Sponsors Link

20 Penyebab Ginjal Bengkak dan Pengobatannya

Sponsors Link

Penyebab Ginjal BengkakGinjal merupakan salah satu organ di dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi yang sangat penting pada tubuh manusia. Ginjal berjumlah 2 buah dan berukuran segenggaman tangan orang dewasa.

ads

Bentuk ginjal bisa digambarkan seperti kacang. Dua ginjal ini berkoordinasi satu sama lain. Meskipun manusia dapat hidup dengan satu ginjal, namun manusia yang hidup dengan satu ginjal akan merasa cepat lelah dan tidak memiliki stamina sekuat orang orang yang memiliki ginjal yang utuh.

Oleh sebab itu kita harus menjaga kesehatan ginjal kita dengan melakukan olahraga yang teratur dan makan makanan yang bergizi dan sehat. Namun, tidak sedikit orang yang memiliki kelainan pada ginjalnya. Ada beberapa penyakit yang menyerang ginjal, diantaranya gagal ginjal dan juga pembengkakan ginjal. Ginjal dapat terkena kerusakan yang dapat membuat fungsi ginjal tersebut melemah.

Baca juga :

Salah satu kerusakan yang terjadi pada ginjal yaitu pembengkakan ginjal atau yang bisa disebut hidronefrosis. Hidronefrosis merupakan penumpukan urine yang terjadi pada salah satu ginjal atau penumpukan pada kedua ginjal. Penumupukan urine di ginjal ini akan menyebabkan urine tidak di proses sebagaimana mestinya dan akan kembali ke ginjal dan akan menyebabkan pembengkakan pada ginjal.

Hal hal dibawah ini Penyebab Ginjal Bengkak :

  1. Bawaan dari Lahir

Pembengkakan ginjal tidak hanya terjadi pada orang yang sudah dewasa saja, pembengkakan ginjal bahkan dapat menyerang anak anak yang masih dalam kandungan. Ginjal yang membengkak bisa terjadi sejak lahir, disebabkan adanya kelainan atau kerusakan pada saluran kemih. Misalnya penyempitan saluran ureter dimana saluran ini menghubungkan antara ginjal dan kandung kemih. Namun, untuk kasus ginjal yang bengkak yang dibawa sejak lahir jarang ditemukan

  1. Pembekuan Darah

Penyebab ginjal yang membengkak diantaranya disebabkan oleh darah yang  membeku. Darah yang membeku ini yang dapat menyebabkan tersumbatnya zat zat yang seharusnya dibawa melalui ginjal tidak dapat melaluinya dan akan menjadi sebuah tumpukan di ginjal. Kejadian inilah yang membuat ginjal membengkak. Jika dilihat dari fisik seseorang pembengakan ginjal memiliki ciri ciri yaitu membengkaknya pinggang sesorang.

  1. Terdapat Tumor pada Ureter

Tumor berupa kumpalan daging yang besar. Ureter merupakan saluran terpenting yang menjadi penghubung antara kandung kemih dan ginjal. Dengan terjadinya tumor ureter dapat menyebabkan penyumbatan menuju kandung kemih, sehingga ginjal menjad bengkak.

  1. Trauma Ginjal

Ginjal dapat mengalami trauma akibat sesuatu yang pernah terjadi kepada sesorang dan mengenai fungsi ginjal. Trauma ginjal bisa terjadi biasanya karena sesorang pernah terjatuh dengan kerasnya  atau mengalami kecelakaan yang parah. Kecelakaan ini yang membuat fungsi ginjal melemah.

  1. Batu Ginjal

Batu ginjal atau dalam istilah ilmiahnya disebut Nefrolitiasis, adalah sebuah kejadian atau peristiwa dimana terdapat gumpalan gumpalan zat zat yang tidak dapat tersaring didalam ginjal. Batu ginjal dapat berukuran kecil namun bisa juga membesar. Apabila batu ginjal sudah membesar maka akan menyumbat saluran ureter yang menyebabkan pembengkakan ginjal.

Sponsors Link

  1. Terlilitnya Sambungan Ureteropelvik

Penyebab Ginjal Bengkak yaitu Sambungan ureteropelvik yang terlilit ini dapat disebabkan karena adanya pergeseran ginjal kearah bawah, bergesernya ginjal ini menyebabkan terganggunya aliran zat zat menuju kandung kemih dan terjadi penumpukan. Penumpukan yang terjadi di daerah ureter maupun ginjal dan juga kantung kemih merupakan hal hal utama yang menyebabkan membesarnya ukuran ginjal. karena ketiga hal itu merupakan suatu kesatua.

  1. Perbedaan Ketinggian masuknya Ureter ke saluran Pelvis Renalis.

Ureter yang menjadi saluran penghubung yang membawa zat zat yang berada di dalam ginjal menuju kantung kemih menjadi kunci utama. Ketidaknormalan terjadi ketika ureter masuk ke saluran pelvis renalis yang lebih tinggi. Sehingga zat zat yang seharusnya di bawa ke kantung kemih harus kembali lagi ke ginjal dan terjadi penumpukan di ginjal.

  1. Adanya Kelainan di Otot Saraf Kandung Kemih

Kandung kemih merupakan tempat penampungan zat zat yang dibawa oleh ginjal, namun apabila terjadi kerusakan pada kandung kemih ini akan menyebabkan pembengkakan pada ginjal. Karena jika terdapat kelainan pada kandung kemih kandung kemih tidak dapat menampung zat zat tersebut sehingga zat zat itu akan menumpuk dan kembali lagi ke ginjal.

  1. Kelainan pada Saluran Ureter

Ureter merupakan penghubung antara kandung kemih dan ginjal, dengan memegang peran penting ini. Kelainan pada saluran ini akan menyebabkan kerusakan pula pada kandung kemih dan juga ginjal.

ads
  1. Peradangan di Saluran Kemih

Saluran kemih yang mengalami peradangan akan menyebabkan ketidakmaksimuman fungsi kerja saluran kemih, dan akan mengakibatkan kerusakan pada organ organ yang berhubungan.

  1. Infeksi Ginjal

Meskipun organ dalam namun bukan berarti ginjal tidak dapat terinfeksi. Ginjal dapat terinfeksi tanpa kita sadari datangnya. Dengan terinfeksinya ginjal maka kerja ginjal akan terhambat, dengan begitu fungsinya untuk menyalurkan zat zat tidak dapat berjalan dengan baik dan menyebabkan ginjal itu sendiri membengkak.

  1. Adanya Kista di Ginjal

Kista yang terdapat pada ginjal akan menyebabkan mengembungnya ginjal itu sendiri. Seperti batu ginjal, kista di ginjal juga menjadi penghalang yang akan mempersembit ruang kerja ginjal

  1. Ureter yang Menyempit

Dengan menyempitnya ureter maka akan menghambat aliran zat zat dari ginjal menuju ke kantung kemih sehingga zat zat itu akan tertahan di ginjal dan akan menyebabkan ginjal yang membesar.

  1. Batu Ureter

Salah salu batu yang terdapat di saluran antara ginjal dan juga kandung kemih ialah batu ureter, sama seperti batu ginjal batu ureter juga akan menghambat kerja ginjal.

  1. Prostat yang Membesar

Prostat memiliki pengaruh  yang besar terhadap kesehatan dan juga fungsi ginjal. Gejala ini dialami oleh kaum lelaki, urin yang dikeluarkan tidak teratur dan tersendat bahkan susah mengeluarkan urin.

  1. Tumor Ginjal

Pada usia 50 tahun ke atas akan lebih mudah terserang tumor ginjal. Sama seperti tumor yang terjadi pada ureter, tumor ginjal akan mempengaruhi keluasan dari saluran ureter itu sendiri.

  1. Adanya kanker di saluran ureter dan sekitarnya

Kanker yang terdapat pada saluran ureter dan sekitarnya akan mematikan fungsi kerja organ organ yang ada disekitarnya, sebelumnya akan ada kerusakan kerusakan yang terjadi pada organ organ.

  1. Produksi urine yang berlebihan pada bayi dalam masa kandungan

Pembengkakan ginjal yang terjadi pada bayi yang baru saja lahir diperkirakan terjadi karena pada masa akhir kehamilan bayi memproduksi urine yang terlalu berlebih sehingga menyebabkan ginjal membesar.

Sponsors Link

  1. Arteri atau Vena yang Posisinya tidak Normal

Letak arteri atau vena yang abnormal ini dapat menyebabkan penekanan pada ureter, penekanan ini akan memperkecil saluran ureter in

  1. Perubahan Kadar Hormon

Kadar hormon yang berubah dapat menganngu kerja saluran ureter.  hormon yang tidak stabil akan membuat salurat ureter beradaptasi dengan hormon tersebur, dengan tidak berfungsi dengan maksimum saluran ureter akan menahan zat zat yang harus dibawa ginjal menuju kandung kemih.

Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Begitu banyak hal hal yang dapat menyebabkan ginjal membengkak, cara yang terbaik adalah mencegah penyakit dengan hidup sehat dan memperhatikan kesehatan ginjal. Namun, apabila penyakitnya sudah terjadi pada tubuh seseorang maka pengobatan harus dilakukan. Cara mengobati ginjal yang bengkak berbeda beda dan harus dikonsultasikan dulu kepada dokter.

Dikarenakan penyebab ginjal bengkak yang terjadi pada setiap orang berbeda beda, maka penanganannya pun berbeda beda pula. Apabila pembengkakan ginjal disebabkan oleh kista maupun tumor maka cara yang paling tepat untuk mengobatinya ialah dengan antibiotik. Antibiotik ini akan menghambat pertumbuhan kista dan tumor. Lain juga bila pembengkakan ginjal disebabkan oleh adanya batu ginjal, maka akan dilakukan penghancuran batu ginjal tersebut agar mempelancar saluran ureter.

Selanjutnya juga ada cara lain yaitu katerisasi. Katerisasi merupakan pengeringan urine yang ada di dalam ginjal sehingga ginjal dapat kembali ke bentuk normal. Selain itu juga ada cara lain diantaranya pengangkatan prostat bagi kaum laki laki dikarenakan prostat menjadi salah satu penyebab bengkaknya ginjal. Ginjal yang membengkak dapat juga terjadi pada ibu hamil, namun biasanya akan sendirinya berlalu setelah melahirkan.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :