Sponsors Link

7 Penyebab Karsinoma Sel Renal

Sponsors Link

Dari semua jenis kanker ginjal yang bisa berkembang pada orang dewasa, karsinoma sel ginjal paling sering terjadi. Ini menyumbang sekitar 90 persen kanker ginjal yang didiagnosis. Meski penyebab pasti karsinoma sel renal tidak diketahui, namun ada faktor risiko yang diketahui bisa meningkatkan peluang anda terkena kanker ginjal. Supaya bisa lebih jelas, berikut akan kami berikan beberapa penyebab karsinoma sel renal yang harus diwaspadai.

Apakah Karsinoma Sel Renal?

Ginjal merupakan organ yang berbentuk seperti kacang dan terletak di setiap sisi tulang belakang tepat dibalik usus halus. Fungsi ginjal adalah untuk menyaring dan mengeluarkan cairan berlebih, elektrolit serta limbah dari darah dan hanya mempertahankan elemen yang penting saja. Jenis kanker yang berbeda bisa berkembang di dalam ginjal. Karsinoma sel renal sendiri merupakan jenis kanker ginjal yang umum terjadi pada orang dewasa.

Ini berawal dari lapisan tubula yakni tabung yang sangat kecil dalam ginjal dan mulai tumbuh secara tidak terkendali untuk membentuk massa tunggal di dalam ginjal. Lebih dari satu ciri ciri tumor ginjal bisa berkembang dalam satu atau kedua ginjal yang biasanya terjadi pada pria berusia 50 sampai 70 tahun.

1. Faktor Usia

Orang orang yang memiliki peluang lebih besar untuk terkena karsinoma sel renang bisa berkembang seiring dengan pertambahan usia.

2. Jenis Kelamin

Penyebab kanker ginjal atau karsinoma sel renal berikutnya adalah jenis kelamin. Laki laki bisa meiliki dua kali risiko lebih besar terkena karsinoma sel renal dibandingkan dengan wanita.

3. Perubahan atau Mutasi Pada Gen

Karsinoma sel renal juga bisa disebabkan karena perubahan DNA di dalam sel. DNA merupakan bahan kimia dalam sel yang membentuk gen dan mengontrol bagaimana sel berfungsi. Beberapa gen membantu untuk mengendalikan ketika sel tumbuh membelah diri menjadi sel baru serta membelah dan tetap hidup yang disebut dengan onkogen.

Mutasi DNA yang menghidupkan onkogen atau mematikan gen penekan tumor dan menghasilkan sel yang tumbuh di luar kendali. Perubahan banyak sel yang berbeda umumnya yang menyebabkan ciri ciri kanker ginjal.

4. Riwayat Keluarga

Bahkan jika anda tidak mempunyai salah satu kondisi yang diwariskan sudah terbukti bisa menyebabkan karsinoma sel renal, riwayat keluarga ana mungkin juga menjadi faktor risiko penyakit ini.

Apabila ada seseorang dalam keluarga anda yang menderita gangguan ginjal karsinoma sel renal, maka peluang anda terkena kanker ginjal akan semakin besar. Risiko tersebut sudah terbukti sangat tinggi apabila anda saudara anda yang memiliki kondisi tersebut.

5. Merokok

Menurut sebuah sumber, seseorang yang merokok akan memiliki peluang lebih besar terkena macam macam penyakit ginjal seperti kanker ginjal dibandingkan mereka yang tidak merokok. Apabila anda berhenti merokok, maka tentu risiko anda terkena penyakit karsinoma sel renal juga semakin berkurang.

6. Kelebihan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan juga menjadi faktor yang bisa menyebabkan perubahan hormon abnormal. Perubahan perubahan tersebut pada akhirnya akan menempatkan seseorang yang gemuk pada risiko lebih tinggi terkena tanda masalah ginjal seperti karsinoma sel renal dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal.

7. Memiliki Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi juga menjadi faktor risiko kanker ginjal. Apabila anda memiliki tekanan darah tinggi, maka peluang anda mengembangkan karsinoma sel renal bisa semakin besar. Satu yang diketahui tentang faktor risiko jenis karsinoma sel ginjal ini berhubungan dengan obat tekanan darah tinggi. Obat tekanan darah tinggi khusus bisa dihubungkan dengan peningkatan risiko karsinoma sel renal. Namun tidak pasti apakah peningkatakan risiko ini benar benar terjadi karena obat atau karena hipertensi. Beberapa peneliti percaya jika kombinasi kedua faktor tersebut bisa menyebabkan risiko.

Meski mempunyai satu atau lebih faktor risiko penyakit ginjal bisa meningkatkan peluang anda mengembangkan kondisi tersebut namun tidak berarti anda bisa mengembangkan karsinoma sel renal. Akan lebih baik jika anda membuat janji dengan dokter anda untuk membicarakan tentang risiko anda dan membuat perubahan gaya hidup yang tepat untuk membantu mengurangi risiko tersebut.

Sponsors Link
>
, , ,