Sponsors Link

6 Penyebab Ginjal Bengkak dan Pengobatannya

Sponsors Link

Ginjal bengkak adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang bisa menyerang berbagai macam orang. Mulai dari laki-laki, perempuan, anak kecil, orang tua dan berbagai macam subjek lainnya yang bisa terkena penyakit ginjal. Oleh karena itulah, mengetahui apa saja penyebab ginjal bengkak dan pengobatannya adalah salah satu hal yang perlu dilakukan oleh hampir semua orang. Dengan mengetahui hal tersebut dan juga cara menyembuhkan ginjal yang rusak, kita bisa menghadapi penyakit ginjal bengkak dengan lebih baik dibandingkan dengan tidak mengetahui apa saja penyebab ginjal mengalami pembengkakan beserta pengobatannya.

ads

Memangnya apa sajakah penyebab ginjal bengkak dan pengobatannya? Apakah kamu telah mengetahuinya atau belum? Apa saja hal yang perlu kita hindari agar kita tidak sampai terkena penyakit ginjal bengkak? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka ada baiknya apabila kamu membaca artikel ini sampai tuntas. Dengan melakukan hal ini, kamu pasti akan mengetahui apa saja penyebab ginjal mengalami pembengkakan beserta bagaimana cara untuk mengatasi masalah ginjal bengkak.

Tanpa memperlama waktu lagi, selamat membaca di bawah ini ya!

Penyebab Ginjal Bengkak

Hal pertama yang akan kita bahas tentu saja mengenai penyebab ginjal mengalami pembengkakan. Dengan mengetahui hal ini, setidaknya kita akan tahu bahwa hal-hal berikut ini harus kita hindari agar kita bisa terhindar dari masalah ginjal bengkak. Tentunya kita juga harus memastikan bahwa hal-hal di bawah ini tidak terjadi pada orang yang kita sayangi apabila kita pun ingin melindungi mereka dari ginjal bengkak.

Apa saja penyebab ginjal bengkak? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Kerusakan kandung kemih

Salah satu penyebab kerusakan ginjal adalah karena kerusakan kandung kemih. Kandung kemih yang rusak akan mengganggu proses produksi urine dan penyaluran urine dari ginjal ke kandung kemih atau ke saluran yang lain. Apabila kerusakan ini terus terjadi, ada kemungkinan hal ini akan memicu terjadinya kerusakan pada ginjal, seperti pembengkakan ginjal, dan berbagai macam kerusakan ginjal yang lain.

Untuk menghindari kerusakan kandung kemih, kamu harus memiliki pola hidup yang sehat, olahraga yang rutin, dan mengikuti berbagai macam saran dokter untuk memiliki pola hidup yang baik.

2. Penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih

Penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih adalah masalah lain yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal dan juga pada kandung kemih. Karena penyumbatan ini, akan membuat proses mengalirnya urine menjadi tidak lancar sehingga bisa terjadi refluks. Lambat laun hal ini akan membuat ginjal mengalami pembengkakan karena kelebihan cairan di dalam ginjal. Oleh karena itulah, penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih harus dihindari dengan baik.

3. Prostat membesar secara berlebihan

Salah satu penyebab ginjal bengkak pada laki-laki adalah karena prostat yang membesar secara berlebihan. Prostat yang membesar secara berlebihan bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pada saluran kencing, sehingga membuat ginjal mudah membengkak karena terjadinya refluks.Hal ini juga bisa membuatmu mengalami ginjal akut atau ginjal kronis. Oleh karena itulah, pembengkakan pada prostat harus bisa dihindari dengan cara olahraga dengan rutin, dan berbagai macam cara lainnya. Jangan lupa untuk mengikuti saran dokter ya.

Sponsors Link

4. Infeksi ginjal

Masalah berikutnya yang bisa menyebabkan ginjal bengkak adalah infeksi ginjal. Walaupun penyebab ginjal bengkak dan pengobatannya bisa membuat ginjal bengkak sembuh, ada baiknya apabila masalah yang satu ini dihindari sejak dini mengingat berbagai macam dampak yang ditimbulkannya pada ginjal dan pada tubuh pada umumnya cukup buruk. Infeksi ginjal juga bisa memicu sakit ginjal yang lain seperti gagal ginjal, dan lain sebagainya.

5. Adanya batu ginjal

Selain masalah di atas, kita juga mengalami ginjal bengkak karena memiliki batu ginjal. Batu ginjal adalah salah satu jenis penyebab ginjal mengalami masalah yang paling berbahaya. Batu ginjal bisa menyebabkan ginjal bengkak, ginjal infeksi, gagal ginjal, dan berbagai macam masalah lain yang harus kita hindari. Oleh karena itulah, menghindari batu ginjal adalah keharusan bagi semua orang.

6. Penyempitan atau penyumbatan saluran ureter

Penyebab berikutnya adalah penyempitan atau penyumbatan saluran ureter. Hal ini akan memicu terjadinya pembengkakan ginjal mengingat air kencing atau urine akan kembali ke dalam ginjal karena ureter tersumbat. Lambat laun hal ini pun akan menghasilkan ginjal bengkak.

Sponsors Link

Pengobatan Ginjal Bengkak

Lantas bagaimana caranya untuk mengobati masalah ginjal bengkak ini? Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ginjal bengkak, beberapa di antaranya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Meminum ramuan air seduhan daun alpukat
  • Meminum ramuan air rebusan daun sirsak
  • Meminum ramuan air rebusan kulit manggis
  • Meminum ramuan air rebusan daun kumis kucing
  • Mengonsumsi ramuan air rebusan akar alang-alang
  • Meminum ramuan air rebusan daun tempuyung
  • Mengonsumsi uva ursi
  • Olahraga dengan rutin

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengobati ginjal bengkak. Dengan demikian, itulah beberapa penyebab ginjal bengkak dan pengobatannya yang bisa kita bahas dari artikel kali ini. Semoga bisa membantumu dalam mengatasi ginjal bengkak ya. Jangan lupa, segera periksakan diri ke dokter apabila telah diketahui bahwa kamu mengidap ginjal bengkak atau merasakan gejala ginjal bengkak dan jangan lupa pula mempelajari gejala ginjal bermasalah.

Selamat menjaga kesehatanmu!

Sponsors Link
>
, ,