Sponsors Link

Penyebab Kandung Kemih Neurogenik dan Gejalanya

Sponsors Link

Kandung kemih neurogenik merupakan sebuah penyakit yang terjadi saat otak tidak bisa mengatur fungsi kandung kemih seperti seharusnya yang disebabkan karena luka pada urat saraf tulang belakang yakni jalur komunikasi utama diantara otak dan juga organ lainnya. Selain itu, jenis penyakit atau kelainan lainnya juga bisa menyebabkan masalah serupa. Anatomi saluran kemih sendiri merupakan bagian dari sistem air kencing meliputi ginjal, saluran ureter dan juga saluran uretra. Ginjal bertugas untuk menyaring darah agar zat sisa yang tidak dibutuhkan tubuh bisa dialirkan menuju kandung kemih kemudian dibuang dalam bentuk urin.

ads

Apabila kandung kemih sudah penuh, maka organ akan mengirim sinyal menuju otak untuk memberikan informasi bawah kandung kemih sudah dalam keadaan penuh. Otak nantinya akan membuat otot kandung kemih berkontraksi sekaligus mengeluarkan urin untuk keluar dari dalam tubuh lewat saluran uretra. Komunikasi diantara kandung kemih dan juga otak tersebut bisa terjadi karena urat saraf tulang belakang. Apabila urat saraf tulang belakang cedera atau terkena penyakit, maka proses komunikasi tersebut bisa terganggu yang akhirnya menyebabkan beberapa penyakit seperti kencing berlebih atau bahkan kurang dan juga batu ginjal.

Kencing yang berlebihan bisa dilihat pada saat buang air kecil terjadi terlalu sering bahkan disaat kandung kemih masih belum penuh. Sedangkan buang air kecil sedikit yang terjadi disaat kandung kemih sudah penuh akan membuat otot kandung kemih memiliki tekanan terlalu berlebihan. Saat ini terjadi, maka bias menyebabkan otot kandung kemih tidak bisa menampung urin yang kemudian akan dialirkan ke saluran uretra.

Penyebab Kandung Kemih Neurogenik

Kandung kemih neurogenik ini bisa terjadi karena otak tidak mampu memberikan perintah pada kandung kemih atau sebaliknya yang terjadi karena masalah pada sistem saraf di urat saraf tulang belakang. Hal ini bisa terjadi karena penyakit, cedera dan juga kelainan seperti penyakit infeksi saluran kemih.

Beberapa dari sekian banyak penyebab masalah pada urat saraf tulang belakang adalah penyakit parkinson, stroke, cedera urat saraf tulang belakang, tumor otak atau tumor saraf tulang belakang, cacat bawaan lahir yang bisa berpengaruh pada saraf tulang belakang, kelainan hiperaktif atau attention deficit hyperactivity disorder, encephalitis dan juga sklerosis ganda.

Selain itu, beberapa kondisi lain juga bisa menyebabkan kandung kemih neurogenik terjadi seperti kerusakan yang terjadi pada saraf, tubuh kekurangan vitamin B12 dan juga kerusakan saraf yang terjadi karena sifilis, diabetes dan juga mengkonsumsi minuman alkohol terlalu berlebihan. 

Sponsors Link

Gejala Kandung Kemih Neurogenik

Gejala yang nantinya terjadi karena kandung kemih neurogenik bisa bervariasi tergantung dari penyebabnya. Seseorang yang sering kencing berlebihan atau dikenal dengan beser nantinya akan lebih sering merasakan keinginan buang air kecil sebab merasa jika kandung kemih masih penuh yang bisa menyebabkan radang kandung kemih.

Sementara untuk orang yang mengalami buang air kecil sedikit, maka akan merasa kesulitan saat buang air kecil meski kandung kemih sudah penuh. Bahkan air seni juga bisa keluar dengan sendirinya karena terjadi kerusakan pada otot kandung kemih yang nantinya bisa menyebabkan kandung kemih bengkak.

Kandung kemih neurogenik nantinya juga bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan seperti infeksi saluran kencing yang terjadi karena tubuh tidak bisa membuang bakteri yang tersimpan, ragi atau virus yang ada di saluran kencing seperti penyebab kandung kemih bocor. Infeksi ini nantinya bisa menyebar ke organ ginjal dan kemudian menimbulkan masalah serius. Apabila infeksi sudah masuk ke aliran darah, maka juga bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain dan sangat mengancam nyawa. 

Sponsors Link

Kandung kemih neurogenik ini tidak hanya bisa menimbulkan masalah kesehatan dan ciri ciri kandung kemih bermasalah, namun juga bisa menyebabkan masalah sosial sebab penderita akan sering merasa ketakutan saat beraktivitas diluar rumah khususnya pada tempat yang tidak terdapat toilet.

Demikian ulasan dari kami tentang pengertian dari kandung kemih neurogenik lengkap dengan gejala dan penyebabnya. Penyakit ini tidak boleh dianggap remeh sebab jika dibiarkan dan tidak segera diobati bisa menyebabkan komplikasi yang jauh lebih serius.

Sponsors Link
>
, ,