Sponsors Link

Penyebab Ginjal Polikistik – Ciri, Tanda dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Saat ini penyakit di Indonesia semakin banyak jenisnya , contohnya saja penyakit jantung mempunyai beberapa jenis yaitu penyakit jantung koroner, penyakit gagal jantung. Pada kanker juga terdapat beberapa jenis yaitu kanker payudara, kanker kulit, kanker hati dan lain sebagainya. Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian.

ads

Salah satu organ manusia yang sangat penting yaitu ginjal, organ ginjal ini merupakan organ yang berfungsi sebagai salah satu organ yang digunakan untuk metabolisme tubuh manusia. Apabila ginjal kita rusak maka akan mengakibatkan proses metabolisme mansia terhambat dan mengakibatkan sistem organ lainnya tidak seimbang.

Penyakit ginjal pun juga bermacam-macam jenisnya antara lain gagal ginjal, batu ginjal, ginjal kronis, dan ginjal poliskitik. Kali ini kita akan membahas ginjal polikistik yang merupakan salah satu penyakit ginjal yang serius.Berikut mengenai penjelasan mengenai ginjal polikistik.

Ginjal Polikistik

Ginjal merupakan salah satu organ manusia yang terletak di bagian belakang abdomen atas, dibelakang poritoneum, di depan dua iga terakhir, dan tiga otot besar yaitu transverses abdominis, kuadratus lumborum dan psoas mayor. Ginjal memiliki banyak fungsi antara lain menyaring dan membersihkan darah, membentuk urin, mengatur kadar asam dan basa, mengontrol tekanan darah, membentuk sel darah merah, menjaga kesehatan tulang menjaga jumlah air dalam tubuh dan lain sebagainya. Apabila ginjal kita rusak atau terkena penyakit ginjal polikistik maka fungsi-fungsi tersebut akan terganggu.

Kista ginjal merupakan salah satu penyakit ginjal yang disebut polikistik ginjal. Pengertian ginjal polikisik sendiri adalah penyakit genetik yang ditandai dengan pertumbuhan lebih dari kista atau banyak kista yang terdapat dapat ginjal. Pada penyakit ginjal pilikistik ini terdapat 2 jenis yaitu polikistik dominan automasal dan polikistik resesif automasal. Penyakit tersebut biasa disebabkan karena pola hidup yang tidak baik dan tidak sehat.

Penyebab Penyakit Ginjal Polikistik

Penyebab Kanker Ginjal tidak lain yaitu kebiasaan buruk seseorang seperti tidak olahraga teratur , mengkonsumsi makanan junkfood dan lain sebagainya yang juga dapat menimbulkan beberapa penyaki seperti penyakit ginjal polikistik. Selain itu penyebab penyakit ginjal polikistik yang lainnya antara lain :

  • Genetik

merupaka salah satu seseorang mendapat penyakit ppolikistik ini apabila salah satu anggota keluarga ang sebelumnya mempunyai penyakit tesebut kemungkinan keturunannya juga terkena pengakit ini. Penyakit ginjal yang diwariskan ini disebabkan adanya mutasi gemline di dalam satu gen. Penyebab gagal ginjal juga dapat kerena faktor genetika tersebut.

  • Penggunaan Obat-obatan

Pengunaan obat -obatan yang berlebihan dan obat-obat yang bukan dari resep dokter apabila mengkonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras dan mengakibatkan kelelahan pada ginjal. Apabila hal ini terjadi terus menerus maka akan mengakibatkan ginjal rusak dan menyebabkan terjadinya penyakit ginjal polikistik dan penyakit ginjal yang lainnya. obat gagal ginjal tanpa cuci darah  juga dapat digunakan sebagai alterrnatif selain obat-obatan kimia.

  • Hormone

Kelainan hormon atau hormon yang tidak stabil pada tubuh juga mengakibatkan beberapa penyakit salah satunya penyakit ginjal polikistik. Selain itu juga beresiko pada metabolisme didalam tubuh tidak maksimal yang mengakibatkan tubuh tidak sehat. Untuk meningkatkan metabolisme dan menjaga hormon maka dianjurkan untuk melakukan olahraga secara teratur. Cara mengatasi penyakit ginjal dapat dengan meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh dan menjaga kestabilan hormon dalam tubuh.

Sponsors Link

  • Konsekuensi dari Pencucian Darah

setiap tindakan yang diambil pasti mempunai konsekuensi , salah satu penanganan dalam penyakit ginjal yaitu dengan cara cuci darah . Dimana saat melakukan cuci darah terdapatt efek samping yang bisa timbul. Salah satu konsekuensinya yaitu adalahan adanya kristal lebih dari satu yang biasanya disebut dengan ginjal polikistik.

Ciri-ciri Penyakit Ginjal Polikistik

Ciri-ciri ginjal bengkak memiliki karakteristik yang berbeda fengan ginjal polikistik , karena setiap penyakit memiliki karakteristuk untuk membedakan antara satu penyakit dengan penyakit yang lainnya. Berikut mengennai ciri-ciri penyakit ginjal polikistik :

ads

  1. Hipertensi , merasa sakit kepala dan sakit pinggang bagian
  2. Terdapat darah dalam urin , selain itu perut menjadi membesar (buncit)
  3. sering buang air kecil , dan tidak dapat terkontrol
  4. Terdapat kista atau benjolan nonkanker yang berisi cairan

Tanda dan Gejala Penyakit Ginjal Polikistik

Tanda tanda ginjal mulai rusak dapat diketahui dari fungsi ginjal yang menurun. Ginjal Polikistik mempunyai tanda dan gejala mirip dengan penyakit ginjal lainnya. Meskipun demikian terdapat beberapa tanda yang membedakannya, maka dari itu kita perlu mengetahuinya sebagai safety precaution untuk penangannan selanjutnya apabila telah terdiagnosisi penyakit tersebut. Berikut mengenai tanda-tanda penyakit ginjal polikistik :

  1. Adanya atau terbentuknya batu pada ginjal (batu ginjal)
  2. Perut menjadi besar
  3. Kulit menjadi mudah sekali terjadi memar
  4. Urine mengandung darah
  5. Kulit menjadi tidak segar dan menjadi pucat
  6. Sering Sakit kepala
  7. Mudah sekali lelah , saat melakukan aktivitas sehari-hari
  8. Adanya nyeri pada bagian tubuh samping dan belakang
  9. Sering buang air kecil
  10. Sendi terasa nyeri
  11. Adanya gagal ginjal
  12. Kuku menjadi tidak normal (ketidaknormalan pada kuku tangan ataupun kaki)
  13. Terdapat infeksi saluran kemih atau ginjal

Cara Mengatsi Penyakit Ginjal Polikistik

Memiliki beberapa cara , tergantung dari tanda dan gejala selain itu tergantung dari diagnosis penyakit tersebut. Ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit ginjal polikistik ini. Dengan penanganan yang rutin dan tepat maka ginjal polikistik ini akan berkurang tanda dan gejala yang dirasakan. Berikut mengengai cara tepat untuk menangani penyakit ginjal polikistik.

  • Pengangkatan Kista

Salah satu penanganan yang dapat dilakukan yaitu dengan ccara pengangkatak kista yang terdapat pada ginjal. Cairan yang terdapat pada kista tersebut dikeringkan setelah itu dinding ginjal yang ada dalam kista akan diangkat dengan melalui pemotogan atau dengan dibakar.

  • Pengeringan dan Pengisian Kista

Cara ini dilakukan denga memasukkan jarum yang panjang yang berdiameter kecil kedalam kista melalui kulit tubuh hingga mampu menembus ginjal dan kista. Setelah kista menjadi kering maka akan diisi kembali dengan larutan seperti  alcohol. Hal ini bertujuan agar kista menjadi tidak berkembang.

  • Penggunaan Antibiotik

Penggunaan antibiotik ini dilakukan apabila penyakit tersebut diikuti adanya infeksi kandung kemih atau ang biasa disebut dengan infeksi ginjal. Penggunaan antiotik ini harus dari resep dari dokter , maka dianjurkan untuk berkonsultasi mengenai masalah seputar penyakit ginjal. Penanganan secara tepat akan membuat penyakit ini mudah diatasi.

Sponsors Link

  • Obat Pereda Nyeri

Selain itu kita dapat memanfaatkan obat anti nyeri seperti paracetamol yang digunakan untuk mengontrol rrasa nyeri kronis yang berada pada punggung. Pengaplikasian atau penggunaannya harus sesuai denga resep dokter.

  • Tindakan Pembedahan

Tindakan pembedahan ini dilakukan apabila adanya aneurisma. Untuk mengetahui adanya aneurisma maka perlunya melakukan pemeriksaan aneurisma intrakranial secara rutin. Apabila positif maka dokter akan melakukan tindakan pembedahan guna mengurangi resiko terjadinya pendarahan.

  • Konsumsi banyak cairan

Untuk mengatasi penyakit ginjal secara sederhana yaitu kita dapat mengkonsusmsi cukup cairan ang dibutuhkan oleh tubuh manusi. Karena pada dasarnya penyakit ginjal juga disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh sehingga mengakibatkan fungsi ginjal tidak bekerja secara maksimmal. Makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal juga perlu kita hindari.

  • Transplatasi Hati

Transplatasi hati ini dilakukan apabila ditemukannya kista pada organ hati. Pada kondisi ini maka dilakukan pembedahan untuk mengangkat ebagian organ hati atau yang biasa disebut dengan transplatasi hati. Biaya transplatasi ginjal perlu kitaketahui juga , sebagai acuan untuk pembiayaan sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan tersebut.

Penjelasan diatas mengenai seputar penyakit Ginjal Polikistik. Diharapkan dari penjelasan diatas kita lebih bisa berhati-hati dan mampu mengetahui penanganan sejak dini sehingga tepat. Selain itu konsultasikan kepada dokter apabila menemukan ciri dan gejala seperti diatas.

Sponsors Link
>
, , ,