Sponsors Link

17 Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak, Orang Tua dan Ibu Hamil

Sponsors Link

Ginjal bocor

ads

Penyebab ginjal bocor dan cara mengatasinya penting untuk kita ketahui. Selain karena ginjal merupakan organ yang penting bagi hidup kita, alasan lainnya adalah karena semua orang yang kita sayangi juga memiliki potensi untuk menderita penyakit ginjal.

Penyebab ginjal bocor dan cara mengatasinya pada berbagai kelompok umur dengan demikian perlu untuk kita ketahui. Dengan demikian kita mampu mencegah terjadinya kebocoran ginjal, baik pada diri kita sendiri ataupun pada orang lain yang kita sayangi. Tentu kamu ingin melindungi orang yang kamu sayangi bukan? (Baca juga: Penyebab Ginjal Mengecil)

Ginjal Bocor pada Anak

Anak-anak adalah salah satu kelompok yang cukup rentan untuk terkena ginjal bocor. Sekitar 1 dari 50000 anak-anak terdiagnosa mengalami ginjal bocor, atau dikenal juga dengan sindrom nefrotik setiap tahun.

Penyebab ginjal bocor pada anak

  1. Infeksi seperti HIV atau hepatitis : Infeksi virus dapat mengakibatkan penyakit ginjal bocor pada anak-anak. Salah satu infeksi yang dapat menyebabkan ginjal bocor antara lain infeksi HIV.
  2. Penyakit lupus : Apabila anak anda menderita lupus, anda harus waspada karena penyakit itu pada bebrapa kasus dapat membuat anak-anak menderita penyakit ginjal bocor.
  3. Diabetes : Dibates meruapakan salah satu hal yang dapat mengakibatkan anak-anak menderita penyakit ginjal bocor.
  4. Penyakit anemia sel sabit  : Penyakit anemia sel sabit adalah salah satu penyebab anak-anak menderita ginjal bocor.
  5. Kanker; seperti leukimia, limfoma, myeloma : Beberapa jenis kanker, walaupun jarang terjadi, dapat mengakibatkan anak-anak menderita ginjal bocor.
  6. Luka dalam ginjal : Adanya luka dalam ginjal, seperti infeksi pada sel ginjal, dapat membuat anak-anak menderita ginjal bocor.
  7. Radang dalam ginjal : Peradangan dalam ginjal, atau dikenal juga dengan sebutan glomerulonefritis dapat menyebabkan anak-anak menderita penyakit ginjal bocor.

Cara mengatasi ginjal bocor pada anak-anak

Untuk mengatasi ginjal bocor pada anak-anak, maka anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini. Beberapa di antaranya mungkin membutuhkan biaya yang tidak murah, namun hal ini mampu mengurangi atau meringankan penyakit ginjal bocor yang diderita anak anda. Namun penting untuk anda ketahui bahwa cara-cara dibawah ini bisa saja tidak cocok untuk diterapkan pada anak anda karena kondisi tertentu, sehingga tentu anda harus selalu berkonsultasi dengan pakarnya saat menangani anak-anak yang terkena ginjal bocor.

1. Pemberian steroid 

Anak-anak yang menderita ginjal bocor, biasanya akan diberikan steroid selama beberapa waktu, dengan dosis yang cenderung menurun. Hal ini dilakukan agar mengurangi jumlah protein yang bocor dari ginjal anak-anak ke urinnya. Pada umumnya apabila digunakan dalam jangka pendek, tidak ada dampak jangka panjang yang cukup serius. Namun beberapa anak mungkin akan mengalami kenaikan berat badan, nafsu makan yang meningkat, atau yang lainnya.

2. Mengatur pola makan 

Untuk anak-anak yang menderita ginjal bocor, makanan yang mereka makan haruslah dijaga dengan baik agar tidak memperparah akumulasi air dalam tubuhnya. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung banyak garam di dalamnya, serta menghindari makanan instan. (Baca juga: Makanan Penyebab Sakit Ginjal)

3. Memberikan vaksin 

Vaksin dapat diberikan untuk anak-anak yang menderita ginjal bocor. Salah satunya adalah vaksin pcv atau pneumococcal vaccine. Vaksin yang lain mungkin juga akan dibutuhkan untuk membantu menjaga kondisi anak anda saat terjadi gejala ginjal bocor yang lain.

4. Memberikan diuretik 

Diuretik adalah sejenis obat yang mampu meningkatkan produksi urin dengan cara membantu mengikat air dalam tubuh kita untuk diproduksi sebagai urin. Dengan memberikan diuretik maka anda dapat mengurangi jumlah akumulasi air berlebihan dalam tubuh anak anda.

Sponsors Link

Ginjal Bocor pada Orang Tua

Orang tua juga merupakan salah satu kelompok yang dapat mengalami atau menderita ginjal bocor. Oleh karena itu anda juga harus mengetahui bahwa orang tua anda dapat mengalami penyakit tersebut apabila anda tidak mengeahui penyebab ginjal bisa bocor pada orang tua. Beirkut penyebab ginjal yang bocor pada orang tua dan cara mengatasinya.

Penyebab ginjal bocor pada orang tua

1. Amiloidisis 

Amiloidosis atau amyloidosis adalah kondisi di mana terdapatnya protein amiloid yang terkumpul dalam organ dalam tubuh, salah satunya ginjal. Kondisi ini dapat mengakibatkan fungsi penyaringan ginjal mereka terganggu, sehingga mampu mengakibatkan terjadinya ginjal bocor.

2. Diabetes 

Penyakit diabetes dapat mengakibatkan terjadinya luka dalam ginjal yang dapat menggangu glomeruli ginjal pada orang dewasa atau orang tua. Apabila itu terjadi, maka hal ini dapat mengganggu fungi ginjal dan dapat mengakibatkan ginjal bocor.

3. Gagal jantung 

Pada beberapa jenis gagal jantung, seperti gagal jantung parah, dapat mengakibatkan terjadinya ginjal bocor.

4. Membranous nephropathy 

Membranous nephropathy adalah penyakit ginjal yang terjadi karena menebalkan membran di dalam glomeruli ginjal. Penyebab pasti dari penebalan tersebut masih belum diketahui, namun yang pasti kondisi ini dapat membuat ginjal terganggu sehingga berakibat pada ginjal bocor. (Baca juga: Penyebab Ginjal Bengkak)

5. Pembekuan darah di jaringan darah ginjal 

Pembekuan darah dapat mengakibatkan tertutupnya saluran darah. Apabila hal ini terjadi pada saluran darah di sekitar ginjal, maka hal ini dapat menutup saluran darah yang harusnya masuk ke dalam ginjal. Apabila ini terjadi, maka ginjal bocor berpeluang besar untuk terjadi.

Cara mengatasi ginjal bocor pada orang tua 

Untuk mengatasi ginjal bocor pad aorang tua, dapat dilakukan beberapa hal sebagai berikut.

1. Memberikan diuretik 

Diuretik adalah sejenis obat yang mampu meningkatkan produksi urin dengan cara membantu mengikat air dalam tubuh kita untuk diproduksi sebagai urin. Dengan memberikan diuretik maka anda dapat mengurangi jumlah akumulasi air berlebihan dalam tubuh orang tua.

2. Mengatur pola makan 

Diet makanan yang sehat diperlukan untuk orang tua yang menderita ginjal bocor. Makanan yang mereka makan haruslah dijaga dengan baik agar tidak memperparah akumulasi air dalam tubuh, atau banyaknya protein yang keluar dalam urin. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung banyak garam di dalamnya, sebagaimana dilakukan pada anak-anak. Selain itu juga membatasi konsumsi protein, serta membatasi jumlah air yang diminum agar tidak terlalu banyak.

ads

Ginjal Bocor pada Ibu Hamil

Ibu hamil juga merupakan salah satu golongan yang dapat menderita penyakit ginjal bocor. Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi ginal bocor pada ibu hamil.

Penyebab ginjal bocor pada ibu hamil

1. Diabetes 

Diabetes merupakan salah satu penyebab mengapa ibu hamil dapat menderita ginjal bocor.

2. Amiloidosis 

Amiloidosis atau amyloidosis adalah kondisi di mana terdapatnya protein amiloid yang terkumpul dalam organ dalam tubuh, salah satunya ginjal. Kondisi ini dapat mengakibatkan fungsi penyaringan ginjal mereka terganggu, sehingga mampu mengakibatkan terjadinya ginjal bocor. Pada ibu hamil amiloidisis masih dapat terjadi.

3. Glomerulonefritis 

Peradangan dalam ginjal, atau dikenal juga dengan sebutan glomerulonefritis dapat menyebabkan ibu hamil menderita penyakit ginjal bocor.

4. Renal vein thrombosis

Renal vein thrombosis atau RVT adalah keadaan di mana terdapat darah yang membeku di jaringan vena yang mengakbatkan banyaknya darah yang keluar atau tidak masuk ke dalam ginjal, yang mampu berakibat pada terlukanya ginjal ibu yang sedang hamil. Keadaan ini dapat mengakibatkan terjadinya ginjal bocor pada ibu hamil.

5. Preeclampsia

Preecampsia adalah penyakit pada ibu hamil, di mana tekanan darah naik dan disertai dengan munculnya protein pada urin. Sebagian besar preeclampsia dapat terjadi di minggu ke 20 kehamilan, dan gejalanya tidak dirasakan oleh sang ibu. Preeclampsia dapat mengakibatkan banyak komplikasi penyakit lainnya, termasuk ginjal bocor.

Cara mengatasi ginjal bocor pada ibu hamil 

Berikut adalah beberapa cara mengatasi ginjal bocor pada ibu hamil.

1. Istirahat dan menghindari stress

Istirahat yang cukup sangat diperlukan oleh sang ibu dan bayi yang ada dalam kandungannya. Menghindari stress sebaiknya juga dilakukan, oleh karenanya penting bagi orang terdekat ibu hamil untuk senantiasa ada disisinya baik dalam bentuk menjaga atau berbicara dengannya.

2. Mengatur pola makan 

Diet makanan yang sehat diperlukan untuk ibu hamil yang menderita ginjal bocor. Makanan yang mereka makan haruslah dijaga dengan baik agar tidak memperparah akumulasi air dalam tubuh, atau banyaknya protein yang keluar dalam urin, serta harus mampu mendukung tumbuh kembang sang bayi. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung banyak garam di dalamnya, sebagaimana dilakukan pada anak-anak. Putih telur menjadi salah satu alternatif sumber protein yang bisa dimakan oleh ibu hamil.

Ciri Ciri Ginjal Bocor

Mengetahui ciri-ciri ginjal bocor termasuk salah satu hal yang penting agar kita dapat mengantisipasi atau melakukan tindakan pertolongan pertama lebih cepat pada penderita ginjal bocor. Namun tentu gejala-gejala ini tidak selalu berarti ginjal bocor, anda harus tetap melakukan cek lebih lanjut di rumah sakit terdekat. Beberapa gejala ginjal bocor pada berbagai usia antara lain:

  1. Nafsu makan berkurang
  2. Air kencing berbusa
  3. Sesak nafas karena penimbunan cairan pada rongga yang ada di sekitar paru-paru
  4. Pembengkakan pada lutut dan zakar pada pria
  5. Volume urine berkurang
  6. Infeksi karena adanya peradangan di daerah perut
  7. Tubuh terlihat menggelembung karena terjadi akumulasi cairan pada jaringan-jaringan tubuh
  8. Urin mengandung protein

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Makan makanan yang menyehatkan

Ginjal adalah organ yang tangguh. Dia dapat mengikuti berbagai macam metode diet yang berbeda sekalipun. Namun demikian, menurut penelitian ilmuwan, kebanyakan masalah ginjal bersumber dari kondisi medis lain seperti diabetes, darah tinggi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengikuti kebiasaan makan sehat yang mampu mengontrol berat badan dan tekanan darah. Dengan mencegah diabetes dan munculnya tekanan darah tinggi pada tubuh kita, maka kesehatan ginjal kita akan lebih terjamin.

2. Minum cukup 

Bukan rahasia lagi bahwa air sangat penting untuk tubuh kita. Salah satu nilai penting air adalah mampu menjaga ginjal agar tetap sehat. Dengan meminum air secara cukup maka tubuh kita akan lebih mudah dalam usahanya untuk melarutkan nutrisi ke seluruh tubuh, serta membuang racun dari dalam tubuh kita. Dengan meminum air secara cukup, maka ginjal akan lebih sehat dan mudah dalam bekerja.

Sponsors Link

3. Rajin olahraga 

Olahraga adalah kebiasaan yang penting untuk semua orang. Dengan rain berolahraga, maka fisik kita akan menjadi lebih bugar dan tahan penyakit. Orang yang rajin berolahraga akan memiliki tekanan darah yang cenderung stabil dan tentunya berat badan yang optimal, sebab olahraga dapat mencegah tekanan darah tinggi serta kenaikan berat badan yang berlebihan. Oleh karena itu dengan berolahraga dengan tepat kita akan mampu menjaga kesehatan ginjal kita sendiri. Namun jangan berolahraga terlalu berlebihan, sebab hal itu justru akan membebani kinerja organ tubuh kita, termasuk ginjal, dengan beban yang luar biasa hingga dapat merusak jaringan otot yang kita miliki.

4. Berhenti merokok

Bila kamu adala seorang perokok, maka sebaiknya kamu mengurangi atau bahkan berhenti untuk merokok dari sekarang. Merokok sampai saat ini secara umum dapat membuat pembuluh darah yang kamu miliki rusak, sehingga aliran darah menuju ginjal dapat berkurang. Apabila ginjal tidak memiliki aliran darah yang cukup maka hal itu akan membuat fungsi ginjal terganggu. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan meningkatnya resiko tekanan darah tinggi serta kanker ginjal. Jadi kurangilah dan berhentilah merokok ya.

5. Minum obat sesuai dosis 

Obat adalah hal yang diperlukan saat kita sakit. Namun meminum obat secara berlebihan, malah akan membuat kita semakin rentan sakit. Bila tidak mendesak, kurangilah konsumsi obat-obatan tanpa resep seperti naproxen dan ibuprofen, karena mereka dapat menyebabkan kerusakan ginjal bila terus dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Meminum obat melebihi dosis juga akan membat ginjalmu bekerja ekstra keras untuk mensekresikan obat yang kamu minum. Oleh karena itu hati-hatilah saat meminum obat ya, dengan demikian ginjalmu akan lebih terjaga.

6. Membatasi konsumsi suplemen dan obat herbal 

Selain obat-obatan, suplemen dan obat herbal juga membuat ginjal kamu akan bekerja ekstra keras bila dikonsumsi secara berlebihan. Daripada meminum suplemen atau obat herbal untuk menambah stamina, lebih baik kamu menjaga agar asupan nutrisimu cukup serta banyak minum air putih. Apabila memang kamu terpaksa harus mengonsumsi suplemen atau obat herbal tertentu, diskusikanlah dengan pakarnya agar kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Itulah beberapa penyebab ginjal bocor pada berbagai kalangan dan cara mengatasinya. Semoga dengan membaca artikel ini kita dapat melindungi diri kita dan orang yang kita sayangi dari penyakit ginjal bocor.

Sponsors Link
>
, ,