Sponsors Link

3 Penyebab Ginjal Batu – Cara Mengobati dan Pencegahannya

Sponsors Link

Menjaga kesehatan ginjal adalah hal penting yang harus dilakukan oleh semua orang. Organ ginjal memiliki fungsi utama yaitu menyaring kotoran yang ada di dalam ginjal dan membuang semua zat sisa metabolisme yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi ini tidak bisa digantikan oleh anggota tubuh yang lain. Jika ginjal kehilangan fungsinya, makan kesehatan tubuh secara keseluruhan akan ikut terganggu.

ads

Selama ini, penyakit batu ginjal adalah yang paling dikenal oleh masyarakat. Namun penyakit ini bukanlah satu satunya, karena masih banyak penyakit berbahaya lain yang bisa membahayakan ginjal. Yaitu kondisi ginjal batu, yaitu ketika ginjal mengeras dan tidak bisa bekerja lagi dengan baik. Istilah ginjal batu mungkin masih asing untuk Anda. Nah mari kita ketahui bersama penyebab ginjal batu beserta cara mengatasi dan pencegahannya.

Penyebab Ginjal Batu

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menjadi penyebab ginjal batu:

1. Ginjal Kering

Penyebab ginjal batu yang pertama adalah adalah ginjal kering. Penyakit ini bisa dikatakan sebagai penyakit ginjal yang cukup serius. Salah satu pemicu utama penyakit ini adalah suka minum minuman bersoda, sering begadang, dan suka makanan pedas. Dibandingkan wanita, laki laki lebih beresiko terkena penyakit ini. Ginjal kering adalah hilangnya cairan pada ginjal karena berbagai sebab sehingga kerja ginjal menjadi lebih berat.

Dampaknya adalah produksi urine menjadi berkurang. Dengan demikian, pembuangan zat zat racun dan kotoran di dalam tubuh juga terhambat sehingga terjadi penumpukan kotoran di dalam tubuh. Selain itu ginjal kering akan menyebabkan dehidrasi yang parah pada tubuh.

2. Ginjal Mengecil

Ginjal mengecil adalah salah satu dampak yang dirasakan akibat ginjal rusak. Fungsi ginjal yang terus menurun karena ginjal rusak menyebabkan ukurannya terus berkurang hingga mengecil. Dampak yang paling besar yang dirasakan karena ginjal mengecil adalah terganggunya akitivitas sehari hari karena tubuh mudah lemah dan lelah. Jika ukuran terus mengecil, ginjal akan membatu dan tidak bisa berfungsi sama sekali.

Ginjal mengecil dapat segera diatasi jika baru sampai pada tahap awal saja. Yaitu dengan cara mengobati kerusakan yang ada pada ginjal agar tidak sampai parah dan mengganggu fungsi ginjal secara keseluruhan.

3. Gagal Ginjal

Kondisi dimana ginjal mengalami penurunan fungsi secara terus menerus hingga tidak bisa bekerja sama sekali disebut dengan gagal ginjal. Jika seseorang mengalami gagal ginjal, maka fungsi ginjalnya harus digantikan dengan benda lain, seperti mesin. Cuci darah adalah solusi sementara bagi gagal ginjal, karena solusi yang terbaik untuk mengobati gagal ginjal adalah dengan cara melakukan cangkok ginjal.

Cara Mengatasi

Ginjal batu dapat diatasi dengan cara cara seperti di bawah ini:

  • Cuci Darah. Cuci darah atau hemodialisis menjadi pilihan banyak orang sebagai prosedur medis yang ampuh untuk mengobati gagal ginjal. Manfaat cuci darah adalah sebagai pengganti fungsi ginjal dalam membersihkan darah. Proses hemodialisis yang harus dijalani pasien adalah dengan menyambungkan selang dan jarum dari tubuh ke mesin.
  • Transplantasi Ginjal. Solusi yang tepat untuk semua penyakit yang menyerang ginjal adalah transplantasi ginjal atau cangkok ginjal. Mengganti ginjal yang telah rusak dengan ginjal yang baru akan memulihkan fungsi ginjal seperti sedia kala. Namun lantaran biaya transplantasi ginjal yang sangat mahal, tidak semua orang bisa menjalani prosedur ini.
  • Ramuan Daun Sukun. Sementara khasiat daun sukun untuk gagal ginjal tidak perlu diragukan lagi, masih banyak manfaat daun sukun yang dimanfaatkan sebagai cara mengobati ginjal dengan daun sukun. Minum air rebusan daun sukun sebagai ramuan yang bisa mengobati berbagai permasalahan pada ginjal.
    Sponsors Link

Pencegahan

Sebelum ginjal batu terjadi, beberapa langkah pencegahan harus dilakukan. Inilah langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah ginjal batu.

  • Minum Air Putih. Air putih adalah obat hampir bagi segala penyakit karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Bahaya kurang minum air putih antara lain adalah terganggunya sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan. Selain itu, akibat dehidrasi yang tidak kalah berbahaya adalah ginjal mengering dan tidak bisa berfungsi dengan baik.
  • Menjauhi Minuman Bersoda. Meski sangat menyegarkan, minuman bersoda termasuk minuman penyebab gagal ginjal yang harus dihindari. Bahaya minuman bersoda bagi ginjal cukup besar, karena kandungan bahan pengawet yang ada di dalam ginjal akan memberatkan kerja ginjal dan bisa merusaknya perlahan.
  • Berhenti Merokok. Komposisi rokok adalah racun bagi tubuh. Merokok sama saja seperti memasukkan racun ke dalam tubuh. Tidak bisa berhenti merokok sama saja dengan menumpuk racun di dalam ginjal dan bisa menyebabkan kerusakan pada organ penting tersebut.

Itulah penjelasan tentang penyebab ginjal batu yang dilengkapi dengan cara mengatasi dan pencegahannya. Namun tetap saja, cara terbaik adalah dengan menjaga kesehatan ginjal dengan maksimal. Tujuannya agar ginjal tetap sehat dan jauh dari penyakit.

Cara merawat ginjal agar tetap sehat sebenarnya sederhana dan tidak rumit. Hindari saja semua kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal seperti merokok dan minum minuman keras. Jika Anda rajin menjalani hidup sehat, maka ginjal yang bebas dari gangguan penyakit akan jadi milik Anda.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :