Sponsors Link

6 Penyebab Ginjal Bengkak Sebelah Wajib Diketahui

Sponsors Link

Ginjal bengkak adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini bisa terjadi pada dua sisi ginjal, ataupun hanya pada salah satu bagian ginjal saja. Walaupun demikian, penyakit ginjal bengkak sebelah lambat laun juga bisa mengakibatkan ginjal bengkak pada sisi yang lain ataupun membuat ginjal mengalami masalah lain yang lebih parah. Oleh karena itulah, mengetahui apa saja penyebab ginjal bengkak sebelah sangat penting agar kita bisa menghindari masalah ginjal bengkak sebelah. Dengan cara menyembuhkan ginjal yang rusak, kita juga bisa membantu mengatasi masalah ginjal membengkak dengan tepat.

ads

Apakah kamu telah mengetahui apa saja penyebab ginjal mengalami bengkak sebelah? Apabila kamu belum mengetahuinya, maka memahami penyebab ginjal bengkak sebelah yang satu ini sangat penting agar kamu bisa mengatasi masalah ginjal bengkak dengan cepat. Tentunya hal ini juga bisa membantumu dalam mengatasi berbagai macam masalah ginjal lainnya yang bisa disebabkan karena ginjal bengkak. Dengan kata lain, mencegah ginjal bengkak juga bisa membantumu dalam mencegah terjadinya penyakit ginjal berbahaya yang lain.

Apa saja penyebab ginjal bengkak sebelah dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa membantumu untuk mengetahuinya.

1. Kerusakan kandung kemih

Penyebab ginjal mengalami bengkak sebelah yang pertama kali kita bahas dalam kesempatan kali ini adalah mengenai kerusakan kandung kemih. Kandung kemih yang rusak bisa mempengaruhi berbagai macam hal lain yang kelak juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuhmu. Buat kamu yang ingin ginjal sehat, maka kandung kemih juga harus diperhatikan kesehatannya agar tidak sampai rusak.

2. Penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih

Masalah kedua yang bisa menyebabkan pembengkakan ginjal sebelah adalah penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih. Penyempitan saluran kandung kemih akan membuat cairan urine sulit keluar dari ginjal sehingga bisa mengakibatkan refluks yang cukup parah. Refluks yang parah lambat laun bisa menyebabkan masalah pembengkakan ginjal mengingat cairan urine tidak bis keluar dengan lancar dan akan memenuhi ginjal.

Apabila penyempitan terjadi pada salah satu sisi saluran kemih saja, maka hal ini bisa membuat terjadinya pembengkakan ginjal pada salah satu bagian saja dan tidak seluruhnya. Agar bisa menghindari hal ini, maka pola makan harus dijaga dengan baik agar tidak memicu pertumbuhan atau pembentukan batu oksalat yang bisa menyumbat saluran kandung kemih. Hal ini juga bisa membuatmu mengalami ginjal akut atau ginjal kronis.

3. Prostat membesar secara berlebihan

Pada laki-laki, salah satu penyebab ginjal mengalami pembengkakan adalah prostat yang mengalami pembesaran secara berlebihan. Prostat yang membesar secara berlebihan lambat laun akan menghasilkan efek yang sama dengan penyempitan saluran kandung kemih. Oleh karena itulah kesehatan prostat harus dijaga dengan baik oleh laki-laki sejak dini. Dengan demikian risiko terjadinya pembesaran prostat secara tidak normal bisa berkurang.

4. Infeksi ginjal

Masalah berikutnya yang bisa menjadi salah satu penyebab ginjal bengkak sebelah adalah karena infeksi ginjal. Infeksi ginjal yang terjadi pada salah satu sisi ginjal bisa memicu pembengkakan pada bagian ginjal tersebut, sehingga lambat laun ginjal itu akan benar-benar bengkak dan akhirnya mengalami ginjal bengkak seutuhnya.

Untuk mengantisipasi hal ini, langkah yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan ginjal agar tidak sampai mengalami infeksi dengan cara memakan makanan yang bergizi, olahraga dengan teratur, menjaga kekuatan sistem imun tubuh, dan berbagai hal lainnya.

Sponsors Link

5. Adanya batu ginjal

Penyebab ginjal mengalami pembengkakan pada salah satu sisi berikutnya adalah karena batu ginjal. Batu ginjal adalah salah satu penyebab utama berbagai macam masalah ginjal. Dalam kasus ginjal bengkak sebelah, batu ginjal berperan dalam menyumbat atau membuat infeksi terjadi pada salah satu bagian ginjal sehingga ginjal tersebut lambat laun akan mengalami infeksi yang cukup parah dan pada akhirnya mengalami pembengkakan.

Untuk mengantisipasi hal ini, maka langkah yang perlu dilakukan tentu saja mencegah agar batu ginjal tidak terbentuk, dengan cara menjaga pola konsumsi dan mengurangi makanan yang mengandung kadar oksalat tinggi dan lain sebagainya.

6. Penyempitan atau penyumbatan saluran ureter

Masalah lain yang akan menyebabkan terjadinya pembengkakan ginjal adalah penyempitan atau penyumbatan saluran ureter. Saluran ureter yang tersumbat bisa menghasilkan masalah ginjal bengkak karena hal tersebut akan memicu terjadinya infeksi atau refluks yang lama kelamaan akan memicu pembengkakan pada ginjal. Apabila tidak ditangani dengan baik, lambat laun hal ini akan menjadi masalah ginjal bengkak secara total atau menyeluruh.

Sponsors Link

Pengobatan Ginjal Bengkak Sebelah

Lantas apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi ginjal yang bengkak sebelah? Tentunya hal ini juga perlu diketahui agar kita bisa mengatasi masalah ginjal bengkak sebelah dengan cara yang tepat. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati ginjal bengkak sebelah antara lain adalah sebagai berikut:

  • Meminum ramuan air seduhan daun alpukat
  • Meminum ramuan air rebusan daun sirsak
  • Meminum ramuan air rebusan daun tempuyung
  • Mengonsumsi uva ursi
  • Meminum ramuan air rebusan kulit manggis
  • Meminum ramuan air rebusan daun kumis kucing
  • Olahraga dengan rutin
  • Mengonsumsi ramuan air rebusan akar alang-alang

Itulah berbagai macam cara untuk mengobati atau mengatasi penyebab ginjal bengkak sebelah. Dengan melakukan berbagai macam hal di atas, semoga kamu bisa mengatasi masalah ginjal bengkak sebelah ya. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli agar kamu bisa mencegah dan juga mengatasi masalah ginjal bengkak sebelah dengan tepat. Jangan lupa pula untuk mempelajari gejala ginjal bermasalah.

Selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,