang berbau amis. Semakin banyak trimetilamin mengendap di dalam tubuh, maka semakin buruk bau amis yang ditimbulkan. 

Sponsors Link

  1. Gangguan Ginjal

Ginjal bertugas untuk menyaring urin supaya zat racun yang ada di dalam tubuh bisa segera dikeluarkan. Apabila air kencing mengeluarkan bau tidak sedap, maka kemungkinan gangguan ginjal menyebabkan organ ini tidak bisa bekerja dengan baik atau sedang mengalami infeksi. Tidak hanya menjadi penyebab kencing berbau amis, namun infeksi ginjal juga menimbulkan beberapa gejala lainnya seperti:

  • Demam tinggi
  • Sulit buang air kecil atau terasa neri ketika buang air kecil.
  • Nyeri punggung area bawah.
  • Penyebab kencing berdarah.
  • Penyakit infeksi saluran kemih yang semakin kronis.
  1. Prostatitis

Prostatitis adalah peradangan akut yang terjadi di kelenjar prostat. Kondisi ini umumnya terjadi karena infeksi bakteri yang juga membuat urin berbau amis. Gejala yang ditimbulkan dari prostatitis hampir serupa dengan infeksi saluran kemih. Akan tetapi ada beberapa gejala lain yang juga dialami penderita prostatitis, seperti:

  • Sensasi terbakar ketika buang air kecil.
  • Sakit di area anus, perineum dan skrotum.
  • Nyeri punggung bagian bawah.
  • Badan terasa menggigil dan sakit.
  • Kencing berdarah sehingga urine berwarna merah.
  • Terdapat endapan putih pada urin.

Sponsors Link
>
, , ,