Sponsors Link

Penyebab Ginjal Kering dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Di Indonesia penyakit berbahaya yang menyerang seseorang memang selalu meningkat. Pada dasarnya semua penyakit berbahaya apabila tidak diatasi karena semakin memburuk keadaannya. Penyakitberbahaya yang menyerang masyarakat umum yaitu penyakit yang menyerang organ dalam tubuh seperti ginjal,paru-paru dan jantung. Namun bukan berati penyakit yang tidak menyerang dalam tubuh tidak berbahaya.

ads

Ginjal kronis , hidronefrosis , ginjal mengecil , ginjal rusak merupakan jenis-jenis penyakit pada ginjal.Penjelasan kali ini yaiu mengenai salah satu penyakit ginjal yaitu penyakit ginjal kering. Berikut mengenai penjelasan pengertian, ciri-ciri, penyebab, tanda gejala serta cara mengobati ginjal kering.

Ginjal Kering

Ginjal kering merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ dalam tubuh yaiti ginjal. Pengertian ginjal kering atau yang biasa disebut dengan resvosis Anumalia adalah salah satu penyakit yang diakibatkan karena kurangnya jumlah urine yang dapat ditemukan pada gagal ginjal kronis saat fungsi ginjal sebagai penyaring tidak dapat bekerja lagi. Biasanya penyakit ini menyerang seseorang yang berlebiha dalam mengkonsumsi minuman bersoda.

Fisiologi ginjal merupakan feedback daristimulus dari dalam tubuh aupun luar tubuh.Apabila ginjal tidak berfungsi semestinya maka akan menyebabkan kelainan ginjal. Kelainan ginjal ini juga akan mengakibatkan kondisi yang kronis sehingga tubuh akan dehidrasi. Akibat dari tubuh dehidrasi ini adalah kulit menjadi kering. Selain itu fungsi organ lainnya pun juga akan terganggu.

Ciri- Ciri Ginjal Kering

Ciri ciri batu ginjal juga dapat adanya faktor ginjal menjadi kering.Ginjal kering memiliki ciri-ciri sama halnya seperti penyakit ginjal lainnya. Pada dasarnya terjadinya ginjal kering menyebabkan disfungsi itu sendiri.

  • Ruam , biasanya ini disebabkan karena aliran darah yang otor tidak tersaring sempurna oleh ginjal sehingga menyababkan ruam pada kulit.
  • Gatal , ini juga merupakan indikasi dari darah yang kotor dan mengandung racun.
  • Kering , merupakan salah satu ciri ginjal kering akibat penyaringan ginjal yang tidak sempurna menyaring darah yang mengandung zat sisa makanan dan zatracun.
  • Nyeri , ini biasanya terjadi pada punggung bagian bawah.
  • Mudah lelah, ini terjadi karena akibat proses metabolisme pembakaran energi tidak sempurna.
  • Pembengkakan , pada tubuh sangat umum sekali apabila terkena penyakit ginjal.
  • Fungsi kemih berubah , seperti pada volume urine warna urine dan lain sebagainya.

Penyebab Ginjal Kering

Penyebab ginjal polikistik sama halnya dengan penyebab ginjal kering pada umumnya. Biasanya setiap jenis penyakit pada umumnya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat dan tidak teratur. Apabila kita menjalani pola idup sehat yang baik dan benar secara teratur maka secara otomatis pun tubuh tetap sehat.Berikut mengenai beberapa hal yang dapat mengakibatkan ginjal kering yang perlu kita ketahui dan waspadai.

1. Sering Begadang

Sering begadang akan berdampak bagi kesehatan tubuh manusia.Karena apabila kita begadang maka akan membuat tidur kita menjadi tidak teratur. Saat kualitas tidur kita tidak baik maka otomatis fungsi tubuh ataupun organ didalam tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal. Saat tidur tubuh melakukan pemulihan jaringan yang rusak, maka tidur sangat penting untuk bagi tubuh kita. 

Sponsors Link

2. Mengkonsumsi minuman atau makan bersoda

Makanan atau minuman yang mengandung soda tidak baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh manusia. Karena dapat mengakibatkan kerusakan pada beberapa organ di dalam tubuh. Salah satu organ yang bisa terdampak oleh soda ini yaitu ginjal. Fungsi ginjal akan menurun apabila mengkonsumsinya soda secara berlebihan, karena soda membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring darah.

3. Mengkonsumsi makanan pedas

Sama halnya dengan mengkonsumsi makanan bersoda , mengkonsumsi makanan pdas juga sangattidak baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan. Selain pada organ ginjal , ternyata juga akan berdampak pada organ lambung dan organ lainnya.

4. Kurang Cairan

Salah satu penyebab utama dari penyakit ginjal yaitu kekurangan caian di dalam tubuh. Cairan sangat penting untuk kesehatan tubuh karena digunakan untuk mmetabolisme dan menjaga keseimbangan dalam tubuh. Maka konsumsilah cairan secara cukup.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Penyebab Ginjal Kering

Cara mengatasi penyakit ginjal ada dua macam. Untuk mengatasi ginjal ini kita dapat melakukan pengobatan secara medis maupun non medis. Kali ini terdapat beberapa cara yang mudah dilakukan dirumah dengan cara non medis.

  • Minum Cukup Air, dengan mengkonsumsi air yang cukup maka tuuh kita tidak mengalami dehidrasi yang akan menjaga kesehatan organ dalam tubuh kita.
  • Olahraga Teratur , tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki sejuta  manfaat bagi kesehata, Olahraga terraturdapat diterapkan untuk mengatasi berbagai penyakit.
  • Mengurangi soda, merupakan hal yang harus dihindari saat kita terkena penyakit ginjal seperti hinjal kering karena akan mengakibatkan keadaan semakin buruk.
  • Istirahat Cukup, istirahat dengan cukup akan memberikan damapak positif bagi penderit ginjal kering.
  • Tidak mengkonsumsi obat-obatan berlebihan, karena dapat menyebabkan ginjal bekerja dengan ektra dan tidak istirahat.

Setelah kita mengetahui pengertian, ciri-ciri, penyebab, tanda dan gejala, serta cara untuk mengatasinya maka alangkah lebih baik kita membiasakan hidup sehat dan teratur agar tehindar dari penyakit ginjal kering dan penyakit lainnya.

Sponsors Link
>
, ,