Sponsors Link

Penyebab Kandung Kemih Turun Paling Sering Terjadi

Sponsors Link

Kandung kemih turun disebut juga dengan istilah sistokel. Sistokel merupakan sebuah kondisi ketika jaringan pendukung antara dinding vagina dan kandung kemih melemah atau merenggang sehingga Anatomi Kandung Kemih lebih turun dari posisi semula, bahkan bisa menjadi lebih menonjol ke vagina. Kondisi ini terjadi kebanyakan pada wanita yang memiliki kadar hormon estrogen yang lemah, seperti wanita yang sudah menopause.

ads

Kandung kemih turun ini sendiri dibagi ke dalam 4 tingkatan berdasarkan tingkat parahnya gejala. Adapun gejala kandung kemih turun yang seringkali terjadi antara lain sebagai berikut:

  • Muncul rasa tidak nyaman di bagian kemaluan ketika digunakan untuk beraktifitas, seperti mengangkat benda, mengejam, batuk, atau merenggangkan tubuh.
  • Rasa nyeri saat berkemih
  • Sulit buang air kecil
  • Urine keluar saat berhubungan seksual
  • Rasa sakit di punggung bagian bawah
  • Sensasi penuh pada panggul
  • Tekanan pada panggil dan vagina
  • Infeksi kandung kemih yang sering berulang
  • Kandung Kemih Cepat Penuh atau tidak kosong walau sudah buang air kecil

Berikut ini adalah beberapa penyebab kandung kemih turun yang perlu diketahui.

  1. Kehamilan dan persalinan normal

Mungkin Anda pernah merasa Sering Kencing saat Hamil. Dan salah satu penyebab gejala itu adalah tertekannya kandung kemih akibat janin yang mulai berkembang di dalam rahim. Ternyata kehamilan dan persalinan bisa juga menjadi penyebab dari kandung kemih turun atau sistokel ini. Hal ini disebabkan kaerna ketika proses kehamilan, otot pada dinding vagina akan mengalami tarikan atau penekanan yang kuat sehingga mempengaruhi posisi kandung kemih.

  1. Aktivitas

Beberapa aktivitas dalam kehidupan sehari-hari juga bisa menjadi penyebab kandung kemih turun. Beberapa aktivitas yang dimaksud misalnya jika seseorang mengalami batuk kronis atau batuk yang berkepanjangan, atau seringnya mengangkat beban berat, juga seringnya mengejan saat buang air besar. Beberapa aktivitas di atas bisa menjadi faktor penyebab dari turunnya kandung kemih. Hal ini terjadi karena dinding panggul bawah akan terpengaruh. Selain itu hindari juga beberapa Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal karena bisa juga menyebabkan berbagai gangguan kencing di saluran kemih.

  1. Menopause

Seperti yang dijelaskan di atas, kebanyakan yang menderita kandung kemih turun adalah wanita pasca menopause. Hal ini disebabkan oleh hormon esterogen pada wanita pasca menopause akan menurun. Padahal esterogen adalah salah satu hormon yang berfungsi untuk membantu mempertahankan kekuatan dinding pada vagina. Jika esterogen tidak lagi diporduksi, maka dinding vagina akan mengendur dan menyebabkan kandung kemih turun.

Sponsors Link

  1. Faktor genetika

Penyebab kandung kemih turun berikutnya adalah faktor genetika. Memang ada beberapa wanita yang terlahir dengan kondisi jaringan tubuh yang lemah, terutama jaringan penghubungnya. Sehingga hal ini menyebabkan mereka lebih rentan untuk mengalami sistokel.

  1. Faktor obesitas

Obesitas memang adalah sebuah kondisi tubuh yang wajib dihindari karena sangat mengganggu. Obesitas juga merupakan sebuah penyebab kandung kemih turun yang bisa dikatakan sangat mungkin terjadi. Wanita yang memiliki berat badan berlebihan atau obesitas akan memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami kandung kemih turun. Hal ini disebabkan oleh tingginya tekanan dari berat badan tubuh ke organ-organ tubuh yang ada di dalamnya, termasuk kandung kemih. Sehingga hal ini memungkinkan kandung kemih mudah turun.

Sponsors Link

  1. Penuaan

Faktor usia juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab dari kandung kemih turun. Selain karena faktor menopause, faktor usia juga akan semakin membuat otot tubuh kendur sehingga menyebabkan kandung kemih mudah turun. Maka dari itu banyak gejala Sering Kencing pada Lansia yang terjadi.

  1. Histerektomi

Histerektomi adalah prosedur pengangkatan uterus. Jika seseorang pernah mengalami prosedur ini, maka kondisi tersebut dapat membuat jaringan penopang di bawah panggul menjadi lemah. Hal ini meningkatkan riisko dari kandung kemih yang turun.

Itulah beberapa penyebab dari kandung kemih turun yang kerap kali dialami oleh wanita. Jika Anda mengalami gejala di atas, sebaiknya periksakan ke dokter. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi kandung kemih turun, antara lain:

  • Menjaga berat badan ideal
  • Melakukan senam kegel
  • Menjaga pola dan jenis makan yang sehat
  • Menghindari mengangkat benda yang terlalu berat
  • Meredakan gejala batuk, apalagi jika mengidap batuk kronis
  • Menghubungi dokter jika terjadi gejala yang membuat kesehatan terasa terganggu

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab kandung kemih turun dan pencegahannya yang bisa dilakukan. Selalu perhatikan kesehatan Anda dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,