Sponsors Link

5 Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Sistem urinaria atau sistem berkemih pada manusia sangatlah penting untuk dijaga kesehatannya. Karena dari sistem inilah tubuh bisa mengeluarkan limbah-limbah sisa metabolisme dengan mengeluarkan urine. Akan tetapi, mungkin saluran kemih ini sendiri mengalami gangguan. Gangguan saluran kemih yang paling umum adalah Penyakit Infeksi Saluran Kemih. Berikut ini adalah penjelasan mengenai penyebab infeksi saluran kemih yang perlu dicegah agar kondisi ini tidak terjadi.

ads

Pada dasarnya penyebab dari infeksi saluran kemih adalah aktivitas dari bakteri Escherichia coli, atau yang sering disingkat sebagai bakteri E. coli. Mungkin nama bakteri ini memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena bakteri ini adalah salah satu jenis bakteri yang berada di saluran pencernaan (usus besar). Bakteri ini adalah salah satu jenis bakteri yang berperan dalam proses pembusukan feses di usus besar sehingga feses bisa lebih mudah dikeluarkan.

Akan tetapi, jika bakteri E. coli ini berpindah ke saluran kemih, maka akibatnya akan sangat fatal. Bisa jadi bakteri itu akan menyerang saluran kemih dan kemudian menyebabkan infeksi atau peradangan di dalamnya. Pada awalnya, penyebab infeksi saluran kemih yang berupa bakteri ini bisa jadi hanya menyerang saluran kemih bagian bawah saja (uretra dan kandung kemih). Namun jika tidak segera ditangani, bakteri ini bisa terus naik ke atas dan menyebabkan infeksi saluran kemih atas atau Infeksi Ginjal dan juga ureter. Jika sudah demikian, maka akan lebih sulit lagi untuk disembuhkan.

Adapun beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari berpindahnya bakteri E. coli ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi di saluran kemih antara lain:

  1. Tidak bersih saat cebok

Penyebab infeksi saluran kemih yang utama adalah kebiasaan cebok atau membasuh area kemih dan anus yang tidak bersih, baik saat buang air kecil maupun saat buang air besar. Saat membersihkan area kemaluan, bisa jadi bakteri berpindah dari anus ke saluran kemih. Hal inilah yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Kondisi ini seringkali terjadi pada wanita, karena uretra wanita lebih dekat dengan anus jika dibandingkan dengan laki-laki.

  1. Cara cebok yang salah

Selain faktor kebersihan saat cebok, cara cebok yang salah juga bisa menjadi penyebab infeksi saluran kemih. Terutama saat cebok setelah buang air besar. Saat cebok, usahakan membasuh bagian depan (uretra) terlebih dahulu baru membasuh bagian belakang (anus). Hal ini akan memperkecil risiko berpindahnya bakteri E. coli dari tangan yang digunakan untuk membasuh kemalian.

  1. Tidak buang air kecil setelah berhubungan seksual

Salah satu penyebab dari infeksi saluran kemih dan juga Penyebab Infeksi Ginjal adalah hubungan seksual. Hubungan seksual bisa menjadi sarana perpindahan bakteri dari anus ke saluran uretra, baik pada wanita maupun pada laki-laki. Hal inilah yang menyebabkan seseorang perlu untuk buang air kecil dan juga membersihkan diri setelah berhubungan seksual. Tujuannya adalah untuk meminimalisir risiko dari infeksi saluran kemih itu sendiri. Kebersihan yang terjaga pasti akan bisa mencegah perkembangbiakan bakteri.

Sponsors Link

  1. Kurang minum air yang cukup

Salah satu penyebab utama dari berbagai penyakit ginjal dan saluran kemih lainnya adalah kebiasaan buruk kurang minum air. Ini juga sering menjadi Penyebab Infeksi Ginjal Pada Anak yang kerap kali terjadi. Saat tubuh kekurangan cairan, maka ginjal akan kesulitan untuk bekerja lebih baik. Hal ini akan menyebabkan ginjal untuk menciptakan urine lebih pekat daripada urine normal. Dalam artian, urine akan berwarna sangat kuning. Dan urine yang warnanya lebih pekat ini bisa memicu aktivitas bakteri sehingga bisa menyebabkan gejala infeksi saluran kemih. Maka dari itu, jika Anda memiliki urine yang berwarna kuning pekat, harap segera mengubah kebiasaan atau pola hidup Anda. Lebih banyaklah minum air agar hidup juga menjadi lebih sehat.

Sponsors Link

  1. Suka menahan rasa ingin buang air kecil

Penyebab infeksi saluran kemih lainnya adalah kebiasaan buruk suka menahan air kencing. Kebanyakan orang mungkin memang suka menahan pipis, apalagi jika terlalu sibuk. Namun kebiasaan ini tidaklah baik, karena bisa menciptakan urine bertumpuk di kandung kemih. Urine yang bertumpuk juga bisa menyebabkan potensi perkembangbiakan bakteri semakin besar. Maka dari itu, hilangkan kebiasaan suka menahan pipis ini. Sebaiknya segera keluarkan urine jika memang rasa ingin buang air kecil sudah muncul.

Demikianlah beberapa penjelasan dari penyebab infeksi saluran kemih yang perlu dicegah dalam kehidupan sehari-hari. Walau Infeksi Ginjal Bisa Sembuh Total namun upaya pencegahan tetap perlu dilakukan. Selalu lakukan pola hidup sehat agar tubuh terhindar dari berbagai masalah kesehatan, termasuk maslaah yang berhubungan dengan saluran kemih. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,