Sponsors Link

5 Penyebab Ginjal Terasa Sakit Wajib Diketahui

Sponsors Link

Ginjal adalah organ yang penting untuk manusia. Organ yang satu ini tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa diberikan perawatan yang tepat dan penanganan yang pas. Oleh karena itulah, kita semua harus bisa mengatasi atau merespons masalah yang muncul dengan tepat. Salah satu indikasi bahwa ginjal kita mengalami masalah adalah apabila ginjal kita terasa sakit. Untuk bisa mengatasi masalah ini, tentu saja kita perlu mengetahui apa saja penyebab ginjal terasa sakit beserta bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.

ads

Apakah kamu telah mengetahui apa saja penyebab ginjal terasa sakit? Apakah kamu telah mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya? Apabila kamu belum mengetahui jawaban atas pertanyaan ini, tentunya kamu harus membaca artikel ini sampai tuntas. Dengan membaca artikel kali ini sampai tuntas, kamu pasti akan mengetahui apa saja penyebab ginjalmu terasa sakit dan tentunya bagaimana cara untuk mengatasinya apabila hal itu perlu diatasi.

Jadi, apa saja penyebab ginjal mengalami sakit? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Infeksi ginjal

Salah satu penyebab ginjal mengalami sakit adalah karena terjadinya infeksi ginjal. Infeksi ginjal bisa disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Infeksi ginjal akan mengakibatkan terjadinya luka atau iritasi pada jaringan ginjal, sehingga kamu bisa merasakan rasa sakit seperti nyeri atau perih pada bagian ginjal yang mengalami infeksi bakteri atau virus ataupun yang lain. Oleh karena itulah, untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi kita pun harus menghindari masalah infeksi ginjal.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah infeksi ginjal. Beberapa di antaranya meliputi minum air bersih dengan cukup, menjaga pola makan agar teratur dan tentunya berisi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan ginjal dan tubuh kita pada umumnya, serta melakukan berbagai hal lain yang bisa membantu menjaga kesehatan ginjal sesuai dengan saran yang dimiliki oleh dokter.

2. Batu ginjal

Masalah berikutnya yang bisa mengakibatkan terjadinya sakit pada ginjal adalah batu ginjal. Batu ginjal adalah salah satu jenis penyebab sakit ginjal sekaligus sakit ginjal itu sendiri yang bisa memberikan banyak dampak negatif terhadap kesehatan ginjal. Batu ginjal menjadi salah satu jenis penyakit ginjal yang paling sering dialami dan juga salah satu yang paling berbahaya. Oleh karena itulah kamu harus bisa mengatasi masalah batu ginjal agar bisa menghindari rasa sakit yang diakibatkan oleh batu ginjal yang terdapat pada tubuhmu.

Untuk menghindari batu ginjal, beberapa hal yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah mengurangi makanan dengan kadar oksalat yang tinggi, berolahraga dengan rutin, meminum air dengan cukup dan berbagai langkah lainnya. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan langkah yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Pembengkakan ginjal

Penyebab ginjal terasa sakit berikutnya adalah pembengkakan ginjal. Pembengkakan ginjal bisa terjadi karena refluks yang terlalu sering, batu ginjal, infeksi ginjal dan berbagai masalah lainnya. Pembengkakan ginjal akan membuatmu mengalami rasa sakit sekaligus mengganggu fungsi ginjal. Oleh karena itulah, kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi sekaligus cara menghindari pembengkakan ginjal dengan cara yang tepat.

Sponsors Link

Untuk menghindari ginjal bengkak, kamu bisa melakukannya dengan cara mengurangi makanan yang bisa meningkatkan potensi terbentuknya batu ginjal, olahraga dengan rutin, mencuci tangan sebelum makan agar mengurangi risiko infeksi ginjal dan berbagai macam langkah lainnya yang bisa kamu konsultasikan dengan dokter kepercayaanmu untuk menemukan langkah yang tepat.

4. Gagal ginjal

Gagal ginjal adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang bisa menyebabkan munculnya rasa sakit pada ginjal ataupun pada bagian tubuh yang lain. Untuk mengatasi rasa sakit yang disebabkan karena gagal ginjal, seperti pada gagal ginjal usia muda, tentunya kita perlu menyelesaikan masalah gagal ginjal itu sendiri. Alangkah lebih baik apabila sejak awal kita bisa menghindari masalah gagal ginjal, sehingga kita tidak perlu mengalami perawatan gagal ginjal yang memakan banyak uang sekaligus waktu. Dengan menghindari gagal ginjal, kita bisa menyelamatkan diri dari rasa sakit pada ginjal sekaligus menjaga kesehatan ginjal agar tetap optimal. Tentunya, kita juga bisa menghemat uang karena kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengatasi masalah gagal ginjal.

5. Cedera

Masalah berikutnya yang bisa menyebabkan ginjal sakit adalah karena cedera fisik. Cedera fisik pada ginjal akan menyebabkan rasa nyeri layaknya ketika terjadi infeksi pada ginjal. Oleh karena itulah, kamu juga harus menghindari masalah cedera pada ginjal agar bisa menyelamatkan diri dari masalah sakit ginjal.

Sponsors Link

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit pada ginjal? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

  • Mengonsumsi uva ursi
  • Olahraga dengan rutin
  • Mengonsumsi ramuan air rebusan akar alang-alang
  • Meminum ramuan air rebusan daun tempuyung
  • Meminum ramuan air rebusan kulit manggis
  • Meminum ramuan air rebusan daun kumis kucing
  • Meminum ramuan air seduhan daun alpukat
  • Meminum ramuan air rebusan daun sirsak
  • Cangkok ginjal
  • Operasi ginjal
  • Menghindari makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal
  • dan lain sebagainya

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah penyebab ginjal terasa sakit. Semoga dengan beberapa hal di atas, kamu bisa mengatasi masalah sakit ginjal dengan tepat ya.

Selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,