Sponsors Link

5 Penyebab Ginjal Kronis Wajib Dihindari

Sponsors Link

Gagal ginjal kronis adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang paling berbahaya. Penyakit ini akan membuat ginjal kita tidak bisa berfungsi dengan baik-dalam kasus tertentu tidak berfungsi sama sekali-, sehingga menyebabkan kita harus melakukan tindakan medis seperti cuci darah atau cangkok ginjal. Oleh karena itulah, kita semua harus bisa menghindari masalah ginjal kronis ini agar kita tidak perlu sampai mengalami ginjal kronis. Untuk melakukannya, tentu saja kita juga perlu mengetahui apa saja penyebab ginjal kronis yang bisa menyebabkan dirimu mengalami ginjal kronis. Dengan mengetahui penyebabnya, kita bisa menghindari masalah ginjal kronis.

ads

Apa saja penyebab ginjal kronis yang perlu kita ketahui? Apakah kamu telah mengetahuinya dengan baik atau belum? Apabila kamu belum mengetahuinya, maka kamu harus mengetahui apa saja penyebab gagal ginjal kronis dan kemudian menghindari hal-hal tersebut untuk mengatasi masalah gagal ginjal kronis.

Tanpa memperlama lagi, berikut ini adalah beberapa jenis penyebab gagal ginjal kronis dan cara mengatasinya yang bisa kamu ketahui untuk menghindari penyakit gagal ginjal kronis dengan baik.

1. Kerusakan kandung kemih

Salah satu penyebab gagal ginjal kronis, meskipun secara tidak langsung adalah kerusakan kandung kemih. Kerusakan kandung kemih akan memicu terjadinya refluks yang berlebihan, infeksi pada saluran kemih atau ginjal, dan berbagai masalah lain yang bisa memicu terjadinya ginjal bengkak, infeksi ginjal dan berbagai masalah ginjal lainnya. Apabila hal ini terjadi cukup lama, maka salah satu hal yang akan terjadi adalah melemahnya fungsi ginjal dan pada suatu saat akan terjadi gagal ginjal kronis. Oleh karena itulah, penyebab yang satu ini harus dihindari.

Cara menghindari kerusakan kandung kemih di antaranya adalah memakan makanan yang bisa mencegah infeksi atau iritasi kandung kemih, mengurangi makanan yang berbahaya untuk saluran kandung kemih dan ginjal, dan berbagai cara lain yang bisa kamu bicarakan dengan dokter kepercayaanmu. Jangan lupa untuk memakan makanan yang baik untuk ginjal.

2. Penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih

Masalah berikutnya yang bisa menjadi penyebab ginjal kronis adalah penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih. Hal ini akan memicu terjadinya refluks yang akan menyebabkan ginjal mengalami infeksi, iritasi, pembengkakan, gangguan fungsi dan berbagai macam masalah lain yang bisa melemahkan fungsi ginjal yang kita miliki. Lambat laun gagal ginjal kronis pun bisa terjadi dan tentunya hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan sang penderita ginjal.

Untuk menghindari masalah ini, bisa dilakukan operasi, mengurangi makanan yang berpeluang menghambat atau menyumbat saluran kandung kemih, dan berbagai macam teknik lain yang bisa dilakukan sesuai dengan instruksi dokter ahli yang kamu percayai.

3. Infeksi ginjal

Masalah berikutnya yang bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah pada ginjal adalah infeksi ginjal. Infeksi ginjal merupakan salah satu sebab sekaligus jenis penyakit ginjal yang bisa membuat ginjal mengalami kerusakan fungsi. Hal tersebut terjadi karena infeksi ginjal akan merusak jaringan-jaringan ginjal yang terkena infeksi tersebut. Lambat laun hal ini akan menyebabkan kerusakan ginjal sehingga bisa membuat ginjal mengalami ginjal akut ataupun ginjal kronis.

Untuk menghindari masalah infeksi ginjal, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah memakan makanan yang terbukti bersih atau aman untuk ginjal, senantiasa cuci tangan sebelum makan, cuci tangan dengan menggunakan sabun, dan berbagai macam cara lainnya yang bisa membantu mencegah terjadinya infeksi pada ginjal baik karena bakteri, virus ataupun berbagai faktor yang lain.

4. Batu ginjal

Penyebab ginjal kronis berikutnya adalah karena adanya batu ginjal. Batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit ginjal sekaligus penyebab berbagai macam penyakit ginjal yang bisa membuat ginjal kronis terjadi padamu. Pada umumnya batu ginjal akan menyebabkan infeksi pada ginjal, iritasi pada ginjal, penyumbatan pada saluran kemih ataupun saluran ginjal, hingga pada akhirnya menyebabkan kerusakan fungsi ginjal yang cukup parah sehingga perlu dilakukan tindakan lebih lanjut seperti operasi.

Sponsors Link

Untuk menghindari masalah batu ginjal, beberapa hal yang bisa kita lakukan di antaranya adalah menghindari atau mengurangi makanan yang mengandung kadar oksalat yang terlalu tinggi, olahraga dengan rutin, minum air dengan cukup, dan berbagai aktivitas lainnya yang bisa membantu untuk mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

5. Penyempitan atau penyumbatan saluran ureter

Selain masalah-masalah di atas, penyumbatan pada saluran ureter juga bisa menjadi salah satu penyebab gagal ginjal kronis bisa terjadi. Penyumbatan pada saluran ureter akan memicu refluks, atau kembalinya air urine ke dalam ginjal sehingga meningkatkan risiko terjadinya infeksi ginjal, iritasi saluran kandung kemih, dan berbagai macam masalah lain yang bisa berakibat buruk untuk ginjal.

Cara Mengatasi Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah penyebab dan juga gagal ginjal kronis itu sendiri? Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, di antaranya adalah:

  • Meminum ramuan air rebusan daun tempuyung
  • Meminum ramuan air seduhan daun alpukat
  • Meminum ramuan air rebusan daun sirsak
  • Meminum ramuan air rebusan daun kumis kucing
  • Mengonsumsi uva ursi
  • Mengonsumsi ramuan air rebusan akar alang-alang
  • Meminum ramuan air rebusan kulit manggis
  • Olahraga dengan rutin
  • Melakukan tips menjaga kesehatan ginjal
  • Mengurangi makanan dengan kadar oksalat tinggi
  • Meminum air dengan cukup untuk memperlancar urine
  • dan lain sebagainya
Sponsors Link

Itulah beberapa macam cara untuk mengatasi penyebab ginjal kronis yang bisa kita lakukan. Semoga dengan beberapa macam informasi di atas kamu bisa mengatasi gagal ginjal kronis dan penyebabnya dengan baik ya.

Selamat menjaga kesehatan ginjal!

Sponsors Link
>
, ,