Sponsors Link

20 Penyebab Ginjal Kotor dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ginjal sebagai salah satu organ terpenting dalam tubuh harus dijaga kesehatan dan juga kebersihannya. Fungsi ginjal yaitu menyaring darah dan juga menyaring zat zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan tidak dibutuhkan. Namun, terkadang ginjal mengalami masalah salah satunya ialah ginjal yang kotor. Berikut adalah penyebab terjadinya ginjal kotor :

ads
  1. Mengonsumsi AINS

AINS atau Anti Inflamasi Non Steroid adalah obat yang berfungsi untuk mengatasi masalah peradangan yang dialami dalam tubuh manusia. Obat jenis ini mengandung antipiretik yang dapat menormalkan kembali suhu tubuh manusia. Selain itu obat ini juga dapat mengatasi gejala gejala yang sering muncul akibat suatu penyakit seperti nyeri dan juga sakit. Namun, penggunaan obat ini secara berlebihan akan menyebabkan gangguang kesehatan pada ginjal dan menyebabkan ginjal kotor. Ginjal dapat kotor dikarenakan oleh efek oksidasi yang terjadi secara berlebihan. Hal ini menyebabkan terjadinya pengendapan di dalam ginjal, dan hal inilah yang menyebabkan fungsi ginjal menurun. (Baca juga :pantangan gagal ginjal kronik )

  1. Mengonsumsi Daging Merah

Daging adalah salah satu makanan favorit banyak orang. Banyak sekali makanan yang berbahan dasar daging dan memiliki rasa yang nikmat, yang dapat meningkatkan nafsu makan. Namun, pengonsumsian dagi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi daging merah secara berlebihan dapat menghambat proses penguraian. Apabila proses penguraian ini melambat maka akan mempengaruhi kerja ginjal dan membuat ginjal kotor. Mengonsumsi dagin merah secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit ginjal. (Baca juga :buah buahan obat ginjal )

  1. Mengonsumsi Aminoglikosid

Aminoglikosid adalah salah satu jenis obat antibiotik, antibiotic jenis ini efektif untuk membasmi kuman dan juga bakteri yang akan menyerang dan merusak organ organ tubuh manusia. Antibiotik ini biasanya dikonsumsi oleh mereka yang mengidap penyakit TBC. Karena obat jenis ini mengandung amikasin, kanamisin yang dapat membasmi kuman kuman TB. Namun, penggunaan obat ini dalam jumlah berlebih dapat memberikan efek yang buruk untuk kesehatan ginjal. Namun, apabila obat ini dikonsumsi dengan dosis yang tepat, obat ini justru akan membersihkan ginjal yang kotor. (Baca juga :ciri ciri kanker ginjal )

  1. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau yang lebih sering disebut minuman bersoda memang memiliki rasa yang segar. Namun, kandungan gula dalam minuman ini sangatlah tinggi sehingga untuk mengonsumsi minuman ini janganlah terlalu sering. Kandungan gula yang sangat tinggi ini yang membuat fungsi ginjal melemah dan membuat ginjal menjadi kotor. Untuk mengganti minuman berkarbonasi, lebih baik anda mengonsumsi air putih ataupun jus yang manisnya alami. (Baca juga :tanaman obat ginjal bengkak )                                                                                                     

  1. Mengonsumsi Analgesik

Analgesik adalah obat yang dikonsumsi untuk menahan dan meredakan rasa sakit. Analgesik sering digunakan secara bersamaan dengan parasetamol dan juga kodein. Beberapa obat ini bisa dibeli bebas tanpa menggunakan resep dokter. Meskipun analgesik memberikan efek samping yang berbahaya, namun penggunaan obat ini dalam dosis yang tidak tepat akan berefek buruk pada kesehatan dan juga kebersihan ginjal. Seseorang yang mengalami masalah ginjal akibat mengonsumsi analgesik dalam waktu yang berkepanjangan dapat membuat seseorang terkena nefropati analgesic. Nefropati analgesic ialah penyakit ginjal yang disebabkan oleh pengonsumsian obat secara tidak tepat, kondisi ini sangat membahayakan dan bahkan dibutuhkan transplantasi ginjal. (Baca juga :harapan hidup pasien cuci darah )

Sponsors Link

  1. Minuman Kafein

Minuman kafein sering kita temukan dalam kopi. Kopi sering dikonsumsi ketika kita diharuskan terjaga pada malam hari. Kafein yang tinggi pada kopi tidak baik untuk tubuh dan kesehatan ginjal. Kafein memiliki kandungan yang dapat membuat ginjal menjadi kotor dan menyebabkan infeksi pada ginjal. Untuk mengatasi ginjal yang kotor, anda harus mengonsumsi banyak air putih dan makanan yang bergizi. (Baca juga :obat herbal gagal ginjal stadium 5 )

  1. Mengonsumsi Jamu Pegal Linu

Obat tradisional memang dipilih banyak orang karena dinilai lebih aman dan tidak mengandung efek buruk dari penggunaan bahan kimia. Salah satu obat tradisional yang sering dikonsumsi ialah jamu. Jamu adalah salah satu obat tradisional khas Indonesia, yang terbuat dari berbagai bahan bahan alami seperti jahe, kunyit dan yang lainnya. Jamu yang cukup sering dikonsumsi masyarakat ialah jamu pegal linu. Jamu ini dikonsumsi untuk menghilangkan rasa sakit pada pinggang dan juga punggung. Namun, penggunaan jamu pegal linu dalam waktu yang panjang akan memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan ginjal dan juga kebersihan ginjal. (Baca juga :pengobatan alternatif gagal ginjal )

  1. Mengonsumsi Salad Berlebihan

Bagi orang yang sedang menjalankan diet mereka memilih untuk tidak mengonsumsi nasi yang memiliki karbohidrat yang sangat tinggi. Mereka memilih untuk mengonsumsi salad yang terdiri dari berbagai sayuran sayuran segar. Namun, pengonsumsian salad tanpa didampingi sumber energy yang lain dapat menjadi boomerang bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan salad mengandung oksalat yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan ginjal kesulitan untuk mengurainya ketika melakukan proses pembuangan. Untuk tetap menjalani diet yang sehat, anda harus menambah sumber energi bagi tubuh. (Baca juga :cara berhenti cuci darah )

ads
  1. Mengonsumsi Garam Berlebih

Penyebab Ginjal Kotor ialah  mengonsumsi garam. Garam mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium dibutuhkan untuk kesehatan dan juga kekuatan tulang manusia. Tetapi, mengonsumsi makanan yang mengandung garam secara berlebih akan menganggu kerja ginjal dan membuat ginjal kotor. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang berlebih akan dibuang dari dalam tubuh. Ginjal tidak mampu melakukan kerjanya dengan baik, sehingga kalsium tidak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh dan membuat ginjal kotor bahkan dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. (Baca juga :tujuan cuci darah )

  1. Kurang Mengonsumsi Air Putih

Air putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan berbagai organ tubuh termasuk menjaga kesehatan ginjal. Fungsi ginjal ialah menyaring darah dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh manusia. Apabila anda kurang mengonsumsi air, maka ginjal akan menjadi kotor akibat racun racun yang menumpuk pada ginjal dan menyebabkan penurunan fungsi ginjal. (Baca juga :akibat tidak cuci darah pada gagal ginjal )

  1. Produk Susu

Susu memang menjadi salah satu minuman yang menyehatkan. Susu mengandung kalsium yang tinggi yang dapat membuat tulang menjadi kuat. Namun, mengonsumsi produk susu secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan apabila produksi kalsium dalam tubuh terlalu banyak ginjal tidak dapat melakukan fungsinya dengan maksimal dan dapat menyebabkan ginjal kotor dan mengalami berbagai penyakit ginjal. (Baca juga :efek terlambat cuci darah )

  1. Mengonsumsi Jamu Pelangsing

Bagi kebanyakan orang tubuh yang langsing adalah tubuh ideal dan menjadi idaman banyak orang. Mereka melakukan cara apapun untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal. Salah satunya ialah mengonsumsi jamu pelangsing. Sama seperti jamu pegal linu, penggunaan  jamu pelangsing tubuh dalam waktu yang lama akan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan ginjal dan dapat membuat ginjal kotor. Selain menyebabkan ginjal kotor, penggunaan jamu ini dalam dosis yang tidak tepat dapat membuat perut menjadi kram dan nyeri, serta dapat membuat tubuh lebih berisiko terkena hipertensi. (Baca juga :manfaat temulawak untuk ginjal )

  1. Mengonsumsi Sarden

Sarden biasanya dikemas dalam kemasan kaleng yang praktis. Untuk membuat sarden sangatlah mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan dan biaya. Namun, pengonsumsian sarden secara berlebih akan menurunkan fungsi ginjal. Hal ini dikarenakan sarden mengandung purin yang tinggi, dan menyebabkan ginjal mengalami kerusakan dan kotor bahkan bisa terbentuk batu ginjal. (Baca juga :manfaat binahong untuk ginjal )

  1. Kurang Tidur

Penyebab Ginjal Kotor ialah kurang tidur. Normalnya dalam satu hari orang dewasa harus tidur minimal 6 jam dalam sehari. Namun, karena berbagai kesibukan dan aktivitas mereka mengalami kesulitan tidur. Padahal, pada waktu tidur ini tubuh menjalankan perbaikan fungsi organ organ tubuh yang rusak termasuk perbaikan pada ginjal. Ginjal yang fungsinya tidak berjalan secara maksimal inilah yang dapat menyebabkan ginjal menjadi kotor. (Baca juga :manfaat meniran untuk ginjal )

  1. Pemanis Buatan

Makanan yang manis memang menjadi favorit banyak orang. Namun, mengonsumsi makanan yang manis secara berlebih tidak baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih pemanis yang digunakan adalah pemanis buatan atau yang disebut sakarin. Penggunaan sakarin secara berlebih dapat menyebabkan ginjal mengalami penurunan fungsi dan menyebabkan ginjal kotor. (Baca juga :manfaat propolis untuk ginjal )

  1. Mengonsumsi Alkohol

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa alkohol adalah salah satu minuman yang dapat merusak tubuh. Mengonsumsi alkohol apalagi mengonsumsinya secara berlebihan akan membuat fungsi ginjal menurun dan menyebabkan ginjal kotor karena ginjal gagal melakukan fungsinya dengan baik. (Baca juga :pantangan batu ginjal )

Sponsors Link

  1. Menahan Buang Air Kecil

Menahan buang air kecil secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada ginjal. Urin yang seharusnya dikeluarkan dari dalam tubuh justru tertumpuk di dalam ginjal dan membuat fungsi ginjal menurun. Hal ini yang menyebabkan ginjal mengalami kerusakan dan juga masalah kebersihan ginjal. (Baca juga :obat tradisional ginjal rusak )

  1. Merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada tubuh. Asap rokok dapat menganggu sistem pernafasan dan juga dapat merusak ginjal. Kebiasan buruk ini dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh yang dan mempersempit pembuluh darah di ginjal. Hal ini yang dapat membuat kerusakan pada ginjal dan membuat ginjal kotor. (baca juga obat tradisional ginjal kronis )

  1. Infeksi

Infeksi yang terjadi pada tubuh manusia dapat menyebabkan kerusakan dan membuat ginjal menjadi kotor. Bakteri bakteri dan virus yang menyerang tubuh manusia dapat menyebar dan menyerang ginjal. Ginjal kemudian mengalami penurunan fungsi dan menyababkan ginjal menjadi kotor. (Baca juga :manfaat semangka untuk ginjal )

  1. Makanan dengan Kalori Tinggi

Makanan yang mengandung kalori yang tinggi dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal. Karena makanan yang mengandung kalori yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak pada ginjal dan membuat ginjal kotor sehingga tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. (Baca juga :obat tradisional ginjal kotor )

Cara mengatasi Ginjal Kotor

  • Mengonsumsi air putih secara cukup
  • Menggunakan bahan bahan alami seperti daun meniran, daun sukun dan teh hijau
  • Memilih makanan dengan kalori rendah
  • Menerapkan pola hidup yang sehat
  • Jauhi rokok dan alkohol

Ginjal yang kotor dapat membuat penurunan fungsi ginjal. Ginjal yang mengalami penurunan fungsi dapat menimbulkan berbagai penyakit ginjal bahkan menyebabkan kematian. Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan ginjal kita selalu.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :