Sponsors Link

4 Penyebab Ginjal Lemah Wajib Diketahui

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ penting yang sangat berguna untuk sistem tubuh, sebagaimana dengan organ-organ yang lain. Oleh karena itulah, ketika ginjal melemah, kita harus melakukan berbagai macam tindakan yang diperlukan untuk membuat ginjal bisa berfungsi dengan normal kembali. Oleh karena itulah, bagi kamu yang ingin memiliki ginjal yang sehat, harus membaca artikel ini sampai tuntas ya. Mengapa demikian? Karena dengan membaca artikel ini sampai tuntas, kamu bisa mengetahui apa saja penyebab ginjal lemah dan mengetahui beberapa hal yang mungkin menjadi alternatif cara untuk mencegah agar ginjal tidak melemah atau mengatasi ginjal tidak melemah.

ads

Memangnya apa saja penyebab ginjal menjadi lemah tersebut? Apakah kita telah mengalaminya atau tidak? Buat kamu yang penasaran, tentunya kamu harus mengetahuinya. Sementara buat kamu yang sebelumnya telah mengetahuinya, tidak ada salahnya untuk menyegarkan ingatanmu kembali mengenai apa saja penyebab ginjal lemah dan bagaimana cara sederhana untuk mengatasinya. Selamat membaca ya!

Sebab Ginjal Melemah

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab ginjal menjadi lemah di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal adalah salah satu jenis masalah ginjal yang berbahaya. Hal itu disebabkan karena infeksi ginjal bisa menyebabkan masalah ginjal seperti gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis, dan berbagai macam masalah ginjal lainnya yang berbahaya untuk kesehatan ginjal dan kesehatan tubuh pada umumnya. Oleh karena itulah kita harus mengatasi masalah infeksi ginjal dengan tepat, karena hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab ginjal kronis.

Ada berbagai macam berbagai macam cara yang bisa diatasi untuk mengatasi masalah infeksi ginjal, mulai dari mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal, mengurangi memakan makanan yang buruk untuk ginjal dan berbagai hal lain yang harus dilakukan untuk mengatasi ginjal. Kamu bisa melakukan tips menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu baca dari artikel lainnya yang juga telah kami sediakan.

2. Batu ginjal

Selain masalah infeksi ginjal, batu ginjal juga menjadi salah satu penyakit ginjal sekaligus penyebab penyakit ginjal yang bisa menyebabkan berbagai macam masalah ginjal termasuk menyebabkan ginjal melemah. Batu ginjal pada prinsipnya adalah semacam kristal padat yang bisa mengganggu aktivitas ginjal, menyebabkan munculnya luka pada ginjal, iritasi ginjal dan berbagai macam masalah ginjal lainnya. Sering kali batu ginjal menjadi penyebab terjadinya masalah ginjal yang berat seperti gagal ginjal akut atau gagal ginjal kronis.

Untuk mengantisipasi masalah batu ginjal, dibutuhkan usaha yang tidak sedikit tetapi bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya, kita hanya perlu olahraga dengan teratur, memakan makanan yang baik untuk ginjal, menjauhi makanan yang buruk untuk kesehatan ginjal, dan berbagai macam usaha lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi masalah batu ginjal. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli untuk menemukan metode mengantisipasi masalah kesehatan yang tepat untukmu.

3. Penyempitan atau penyumbatan saluran ureter

Masalah berikutnya yang bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan mengapa ginjal mengalami pelemahan fungsi adalah penyempitan atau penyumbatan saluran ureter. Penyumbatan saluran ureter adalah salah satu hal yang bisa mempengaruhi kesehatan ginjal karena hal tersebut akan menyebabkan refluks. Oleh karena itulah kita mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi penyempitan atau penyumbatan saluran ureter.

Sponsors Link

Untuk mencegah terjadinya penyumbatan saluran ureter, sama halnya dengan cara mencegah terjadinya batu ginjal. Beberapa di antaranya meliputi minum air dengan cukup, tidak menunda buang air kecil, memakan makanan yang baik untuk kesehatan ginjal, dan berolahraga dengan teratur. Kamu juga bisa meminum jus lemon atau minuman lain yang memiliki kandungan asam yang tinggi untuk membantu menghancurkan batu ginjal atau senyawa lain yang bisa menghancurkan penyumbat saluran ureter. Untuk penyempitan karena kelainan jaringan ureter, bisa dilakukan operasi oleh dokter yang ahli.

4. Darah tinggi

Darah tinggi adalah salah satu hal yang bisa memperberat kerja ginjal sehingga membuat ginjal menjadi lemah. Darah tinggi akan meningkatkan intensitas dan volume darah yang mengalir di sekujur tubuh kita. Oleh karena itulah kita perlu menjaga agar darah yang kita miliki tetap memiliki tekanan darah yang normal dan kepekatan yang wajar agar ginjal bisa bekerja dengan baik sesuai. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain seperti olahraga dengan teratur, minum air dengan cukup, menjauhi stress, dan berbagai macam hal lain yang bisa mencegah darah tinggi.

Cara Mengatasi Sebab Melemahnya Ginjal

Kita telah mengetahui apa saja penyebab melemahnya ginjal, lantas bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab ginjal lemah tersebut? Hal ini juga penting untuk diketahui agar kita bisa memperbaiki kesehatan ginjal apabila ginjal telah melemah. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah melemahnya kesehatan ginjal antara lain adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Melakukan operasi apabila yang menjadi masalah adalah batu ginjal dan yang semacamnya
  • Mengetahui macam macam penyakit ginjal bawaan dan menghindarinya
  • Meminum air dengan cukup
  • Beristirahat dengan cukup
  • Menjaga ketenangan psikologis atau menghindari stress
  • Beraktivitas sewajarnya
  • Memakan makanan yang baik untuk kesehatan ginjal
  • Menjauhi makanan yang berkadar oksalat tinggi, ataupun makanan yang buruk untuk ginjal lainnya

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi penyebab ginjal lemah. Dengan beberapa hal di atas, semoga kamu bisa mengatasi masalah ginjal melemah dengan baik ya. Jangan lupa untuk melakukan tips menjaga kesehatan ginjal di atas.

Selamat menjaga kesehatan ginjal!

Sponsors Link
>
, ,