Sponsors Link

5 Penyebab Ginjal Akut Wajib Diketahui

Sponsors Link

Gagal ginjal akut dan ginjal kronis adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang paling berbahaya yang bisa menyerang banyak orang. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, lansia sampai balita, semuanya memiliki potensi yang sama untuk terkena gagal ginjal akut. Mengetahui hal ini, tentunya kita perlu mengetahui apa saja penyebab ginjal akut sehingga kita bisa mengatasinya atau menghindarinya. Dengan demikian, kita bisa terhindar dari masalah gagal ginjal akut yang mungkin akan kita alami.

ads

Apa saja masalah yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal akut tersebut? Apakah kamu telah mengetahuinya? Apakah kita bisa menghindarinya dan bagaimana cara kita menghindarinya? Untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas, tentunya kamu harus membaca artikel ini sampai tuntas karena kamu akan menemukan sebagian jawaban yang penting untuk menjawab pertanyaan di atas.

Tanpa memperlama waktu lagi, berikut ini adalah beberapa penyebab ginjal akut yang bisa kita ketahui dan bisa kita hindari untuk mencegah terjadinya penyakit gagal ginjal akut pada diri kita, orang yang kita sayangi, ataupun orang lain. Selamat membaca ya!

1. Kerusakan kandung kemih

Salah satu penyebab tidak langsung dari gagal ginjal akut adalah terjadinya kerusakan kandung kemih. Kerusakan kandung kemih merupakan salah satu penyebab utama terjadinya masalah ginjal bengkak. Hal itu terjadi karena air kencing atau urine tidak bisa keluar dengan sempurna dan bisa mengakibatkan refluks. Apabila hal ini terjadi dengan sering, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi pembengkakan ginjal yang pada suatu titik akan mengakibatkan terjadinya gagal ginjal karena kerusakan yang ditimbulkan terlalu parah.

Untuk mencegah agar kerusakan kandung kemih tidak terjadi, maka salah satu langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membuang urine tepat waktu atau dengan kata lain tidak menunda-nunda membuang urine, dan juga mengikuti berbagai macam saran dokter yang ahli lainnya. Dengan demikian kita bisa menghindari kerusakan kandung dengan lebih baik.

2. Penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih

Hal berikutnya yang bisa menjadi salah satu penyebab dari masalah gagal ginjal akut adalah karena penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih. Penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih ini akan memicu terjadinya pembengkakan ginjal mengingat air urine tidak bisa dikeluarkan dengan lancar. Apabila hal ini terus berlanjut, maka hal berikutnya yang mungkin terjadi adalah gagal ginjal akut yang pastinya akan mengganggu kesehatan tubuhmu.

Untuk mengatasi atau mencegah agar hal ini tidak terjadi, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan operasi, atau mencegah agar tidak terlalu banyak memakan makanan yang bisa memicu penyumbatan pada saluran kemih (batu ginjal).

3. Infeksi ginjal

Penyebab ginjal akut berikutnya adalah infeksi ginjal. Infeksi ginjal akan membuat bagian-bagian ginjal mengalami luka tertentu, sehingga tentu saja lama kelamaan hal itu akan membuat ginjal semakin sulit untuk berfungsi dan pada akhirnya akan mengalami kerusakan yang cukup parah. Pada saat itu terjadi, maka infeksi ginjal akan menyebabkan gagal ginjal akut yang akan mengancam kesehatan tubuh penderita gagal ginjal akut tersebut.

Sponsors Link

Untuk menghindari infeksi ginjal, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah menjaga konsumsi dengan baik dan juga menghindari berbagai makanan yang bisa menyebabkan infeksi pada ginjal. Sistem kekebalan tubuh juga harus dijaga dengan baik agar bisa membantu menjaga kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengikuti saran dokter yang terpercaya.

4. Adanya batu ginjal

Penyebab berikutnya dari ginjal akut adalah batu ginjal. Telah kita ketahui bersama bahwa batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit sekaligus penyebab berbagai macam sakit ginjal yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Batu ginjal bisa membuat ginjal mengalami pembengkakan, infeksi, dan berbagai masalah lain yang bisa memicu munculnya gagal ginjal akut. Oleh karena itulah kita harus menjaga agar tidak sampai terbentuk batu ginjal yang besar dan mengacaukan fungsi ginjal kita.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pembentukan batu ginjal antara lain adalah buang air kecil dengan tepat waktu, mengurangi konsumsi makan beroksalat tinggi, dan berbagai macam cara lainnya.

Sponsors Link

5. Penyempitan atau penyumbatan saluran ureter

Masalah berikutnya yang bisa menjadi salah satu penyebab ginjal akut adalah penyempitan atau penyumbatan saluran ureter. Penyempitan atau penyumbatan saluran ureter bisa memicu gangguan ginjal seperti rerfluks yang lama kelamaan akan memicu terjadinya masalah ginjal. Apabila hal tersebut berlangsung terus menerus, maka tidak dapat dipungkiri kelak akan terjadi gagal ginjal akut yang berbahaya dan bisa mengancam kesehatan ginjal. Oleh karena itulah, kita perlu mencegah agar hal ini tidak terjadi sehingga bisa menyebabkan masalah ginjal akut.

Itulah beberapa hal mengenai penyebab ginjal akut yang harus kita hindari. Tentunya kita harus melakukan berbagai macam tindakan pencegahan ataupun pengobatan yang lebih baik untuk memastikan agar ginjal akut yang bisa kita hadapi tersebut bisa dihadapi dengan baik, seperti mengidentifikasi sejak awal dengan melihat gejala ginjal bermasalah. Semoga beberapa hal di atas bisa membantu mengatasi masalah gagal ginjal akut yang mungkin akan kita hadapi nantinya.

Sponsors Link
>
, , , ,