Sponsors Link

15 Penyebab Ginjal Bermasalah Beserta Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Setiap orang pasti tidak ingin memiliki ginjal bermasalah. Oleh karena itu segala cara dilakukan agar ginjal tetap sehat. Namun ginjal yang bermasalah bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk kebiasaan kecil yang dilakukan setiap hari. Inilah penjelasan tentang penyebab ginjal bermasalah beserta cara mengatasi dan cara pencegahannya.

ads

Penyebab Ginjal Bermasalah

1. Minum Minuman Beralkohol

Semua orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat yaitu minum minuman beralkohol harus segera meninggalkan kebiasaan ini. Bahaya alkohol bagi ginjal sangatlah tidak baik. Kandungan yang ada di dalam alkohol bisa memberatkan kerja ginjal dan menyulitkan ginjal menyraing racun, serta merusaknya secara perlahan.

2. Infeksi Bakteri

Bakteri bisa masuk dengan mudah ke dalam tubuh melalui berbagai cara. Di antaranya adalah melalui makanan, minuman atau pori pori kulit. Bakteri yang masuk sampai ke ginjal bisa menyebabkan infeksi ginjal. Infeksi yang terjadi bisa menyebabkan masalah yang lebih parah lagi untuk ginjal.

3. Kurang Minum Air Putih

Tubuh kita sangat membutuhkan cairan untuk bisa bekerja dengan baik, begitu juga organ organ yang ada di dalamnya termasuk ginjal. Manfaat air putih untuk ginjal adalah membantu melancarkan urine sehingga tidak terjadi penumpukan sampah di ginjal. Bahaya kurang air putih sangat tidak baik untuk kesehatan ginjal.

4. Merokok

Inilah kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal yang sangat suka dilakukan, terutama oleh kaum pria. Komposisi rokok adalah berbagai bahan yang mengandung racun seperti nikotin dan tar. Kedua zat ini akan mengendap di dalam ginjal secara perlahan dan menyebabkan berbagai macam penyakit ginjal.

5. Mengonsumsi Obat Obatan Warung

Selain menjadi penyebab ginjal bermasalah, obat warung juga menjadi penyebab seseorang mengalami gagal ginjal. Meminum obat secara sembarangan tanpa anjuran dokter tentu sangat berbahaya. Anda tidak tahu apakah komposisi pembuat obat tersebut berbahaya atau tidak, dan apa dampaknya untuk kesehatan ginjal.

Cara Mengatasi Ginjal Bermasalah

1. Daun Sukun

Khasiat daun sukun memang sudah tidak diragukan lagi. Sebagai tanaman obat perawatan ginjal, ramuan daun sukun memiliki banyak khasiat untuk mengatasi ginjal bermasalah. Caranya juga sederhana, tinggal merebus daun sukun bersama air dan meminum air rebusannya secara rutin.

2. Daun Sirsak

Tanaman obat yang alami memang lebih aman untuk mengatasi ginjal yang bermasalah. Menyembuhkan gangguan dan masalah pada ginjal memang menjadi salah satu manfaat daun sirsak untuk ginjal yang wajib diketahui. Meminum ramuan daun sirsak 1 kali sehari cukup untuk mengatasi ginjal bermasalah.

Sponsors Link

3. Daun Keji Beling

Daun keji beling adalah tanaman obat yang sudah sangat terkenal manfaatnya untuk mengatasi ginjal yang bermasalah. Daun ini menjadi tanaman obat untuk ginjal bengkak yang khasiatnya sudah terbukti. Tidak sulit untuk menemukan daun keji beling karena daun ini banyak dijual di toko obat tradisional.

4. Daun Binahong

Anda juga harus tahu manfaat binahong untuk ginjal yang sudah banyak dipercaya sebagai tanaman obat. Berbagai masalah pada ginjal bisa diatasi hanya dengan meminum air rebusan daun binahong. Jika Anda ingin yang praktis, daun binahong banyak dijual sebagai teh di toko obat tradisional.

ads

5. Seledri

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada seledri baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Jika secara rutin diminum masalah pada ginjal akan teratasi. Cara mengobati ginjal dengan seledri bisa dilakukan dengan mengolahnya sebagai jus atau merebusnya bersama air.

Cara Pencegahan Ginjal Bermasalah

1. Banyak Minum Air Putih

Untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh dan meringankan kerja ginjal, minumlah air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Inilah cara merawat ginjal agar tetap sehat yang paling mudah dan sederhana. Minumlah air putih sesuai jumlah yang dianjurkan, yaitu 2 liter sehari.

2. Tidak Menahan Kencing

Setiap kali Anda merasa ingin kencing, segeralah ke kamar mandi. Menahan kencing punya dampak yang tidak baik untuk kesehatan ginjal. Urine akan menumpuk di dalam ginjal dan mengakibatkan bakteri menyebar ke seluruh ginjal, sehingga menyebabkan infeksi ginjal dan saluran kemih.

3. Berhenti Merokok

Ini dia cara merawat ginjal yang harus dilakukan sekarang juga. Hentikan kebiasaan merokok untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Rokok tidak hanya berbahaya bagi ginjal tetapi juga paru-paru. Berusahalah sekeras mungkin untuk menghentikan kebiasaan merokok.

4. Tidak Minum Minuman Beralkohol

Sebagai minuman penyebab gagal ginjal yang berbahaya, alkohol harus dihindari oleh semua orang. Ganti alkohol dengan minuman yang lebih sehat untuk ginjal dan seluruh tubuh. Terus menerus minum minuman beralkohol tidak hanya akan membahayakan ginjal saja, tetapi juga organ tubuh yang lain seperti jantung dan liver. Minuman beralkohol mengandung bahan pengawet yang berbahaya.

5. Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga adalah cara menjaga ginjal agar tetap sehat yang mudah namun besar manfaat dan pengaruhnya. Dengan rajin berolahraga, sel sel yang ada di dalam tubuh akan cepat beregenerasi. Dengan demikian kesehatan tubuh selalu terjaga dan terhindar dari penyakit.

Itulah penjelasan tentang penyebab ginjal bermasalah dilengkapi dengan cara mengatasi dan cara pencegahannya. Jagalah kesehatan ginjal dengan baik agar tidak mudah terkena penyakit dan mengalami masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :