Sponsors Link

Penyebab Hidronefrosis – Gejala dan Pengobatan Terampuh

Sponsors Link

Hidronefrosis adalah istilah medis dari penyakit ginjal bengkak. Penyakit tersebut adalah satu dari sekian banyak penyakit yang bisa menyerang organ ginjal. Penyebab ginjal bengkak yang diderita seseorang adalah akibat penumpukan urine pada organ ginjal. Biasanya pembengkakan hanya terjadi pada satu sisi ginjal, tetapi bukan tidak mungkin menyerang kedua ginjal sekaligus.

ads

Jika ditangani dengan cara yang tepat, hidronefrosis tidak akan menyebabkan komplikasi yang berbahaya. Tetapi jika penyakit ini dibiarkan saja dan tidak diobati, bisa menjadi penyebab penyakit infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, penyakit uremia, bahkan yang lebih parah lagi adalah gagal ginjal kronis.

Penyebab Hidronefrosis

Pembengkakan pada ginjal bukanlah penyakit yang terjadi sendiri, namun adanya diakibatkan oleh kondisi lain atau penyakit yang sedang diderita oleh seseorang. Kondisi ini menyebabkan penyumbatan pada saluran kemih sehingga urine tidak bisa dikeluarkan dan menumpuk di dalam ginjal. Penumpukan ini lama kelamaan akan membuat ukuran ginjal semakin membesar dan bengkak.

Ada beberapa kondisi tertentu yang menyebabkan seseorang menderita ginjal bengkak. Penyebab tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kehamilan

Ketika seorang wanita sedang hamil, ia rentan menderita berbagai komplikasi, salah satunya adalah pembengkakan pada ginjal. Keberadaan janin di dalam rahim akan membuat ukuran rahim semakin membesar dan menekan organ-organ lain yang ada di sekitarnya. Jika ureter atau saluran kemih ikut tertekan karena pembesaran rahim, urine tidak akan bisa keluar dari ginjal dan semakin lama akan semakin menumpuk.

  • Batu ginjal

Penyakit batu ginjal berpotensi menyumbat ureter jika ia muncul dekat dengan saluran kemih. Jika ureter sudah tersumbat oleh batu ginjal, maka proses pengeluaran urine akan ikut terganggu.

  • Penyempitan ureter

Penyebab Hidronefrosis yaitu Penyempitan saluran kemih biasanya terjadi karena infeksi pada saluran tersebut, operasi, atau karena  pengobatan yang menggunakan teknik radiasi. Penyempitan ureter membuat aliran urine menjadi tidak lancar.

  • Pembengkakan prostat

Penyakit prostat banyak menyerang pria yang berusia 50 tahun ke atas. Semakin bertambahnya umur seorang pria, kelenjar prostatnya juga semakin membesar.

  • Kanker

Ginjal bengkak bisa jadi adalah komplikasi akibat penyakit kanker yang terjadi di sekitar area kandung kemih seperti kanker kandung kemih, kanker ginjal, kanker ovarium, dan kanker prostat.

Sponsors Link

  • Gangguan kandung kemih

Berbagai gangguan pada kandung kemih yang bisa memicu ginjal bengkak adalah kerusakan pada saraf-saraf yang ada di saluran kandung kemih.

Gejala Penyakit Hidronefrosis

Penyebab Hidronefrosis terkadang muncul tanpa menimbulkan gejala yang spesifik. Penyakit ini pun bisa berkembang secara tiba-tiba dan perlahan. Perhatikan gejala penyakit hidronefrosis yang sering muncul agar Anda bisa waspada:

ads

  1. Rasa nyeri luar biasa pada punggung bagian bawah. Rasa nyeri ini biasanya muncul secara mendadak.
  2. Nyeri pada tubuh bagian kiri atau kanan, biasanya terjadi ketika hanya salah satu sisi ginjal saja yang mengalami pembengkakan.
  3. Demam tinggi yang susah turun.
  4. Mual yang luar biasa.
  5. Perut semakin lama semakin membesar.
  6. Menggigil meski cuaca sedang panas.
  7. Urine berwarna merah atau urine berdarah.
  8. Nyeri saat buat air kecil, ini adalah ciri ciri infeksi saluran kemih.
  9. Lebih sering buang air kecil.
  10. Tidak bisa menahan buang air kecil.

Segera periksakan diri Anda ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut di atas, terutama gejala no 1-5.

Pengobatan Penyakit Hidronefrosis

Karena penyakit hidronefrosis adalah penyakit yang bisa disembuhkan jika ditangani dengan baik, maka pengobatan pada penyakit ini disesuaikan dengan tingkat keparahan penderita dan penyebabnya. Pengobatan hidronefrosis dilakukan untuk mengeluarkan semua urine yang menumpuk di dalam ginjal, mengurangi tekanan pada ginjal karena pembengkakan, mengatasi penyakit yang memicu pembengkakan, dan mencegah ginjal rusak secara permanen.

Metode pengobatan yang banyak digunakan untuk menyembuhkan penyakit hidronefrosis adalah:

  1. Kateterisasi, yaitu memasang kateter langsung pada ginjal agar urine yang menumpuk bisa dikeluarkan. Cara ini dinilai paling efektif untuk menyembuhkan hidronefrosis.
  2. Operasi pengangkatan ginjal jika kondisi penderita sudah sangat parah. Ginjal yang telah rusak dan terinfeksi akibat hidronefrosis sudah tidak bisa berfungsi dengan normal lagi.
  3. Jika hidronefrosis disebabkan oleh pembengkakan prostat, maka perlu dilakukan operasi pengangkatan sebagian prostat.
  4. Memberikan antibiotik apabila penderita mengalami infeksi pada ginjal atau saluran kemihnya.
  5. Memberikan stent pada penderita yang mengalami penyempitan pada saluran kemih.
  6. Menghancurkan batu ginjal secara alami atau secara medis dengan operasi atau penggunaan gelombang suara untuk penderita yang mengalami ginjal bengkak karena batu ginjal.
  7. Apabila penderita mengalami penyakit kanker, maka perlu dilakukan radiasi, kemoterapi, atau operasi untuk membunuh sel kanker yang ada.

Itulah penjelasan mengenai penyebab Hidronefrosis, gejala, dan cara mengobati hidronefrosis. Sebelum ginjal terserang penyakit, sebaiknya lakukan pencegahan dengan cara merawat agar tetap sehat serta cara merawat ginjal lain yang bisa dilakukan. Jangan lupa pula untuk selalu menjauhi kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal dan mengonsumsi makanan pencuci ginjal secara rutin untuk membantu meringankan kerja ginjal.

Organ ginjal adalah salah satu yang terpenting pada tubuh, dan tidak dapat digantikan fungsinya oleh organ apapun. Jaga kesehatan ginjal dengan baik agar jauh dari segala penyakit yang mungkin menyerang ginjal. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :