Sponsors Link

6 Penyebab Ginjal Tidak Berfungsi Wajib Dihindari

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ penting yang sangat bermanfaat untuk sistem tubuh kita layaknya organ-organ yang lain. Oleh karena itulah sangat wajar apabila kita berharap dan berusaha agar ginjal selalu bisa berfungsi dengan baik dan benar. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini, di antaranya adalah dengan mengetahui penyebab ginjal tidak berfungsi dan juga mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Dengan demikian, kita bisa menghindari masalah-masalah ginjal sekaligus bisa mengatasi gejala ginjal bermasalah yang muncul di hadapan kita.

ads

Apakah kamu telah mengetahui apa saja penyebab ginjal tidak berfungsi dan bagaimana cara-cara untuk mengatasinya tersebut? Apabila kamu belum mengetahuinya, maka tentu saja kamu perlu membaca artikel ini sampai tuntas agar kamu bisa mengetahui apa saja penyebab ginjal bisa tidak berfungsi dan bagaimana cara yang perlu dilakukan untuk mengatasinya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab ginjal tidak berfungsi dan sekilas cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Selamat membaca!

1. Memakan terlalu banyak makanan beroksalat atau garam

Salah satu penyebab utama masalah ginjal tidak berfungsi dengan baik dan benar adalah karena pola makan atau pola konsumsi yang tidak tepat. Di antara sekian banyak pola konsumsi yang tidak tepat tersebut memakan makanan yang mengandung kadar garam terlalu tinggi atau memakan makanan yang mengandung kadar oksalat terlalu tinggi merupakan salah satu penyebab meningkatnya risiko ginjal tidak berfungsi.

Makan terlalu banyak makanan beroksalat akan membuat kita mengalami batu ginjal, sementara memakan makanan yang mengandung garam terlalu tinggi akan membuat kita mengalami darah tinggi yang memperberat kerja ginjal. Cara mengatasinya, tentu saja kamu harus menghindari atau mengurangi makanan yang beroksalat.

2. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal adalah salah satu jenis penyebab ginjal tidak berfungsi lainnya yang bisa menjadi sebab mengapa ginjal bisa tidak berfungsi. Infeksi ginjal bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari serangan virus, serangan bakteri, dan berbagai macam serangan lain yang membuat kita bisa mengalami iritasi atau cedera pada ginjal dan pada akhirnya mengalami infeksi.

Untuk mencegah infeksi ginjal, kita harus menjaga pola makan, olahraga, dan lain sebagainya sesuai dengan kemampuan kita dalam mengatasi masalah infeksi ginjal. Oleh karena itulah kita perlu mengetahui berbagai macam cara mengatasi infeksi ginjal lebih lanjut yang juga dibahas di artikel yang lain.

3. Batu ginjal

Batu ginjal adalah salah satu sakit ginjal sekaligus penyebab berbagai macam sakit ginjal yang lain. Batu ginjal pada dasarnya adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang bisa menyebabkan berbagai macam masalah ginjal yang bisa diatasi sejak dini apabila kita bisa menerapkan pola hidup yang tepat. Salah satu cara mencegah batu ginjal adalah minum cukup banyak air, diiringi dengan mengurangi konsumsi makanan beroksalat tinggi secara intens. Apabila hal itu dilakukan, maka batu ginjal lebih rendah risikonya akan muncul sehingga kita bisa terhindar dari batu ginjal.

Sementara itu, untuk mengobati batu ginjal, bisa dilakukan dengan cara operasi, mengonsumsi jus lemon ataupun senyawa lain yang mengandung kadar asam cukup tinggi, menggunakan ramuan tradisional dan berbagai macam jenis pengobatan lainnya yang bisa membantu dalam mengatasi masalah batu ginjal.

Sponsors Link

4. Penyempitan atau penyumbatan saluran ureter

Selain karena masalah-masalah di atas, penyebab ginjal tidak berfungsi berikutnya adalah karena penyempitan atau penyumbatan saluran ureter. Penyempitan atau penyumbatan saluran ini bisa menyebabkan terjadinya refluks yang meningkatkan risiko terjadinya infeksi ginjal karena perkembangan bakteri yang berlebihan. Perlu disadari bahwa hal ini juga bisa menjadi penyebab ginjal lemah.

Adapun beberapa hal yang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah penyumbatan saluran ureter ini adalah dengan cara operasi ataupun meminum ramuan tertentu yang bisa menghancurkan sumbatan apabila terdiri dari batu ginjal dan sejenisnya. Akan lebih baik apabila kamu berkonsultasi dengan dokter apabila kamu mengalami masalah ini karena diperlukan diagnosa yang tepat untuk mencari tahu cara mengobati yang tepat.

5. Kerusakan kandung kemih

Kerusakan kandung kemih adalah salah satu hal lain yang bisa menjadi penyebab mengapa ginjal tidak berfungsi. Hal ini disebabkan karena kandung kemih yang rusak bisa menyebabkan refluks ataupun masalah saluran urine lainnya yang akan membuat ginjal mengalami kesulitan dalam memproses urine. Refluks bisa menimbulkan infeksi pada ginjal dan masalah lainnya, sehingga hal ini sangat membahayakan bagi masalah kesehatan ginjal. Oleh karena itulah kita perlu mengatasi berbagai macam masalah kandung kemih agar ginjal tidak ikut bermasalah.

Sponsors Link

6. Penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih

Selain masalah di atas, kandung kemih yang mengalami penyempitan juga bisa menjadi penyebab mengapa ginjal mengalami masalah. Layaknya pada penyempitan saluran ureter, penyempitan pada saluran kandung kemih akan membuat terjadinya refluks dalam jumlah yang cukup besar sehingga membuat ginjal lebih berisiko untuk mengalami masalah infeksi ginjal. Oleh karena itulah diperlukan suatu upaya yang tepat untuk mengatasi masalah ginjal yang tidak berfungsi tersebut seiring dengan menjaga kandung kemih. Apabila tidak diatasi, hal ini bisa menjadi penyebab ginjal kronis.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab ginjal tidak berfungsi. Semoga beberapa informasi di atas bermanfaat untukmu ya.

Selamat menjaga kesehatan ginjal!

Sponsors Link
>
, ,