Sponsors Link

6 Penyebab Ginjal Bocor Pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ginjal bocor adalah salah satu jenis masalah ginjal yang berbahaya. Penyakit yang satu ini bisa menyebabkan terjadinya berbagai macam masalah pada para penderitanya. Hampir semua orang, dari anak-anak hingga orang dewasa, laki-laki dan perempuan, semuanya berpeluang untuk mengalami masalah ginjal bocor. Oleh karena itulah, sangat wajar apabila kita berusaha untuk mengetahui apa saja penyebab ginjal bocor pada orang dewasa agar bisa menghindarinya sekaligus mengatasinya dengan tepat.

ads

Memangnya apa sajakah penyebab ginjal bocor pada orang dewasa itu? Apa bedanya dengan penyebab ginjal bocor pada anak kecil dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Apabila kamu ingin mencari tahu berbagai hal mengenai hal tersebut, maka kamu harus membaca artikel yang satu ini sampai tuntas. Ada berbagai macam penyebab terjadinya ginjal bocor yang mungkin dialami oleh orang dewasa di luar dari penyebab ginjal bocor pada ibu hamil. Beberapa hal di antaranya, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Amiloidosis

Amiloidosis merupakan penyebab masalah ginjal bocor yang bisa membuat orang dewasa mengalami ginjal bocor. Penyakit atau kondisi yang satu ini, pada dasarnya adalah terjadinya suatu kondisi terdapatnya protein amiloid dalam jumlah cukup besar yang terkumpul dalam ginjal ataupun organ tubuh yang lainnya. Kondisi ini dapat mengakibatkan fungsi penyaringan ginjal mereka terganggu, sehingga mampu mengakibatkan terjadinya ginjal bocor.

2. Diabetes

Selain karena amiloidosis, masalah lain yang bisa menjadi penyebab terjadinya ginjal bocor adalah diabetes. Penyakit diabetes merupakan salah satu masalah yang bisa menyebabkan terjadinya luka pada ginjal yang bisa mengganggu glomeruli ginjal. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, maka masalah yang bisa terjadi adalah kebocoran ginjal yang akan menyebabkan ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik sebagaimana diharapkan.

3. Gagal jantung

Masalah berikutnya yang bisa menjadi penyebab terjadinya ginjal bocor adalah karena gagal jantung. Perlu dipahami bahwa masalah ini jarang terjadi, walaupun apabila hal ini terjadi, salah satu hal yang bisa dialmi oleh mereka yang mengalami gagal jantung adalah ginjal mengalami kebocoran. Oleh karena itulah, akibat ginjal bocor sangat berbahaya.

4. Membranous nephropathy

Selain karena beberapa hal di atas, penyebab ginjal bocor pada orang dewasa berikutnya adalah karena keadaan membranous nephropathy. Keadaan tersebut merupakan suatu penyakit ginjal yang terjadi karena penebalan membran di dalam glomeruli ginjal. Lambat laun, penebalan hal ini bisa menyebabkan terjadinya ginjal bocor.

5. Pembekuan darah di jaringan darah ginjal

Masalah berikutnya yang bisa menjadi penyebab terjadinya ginjal bocor adalah karena terjadinya pembekuan darah di dalam jaringan darah yang akan membuat tertutupnya saluran darah. Apabila terjadi pada saluran darah di sekitar ginjal, tentunya saluran darah pada area ginjal akan terganggu. Apabila ini telah terjadi, maka kemungkinan ginjal bocor terjadi pun juga semakin besar.

6. Glomerulonefritis

Selain karena beberapa hal di atas, masalah lain yang bisa menjadi penyebab terjadinya masalah ginjal bocor adalah karena penyakit atau keadaan glomerulonefritis atau peradangan ginjal. Masalah peradangan dalam ginjal ini bisa membuat ginjal seseorang, termasuk orang dewasa untuk mengalami luka dan pada akhirnya akan mengalami kebocoran apabila luka yang dialami sudah terlalu parah. Oleh karena itulah, ada baiknya apabila masalah peradangan ginjal diatasi secepat atau sedini mungkin untuk menghindari kemungkinan terjadinya masalah ginjal bocor. Pengobatan ginjal bocor juga harus cepat dilakukan.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Ginjal Bocor pada Orang Dewasa

Setelah mengetahui apa saja penyebab ginjal bocor pada orang dewasa, lantas apa lagi yang perlu kita ketahui? Tentunya salah satu hal penting yang perlu kita ketahui adalah mengenai apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ginjal bocor pada orang yang telah dewasa. Ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ginjal bocor pada orang dewasa. Beberapa hal di antaranya, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memberikan diuretik

Diuretik merupakan suatu jenis obat yang diberikan untuk meningkatkan produksi urin dengan cara membantu mengikat air dalam tubuh. Dengan melakukan hal ini, maka jumlah air di dalam tubuh bisa berkurang dan terkonsentrasi pada produksi urine. Hal ini akan membuat jumlah air berlebihan yang keluar dari ginjal karena kebocoran ginjal juga bisa mengalami pengurangan. Tentunya akan lebih baik apabila kamu menjaga konsumsi air minum agar tetap sesuai dengan masalah ginjal yang kamu miliki.

Sponsors Link

2. Mengatur pola makan

Selain mengonsumsi diuretik, cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi masalah ginjal pada orang dewasa adalah mengatur pola makan. Pola makan yang sesuai dengan kebutuhan ginjal dan mempercepat perbaikan ginjal bocor adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Kita bisa melakukanya dengan cara mengurangi jumlah makanan yang buruk untuk kesehatan ginjal dan memakan makanan yang baik untuk kesehatan ginjal. Tentunya kita semua bisa mengonsumsi makanan sesuai dengan saran yang diberikan oleh dokter yang tepercaya. Kita juga bisa mengonsumsi tanaman herbal untuk ginjal bocor lo.

3. Istirahat dan menghindari stres

Selain beberapa macam hal di atas, cara lain yang juga perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ginjal yang mengalami kebocoran adalah dengan cara beristirahat dan menghindari stres. Hal ini akan membantu alokasi energi tubuh untuk proses penyembuhan secara sempurna sehingga bahaya ginjal bocor bisa dikurangi.

Itulah beberapa macam hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ginjal bocor pada orang dewasa. Semoga beberapa hal di atas bisa membantumu ya. Selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,