Sponsors Link

5 Penyebab Ginjal Berpasir – Cara Mengatasi dan Pencegahannya

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang punya peranan penting, yaitu membuang semua racun dan kotoran sisa metabolisme di dalam tubuh menjadi urine. Salah satu penyakit ginjal yang bisa menyerang organ tersebut adalah batu ginjal.

ads

Penyakit batu ginjal terjadi saat ditemukan material keras menyerupai batu di dalam ginjal. Batu ginjal akan menyumbat saluran kemih dan merusak jaringan sistem kemih, terutama saat buang air kecil. Ukuran batu ginjal bermacam macam, mulai dari butiran pasir lembut hingga batu yang besarnya seperti ukuran bola golf.

Ginjal berpasir harus segera ditangani dan disembuhkan. Jika dibiarkan saja, ginjal berpasir bisa menjadi gejala awal penyakit batu ginjal. Butiran pasir dalam ginjal yang lama kelamaan mengendap akan menggumpal menjadi satu menjadi batu ginjal. Untuk itu mari dipahami penyebab ginjal berpasir, bagaimana cara mengatasi, dan langkah pencegahan yang baik untuk penyakit tersebut:

Penyebab Ginjal Berpasir

  1. Faktor Genetik

Pada setiap penyakit, faktor genetik memiliki pengaruh yang cukup besar. Seseorang yang dalam riwayat keluarganya pernah menderita penyakit tertentu, maka punya peluang lebih besar untuk menderita penyakit yang sama dibandingkan dengan mereka yang tidak. Perhatikan macam macam penyakit ginjal bawaan apa saja yang mungkin diturunkan dari keluarga.

  1. Kurang Minum Air Putih

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan. Cairan berfungsi untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh dan membantu membuang racun dari dalam tubuh. Salah satu bahaya kurang minum air putih yang mungkin muncul adalah munculnya butiran pasir dalam ginjal. Hal ini karena kerja ginjal terganggu akibat kekurangan cairan.

  1. Menahan Kencing

Inilah kebiasaan yang menjadi pemicu utama ginjal bengkak dan menjadi penyebab utama infeksi saluran kemih. Menahan kencing bagi sebagian orang tidak dianggap sebagai masalah yang serius. Terkadang seseorang menahan kencing hanya karena malas pergi ke kamar mandi. Padahal bahaya menahan kencing terlalu lama bisa mengancam kesehatan ginjal.

  1. Hipertensi

Mungkin masih ada yang belum familiar dengan hubungan gagal ginjal dan hipertensi. Hipertensi adalah keadaan di mana tekanan darah meningkat karena banyaknya kadar garam dalam urine. Hipertensi bisa menjadi penyebab ginjal berpasir yang harus diwaspadai.

  1. Asam Urat

Penyebab ginjal berpasir berikutnya adalah asam urat. Saat darah kelebihan vitamin D dan kadar kalsium terlalu tinggi, asam urat dalam darah akan naik dan mengganggu kondisi kesehatan ginjal. Di antara banyak akibat yang mungkin terjadi, salah satunya adalah ginjal berpasir.

Cara Mengatasi

  • Daun Sirsak

Daun sirsak adalah tanaman yang sudah terkenal khasiatnya untuk mengobati berbagai macam gangguan ginjal termasuk ginjal berpasir. Ramuan daun sirsak juga secara efektif menurunkan kadar asam urat dalam darah. Cara mengobati ginjal dengan daun sirsak sangat mudah. Rebus daun sirsak dan air hingga mendidih dan biarkan air tersisa 1/3 saja lalu minum ramuan 1 kali sehari.

  • Cuka Apel Murni

Cuka apel murni tinggi kandungan anti oksidan yang bisa mengeluarkan segala bentuk racun dalam tubuh. Manfaat cuka apel lainnya adalah mengurangi infeksi ginjal, menjaga kesehatan ginjal, dan menghancurkan batu ginjal. Jadikan cuka apek sebagai minuman pembersih ginjal yang dikonsumsi secara rutin.

Sponsors Link

  • Kulit Manggis

Sebagai obat tradisional batu ginjal yang sudah terkenal, kulit manggis tidak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk mengatasi ginjal berpasir. Mengonsumsi kulit manggis untuk mengobati ginjal tidak perlu susah, Anda tinggal membeli ekstrak kulit manggis yang banyak dijual di apotek dalam bentuk kapsul.

  • Air Lemon

Selain cuka apel murni, air jeruk lemon juga bisa menjadi obat alami untuk ginjal. Salah satu manfaat lemon untuk batu ginjal yang paling terkenal adalah mampu menghancurkan batu ginjal secara alami dan menyeluruh hanya dalam 3 hari saja, tergantung ukuran batu ginjal. Air lemon dapat dikonsumsi bersama dengan minyak zaitun atau cuka apel murni.

Pencegahan

  • Memakan Makanan yang Tepat

Mencegah ginjal berpasir tentu harus dilakukan secara rutin dan setiap hari. Cara yang paling tepat adalah dengan memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Jangan memakan makanan yang memicu munculnya penyakit pada ginjal seperti makanan tinggi protein dari daging hewan berkaki empat. Sebaiknya makan makanan pencuci ginjal yang terdiri dari berbagai buah dan sayur kaya serat untuk membantu mengeluarkan kotoran dari dalam ginjal.

  • Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat menjadi kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan jauh dari berbagai penyakit. Untuk menjaga organ ginjal, misalnya, lakukan berbagai cara merawat ginjal agar tetap sehat. Cara ini tentu tidak rumit dan cukup mudah dilakukan. Cukup dengan melakukan olahraga secara rutin dan menjauhi kebiasaan merokok serta minuman beralkohol. Menjaga kesehatan ginjal juga bisa dilakukan dengan memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah bahasan mengenai penyebab ginjal berpasir, lengkap dengan cara mengatasi dan langkah pencegahannya. Selalu jaga kesehatan ginjal dan perhatikan gejala yang mungkin muncul dari penyakit ginjal. Jika ginjal sudah terkena penyakit, maka akan sulit untuk mengembalikan kondisinya seperti sedia kala. Biar bagaimanapun mencegah tetap lebih baik daripada mengobati, bukan?

 

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :