Sponsors Link

5 Penyebab Ginjal Bocor Pada Ibu Hamil Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Ginjal bocor adalah salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang berbagai macam kelompok usia. Salah satu di antaranya adalah ibu yang sedang hamil. Agar kita bisa mengantisipasi dan mengatasi masalah ginjal bocor pada ibu hamil dengan cara yang tepat, tentunya kita juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi masalah ginjal bocor pada ibu hamil beserta apa saja penyebab ginjal bocor pada ibu hamil. Dengan melakukan hal ini, kita bisa mengantisipasi agar ginjal bocor tidak terjadi pada ibu hamil. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari apa saja ramuan tradisional untuk ginjal bocor sebagai salah satu alternatif pengobatannya.

ads

Memangnya apa saja penyebab ginjal bocor pada ibu hamil tersebut? Apa saja yang membuat seorang ibu hamil bisa mengalami ginjal bocor? Sudahkah kamu mengetahuinya? Apabila kamu belum mengetahuinya, maka tidak ada salahnya apabila kita membahas apa saja penyebab yang bisa menjadikan ginjal bocor pada ibu hamil terjadi.

Memangnya apa sajakah penyebab tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Diabetes

Penyakit diabetes adalah salah satu di antara berbagai macam penyebab penyakit ginjal bocor yang terjadi pada ibu yang telah hamil. Penyakit yang satu ini bisa membuat ginjal bekerja dengan terlalu keras, bahkan kehilangan fungsinya, hingga pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya kebocoran pada ginjal ibu hamil. Oleh karena itulah, bagi ibu hamil yang memiliki ciri-ciri atau mengalami penyakit diabetes, harus hati-hati selama masa kehamilannya dan lebih baik apabila segera menyembuhkan dirinya sebelum mengalami kehamilan.

2. Amiloidosis

Selain diabetes, amiloidosis atau amyloidosis adalah salah satu penyebab terjadinya masalah ginjal bocor pada ibu hamil yang lainnya. Amiloidosis merupakan suatu kondisi terdapatnya protein amiloid yang terkumpul dalam organ dalam tubuh, salah satunya adalah organ ginjal. Amiloidosis dapat mengakibatkan terganggunya fungsi penyaringan ginjal, sehingga membuat proses penyaringan ginjal terhambat. Tidak hanya itu, penyakit yang satu ini juga akan menggangu kesehatan jaringan ginjal, sehingga lama kelamaan ginjal akan mengalami masalah kebocoran. Walaupun ginjal bocor bisa disembuhkan, tentunya akan lebih baik apabila hal ini bisa dihindari.

3. Glomerulonefritis

Penyebab ginjal bocor pada ibu hamil berikutnya adalah glomerulonefritis atau disebut pula dengan peradangan ginjal. Penyakit yang satu ini bisa menyebabkan ginjal seseorang mengalami iritasi, atau infeksi, sehingga menyebabkan terjadinya kebocoran pada ginjal seorang ibu hamil. Oleh karena itulah, ibu hamil yang menderita masalah ini, harus waspada karena ginjal mereka bisa mengalami kebocoran sewaktu-waktu.

4. Renal vein thrombosis

Penyakit atau keadaan renal vein thrombosis atau RVT merupakan sebab terjadinya masalah ginjal bocor pada ibu hamil berikutnya. RVT pada dasarnya merupakan suatu keadaan terdapatnya darah yang membeku di jaringan vena. Pembekuan darah di jaringan vena tersebut akan mengakibatkan sirkulasi darah baik keluar ataupun masuk ke dalam ginjal menjadi tidak lancar, sehingga mampu menyebabkan luka pada ginjal seorang ibu yang sedang mengalami kehamilan. Oleh karena itulah penyakit ini harus diatasi dengan cara yang tepat dan cepat, sebelum komplikasi lebih lanjut membuat ginjal seorang ibu mengalami keadaan yang lebih parah termasuk menyebabkan bahaya ginjal bocor.

Sponsors Link

5. Preeclampsia

Selain karena beberapa hal di atas, sebab lain yang bisa menjadi penyebab mengapa ginjal seorang ibu mengalami kebocoran adalah karena preeclampsia. Penyakit yang satu ini pada dasarnya adalah suatu keadaan naiknya tekanan darah yang diikuti dengan masuknya protein ke dalam urine. Pada umumnya, preeclampsia bisa dialami oleh ibu hamil pada minggu ke-20 dalam masa kehamilannya, tetapi gejalanya kadang kala tidak bisa dirasakan oleh sang ibu ataupun penderita preeclampsia pada umunya. Penyakit yang satu ini bisa menyebabkan terjadinya bayak komplikasi penyakit yang lain, seperti misalnya ginjal bocor, ginjal infeksi, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Ginjal Bocor pada Ibu Hamil

Lantas bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ginjal bocor pada ibu yang sedang mengalami kehamilan? Hal ini tentunya juga perlu untuk kita ketahui supaya kita bisa mengatasi masalah ginjal bocor yang terjadi pada ibu hamil. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil yang menderita ginjal bocor, beberapa di antaranya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Istirahat dan menghindari stress

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, ketika menghadapi masalah kesehatan ataupun masalah yang lainnya, adalah melakukan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup sangat diperlukan tidak hanya untuk sang ibu, akan tetapi juga untuk bayi yang ada di dalam kandungan sang ibu agar bisa berkembang dengan baik. Oleh karena itulah, ada baiknya apabila stres juga dihindari oleh sang ibu hamil agar mereka bisa mendapatkan keadaan psikologis yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan mereka. Jangan lupa untuk mengecek apa saja tanaman herbal untuk ginjal bocor yang cocok agar bisa membantu kesembuhan ibu hamil.

Sponsors Link

2. Mengatur pola makan

Selain cara di atas, cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi masalah ginjal bocor pada ibu hamil adalah melakukan diet makan atau mengatur pola makan. Perubahan pola makan pada ibu hamil setidaknya meliputi perubahan pada jenis makan yang mereka makan, yaitu memilih makanan yang tidak memperparah terjadinya akumulasi air di dalam tubuh atau mencegah agar tidak banyak protein yang keluar dalam urine.

Selain kategori di atas, jenis atau kategori berikutnya tentu saja adalah makanan yang bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan sang ibu. Makanan yang mengandung bayak garam harus dikurangi. Selain itu, bisa diberikan putih telur sebagai alternatif sumber protein bagi ibu hamil. Selain itu, manfaat jus seledri untuk ginjal bocor juga mungkin bisa membantu ibu hamil dalam mengatasi masalah ginjal bocor.

Itulah beberapa cara mengatasi ginjal bocor sekaligus penyebab ginjal bocor pada ibu hamil. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu. Selamat menjaga kesehatan ginjal, khususnya bagi ibu hamil!

Sponsors Link
>
, , ,