Sponsors Link

8 Penyebab Kandung Kemih Bocor dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kasus penyakit pada ginjal di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Namun faktor tertinggi yang menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu pola hidup masyarakat di Indonesia yang tidak sehat.Pola hidup yang tidak sehat yang dimaksud contohnya saja mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan junk food, tidak pernah olahraga, proporsi antara kegiatan yang tidak baik antara melakuakan aktivitas dan tidak melakukan aktivitas. Hal tersebut akan mudah sekali seseorang terkena berbagai penyakit karena dapat menurunkan sistem imunitas dalam tubuh.

ads

Tidak hanya terkena penyakit ginjal namun penyakit organ dalam lainnya seperti penyakit jantung , penyakit lambung , usus hingga penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus tertentu pun juga akan sangat mudah sekali menyerang seseorang. Hal tersebut tentunya disebabkan faktor yang signifikan. Pada kasus penyakit ginjal juga sangat beragam , dimana jenis-jenis penyakit ginjal antara lain seperti kista ginjal kanan , infeksi ginjal kiri ,radang kandung kemih, infeksi saluran kemih pada wanita dan masih banyak lagi. Saat ini  kasus yang meningkat pada penyakit ginjal yaitu adanya kandung kemih bocor atau sering disebut dengan OAB ( Overactive Bladder ). Tentunya kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut mengenai penjelasannya lebih lanjut.

Penyebab Kandung Kemih Bocor

Infeksi ginjal pada ibu hamil mungkin akan terdapat gejala yaitu sering buang air kecil yang tidak dapat terkontrol. Kondisi tersebut pada pandangan medis disebut dengan OAB atau Overactive Bladder. Overactive Bladder (OAB ) merupakan kondisi gejala buang ai kecil secara berkali-kali dalam sehari yang melebihi batas normal pada umumnya. Kondisi ini pun akan berdampak pada kehidupan seseorang seperti rasa tidak nyaman serta akan mengganggu aktivitas.

OAB ini merupakan gangguan yang biasanya terjadi pada otot kandung kemih yang melemah fungsinya  sehingga nantinya akan mengakibatkan kontraksi secara berlebihan dan tidak dapat ditahan dengan kuat oleh otot kandung kemih. Hal tersebut akan membuat seseorang tidak dapat menahan keinginannya untuk buang air kecil. Selain itu sering kali seseorang buang air kecil tanpa disadari.

Hal tersebut tentunya disebabkan ooleh beberapa faktor. Berikut mengenai faktor-faktor penyebab kandung kemih bocor :

1. Melemahnya Otot Kandung Kemih

Ciri ciri kandung kemih bermasalah yang salah satunya yaitu sering buang air kecil salah satunya disebabkan karena otot-otot yang berperan dalam pengeluaran urine mangalami pelemahan. Dimana otot-otot kandung kemih berperan dalam menopang atau berperan dalam proses pengeluaran urin , saat otot kandung kemih mengalami pelemahan maka fungsi tersebut tidak dapat dilaksanakan dengan baik. Sehingga seseorang akan sering kali untuk kencing atau buang air kecil yang biasanya dikenal pada masyarakat umum yaitu beser.

2. Kegemukan atau Obesitas

Faktor penyebab terjadinya OAB yang kedua yaitu karena kondisi kelebihan berat badan , kegemukan atau obesitas. Seseorang yang mengalami kegemukan memeng memiliki resiko terkena beberapa kondisi penyakit. Hal tersebut disebabkan karena memenag orang gemuk cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah , selain itu otot-otot didalam tubuh orang yang gemuk cenderung tertumpuk oleh adanya lemak. Maka dari itu sangat dianjurkan sekali setiap orang untuk memiliki berat tubuh yang ideal demi menjaga kesehatannya. Cara mengobati ginjal dengan kulit manggis mungkin dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi kondisi OAB ini.

Sponsors Link

3. Pembesaran Prostat

Penyebab kandung kemih bocor yang selanjutnya yaiu adanya pembesaran pada prostat. Kelenjar prostat merupakan kelenjar yang berukuran kecil yang hanya dimiliki oleh pria , yang terletak antara penis dan kandung kemih serta mengelilingi uretra. Fungsi dari kelenjar prostat itu sendiri yaitu untuk memproduksi semen ( air mani) . Namun terkadang terdapat masalah medis seperti pembesaran prostat yang mengakibatkan seorang pria mengalami OAB atau Overactive Bladder. Bahaya kurang minum air putih  kemungkinan besar pada pria yaitu kondisi seperti ini (OAB).

ads

4. Kerusakan Saraf

Bahaya menahan kencing terlalu lama mungkin salah satunya yaitu menimbulkan kerusakan saraf. Kerusakan saraf ini dapat mengakibatkan kondisi OAB atau Overactive Bladder dimana siklus kencing yang tidak beraturan dan sering. Kerusakan saraf juga disebabkan adanya cedera ataupun juga bisa karena trauma pada pinggul dan rongga perut. Tanaman herbal untuk ginjal bocor mungkin dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi kondisi kandung kemih bocor atau juga OAB.

5. Efek Samping Obat Tertentu

Saat seseorang sedang sakit hal  yang biasa dilakukan yaitu mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Obat-obat tersebut tentunya akan masuk ke dalam tubuh dan akan diproses di dalam organ ginjal. Dimana obat akan mempengaruhi ginjal untuk semakin bekerja dengan keras. Hal tersebut akan memberikan efek samping seperti terjadi kebocoran pada  kandung kemih. Perlu kita ketahui bahwa terdapat beberapa obat-obat tertentu yang berdampak pada gijal maupun kandung kemih yang ada pada tubuh kita.Maka dari itu dianjukan untuk selalu berkonsultasidengan dokter apabila ingin mengkonsusmsi obat-obatan tertentu. Obat tradisional penyakit ginjal mungkin dapat digunakan sebagai alternatif apabila seseorang sedang mengalami suatu penyakit ginjal tertentu.

6. Gangguan Neurologis

Penyebab lainnya yang dapat menggaanggu kerja kandung kemih yaitu karena adanya gangguan neurologis. Gangguan neurologis tersebut contohya seperti parkinson dan stroke.Kedua kondisi tersebut akan membuat seseorang tidak dapat mengendalikan pengeluaran urine atau saat kencing. Sering sekali kita temui pada kondisi stroke , mereka tidak dapat melakukan management toileting. Hal disebut memang dikarenakan gangguan neurologis , terdepat beberapa saraf yang terkena khususnya yang bekerja pada pengendalian pengeluaran urine tersebut. Dan pada kondisi ini peran saraf tersebut tidak bekerja secara maksimal.

7. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih atau ISK merupakan penyebab utama seseorang mengalami peningkatan frekensi buang air kecil. Infeksi saluran kencing (ISK) biasanya disebabkan oleh adaya bakteri. Bakteri ini mudah sekali berkembang pada manusia apabila seseorang tidak menjaga kesehatan tubuhnya. Untuk itu sangat dianjurkan sekali untuk menjaga kesehatan tubuh terutama pada kesehatan organ intim.

8. Diabetes

Pada kondisi diabetes , sering buang air kecil ini merupakan gejala awal dari adanya diabetes.Proses ini merupakan proses didalam tubuh yang berusaha untuk membersihkan tubuhnya dari glukosa yang tidak digunakan melalui urin. Sehinggan memang seseorang yang mengalami diabetes saat kencing ,urine tersebut menggandung gula atau glukosa.

Banyakna penyebab dari OAB atau kendung kemih bocor tersebut sangat berpengaruhh pada cara penanganan yang sesuai. Namun apabila seseorang mengalami kondisi ini maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Sponsors Link
>
, ,