Sponsors Link

5 Penyebab Kelainan Ginjal pada Janin yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Janin memang cukup rentan kondisinya, karena janin di dalam kandungan ibu harus melewati segala proses pertumbuhan dan perkembangan agar bisa lahir dengan normal. Namun ada kalanya janin tidak berkembang secara normal sehingga muncul berbagai kelainan pada janin. Salah satu jenis kelainan pada janin yang sering ditemukan adalah kelainan pada ginjal dan saluran kemih. Berikut beberapa penyebab kelainan ginjal pada janin yang perlu diketahui.

ads
  1. Ektopik

Penyebab pertama dari Kelainan Ginjal pada Bayi Baru Lahir adalah ektopik, yaitu ketika posisi ginjal tidak pada tempat yang seharusnya. Kelainan ini biasa didiagnosa pada masa kehamilan. Posisi ginjal yang tidak pada tempatnya ini bisa terjadi hanya pada salah satu ginjal atau terjadi pada kedua ginjal sekaligus. Pada keadaan normal, ginjal seharusnya berada di rongga abdomen yang dekat dengan bagian atas vertebrata lumbal tiga. Akan tetapi, di kasus ektopik ginjal ini, bisa jadi posisinya ada di pelvis atau segmen lumbal bawah.

  1. Malrotasi

Penyebab kelainan ginjal pada janin berikutnya adalah malrotasi ginjal. Sesuai namanya, gangguan ini disebabkan oleh ginjal yang rotasinya tidak normal. Hal ini bisa disebabkan oleh rotasi ginjal yang kurang sempurna, rotasi ginjal yang berlebihan, rotasi ginjal yang terbalik arahnya, sehingga menyebabkan ginjal menghadap ke posisi yang tidak seharusnya.

  1. Horseshoe kidney

Seperti namanya, ginjal tapal kuda merupakan salah satu bentuk kelainan bawaan ginjal di janin yang ditandai dengan bentuk ginjal yang terhubung antara ginjal yang satu dengan ginjal yang lain sehingga bentuknya seperti tapal kuda. Dua ginjal yang menyatu ini bisa terdeteksi melalui pemeriksaan USG atau rontgen. Jika janin lahir dengan kondisi Ginjal Tapal Kuda ini, maka akan muncul berbagai risiko kesehatan yang akan dideritanya di kemudian hari. Misalnya air kemih yang alirannya terganggu, serta berbagai masalah di saluran kemih.

  1. Agnesis ginjal

Kelainan Ginjal Pada Janin lain adalah agnesis ginjal. Agnesis ginjal adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan seseorang yang terlahir dengan satu ginjal. Seperti yang diketahui, ginjal seharusnya berjumlah dua untuk bisa menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Namun memang ada beberapa orang yang terlahir dengan hanya satu ginjal.

Walau manusia memang bisa hidup dengan satu ginjal, dan janin kemungkinan masih bisa menjalani kehidupan yang normal ketika dewasa nanti, namun tetap ada beberapa hal yang perlu untuk diwaspadai saat janin sudah dilahirkan agar fungsi ginjalnya tetap sehat dan bisa berfungsi secara normal.

Sponsors Link

  1. Ginjal polikistik

Kelainan ginjal sejak lahir berikutnya bisa disebabkan oleh ginjal polikistik dimana ada sekelompok kista yang muncul di organ ginjal sehingga mengganggu kinerja ginjal pada penderitanya. Kondisi ini bisa menyebabkan Pembesaran Ginjal Pada Janin di dalam kandungan sehingga anatominya bisa dikatakan tidak normal.

Demikianlah beberapa penyebab kelainan ginjal pada janin yang perlu diketahui dan diwaspadai dan mungkin bisa meningkatkan risiko dari Gagal Ginjal Usia Muda. Maka dari itu pemeriksaan rutin saat masa kehamilan perlu untuk dilakukan agar bisa mendeteksi apakah janin normal atau tidak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,