Sponsors Link

5 Penyebab Gagal Ginjal Pada Ibu Hamil – Ciri dan Pengobatannya

Sponsors Link

Ibu hamil berada pada kondisi yang lemah dan sensitif, sehingga bisa menjaga kesehatannya dengan baik. Kondisi kesehatan ibu hamil akan berpengaruh langsung pada kondisi kesehatan bayi. Ibu hamil juga rentan terkena penyakit ginjal, mulai dari batu ginjal, infeksi ginjal, bahkan gagal ginjal sekalipun.

ads

Seperti yang sudah diketahui, gagal ginjal adalah sebuah kondisi di mana ginjal mengalami penurunan fungsi, dan lama kelamaan tidak bisa berfungsi sama sekali. Pada tahap ini seseorang harus melakukan cuci darah untuk mengeluarkan semua racun yang ada dalam tubuh.

Terdapat beberapa kondisi pada ibu yang sedang hamil sehingga menyebabkan ia terkena penyakit gagal ginjal. Berikut adalah penjelasan tentang penyebab gagal ginjal pada ibu hamil yang mungkin terjadi:

1. Penyempitan Saluran Kemih

Ibu hamil mengalami perubahan fisik yang sangat drastis. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka ukuran rahim akan semakin membesar. Inilah yang bisa menekan saluran kemih dan membuat saluran urine tersebut menyempit. Jika aliran urine keluar dari ginjal menjadi tidak lancar, maka akan terjadi gangguan ginjal yaitu refluks, ketika urine yang siap dikeluarkan dari dalam tubuh justru kembali naik ke ginjal.

Jika keadaan ini dibiarkan terus menerus akan menyebabkan penyakit ginjal yang lebih parah lagi. Lama kelamaan fungsi ginjal akan menurun, yang merupakan gejala awal penyakit ginjal yang bisa menyebabkan gagal ginjal.

2. Ginjal Bengkak

Ginjal bengkak adalah sebuah kondisi di mana urine menumpuk di dalam organ ginjal dan tidak bisa dikeluarkan dari tubuh. Baik ginjal bengkak sebelah kanan maupun sebelah kiri sama berbahayanya bagi ibu hamil. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh penyempitan atau penyumbatan pada saluran kemih atau infeksi ginjal. Penumpukan urine pada ginjal dapat memicu berkembangnya bakteri dan akhirnya mengganggu fungsi ginjal pada tubuh ibu hamil. Fungsi ginjal yang terus menurun adalah salah satu penyebab gagal ginjal yang paling utama.

Namun kasus ginjal bengkak pada ibu hamil masih sangat jarang ditemui. Ginjal bengkak dapat disembuhkan dengan cara pemasangan kateter, pemasangan stent, serta radioterapi dan kemoterapi.

3. Ginjal Kering

Penyakit ginjal kering merupakan salah satu akibat dehidrasi yang sangat berbahaya, karena bisa menjadi penyebab gagal ginjal pada ibu hamil. Ginjal kering adalah kondisi di mana ginjal kekurangan cairan yang bisa diproduksi menjadi urine. Penyakit ini banyak menyerang seseorang yang suka minuman bersoda tanpa menyadari bahaya minuman bersoda bagi ginjal.

Namun pada kasus ibu hamil, dehidrasi biasanya disebabkan kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh. Ibu hamil harus memastikan cairan yang diminum bisa mencukupi kebutuhannya dan jabang bayi yang ada di dalam kandungan. Jangan sampai semua cairan masuk ke dalam janin namun ginjal tidak memiliki cairan cukup untuk memproduksi urine. Kurangnya cairan di dalam ginjal menyebabkan penumpukan racun dan limbah yang bisa membuat kesehatan ginjal menurun.

Sponsors Link

4. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal dan saluran kemih termasuk ke dalam penyakit yang mudah menyerang ibu hamil. Penyebab infeksi ginjal tentu karena bakteri yang masuk melalui saluran kemih dan menyebar hingga ke ginjal. Penyebaran bakteri ini tentu saja berpengaruh langsung terhadap kinerja organ ginjal dalam tubuh ibu hamil. Infeksi membuat produksi urine menurun dan penyebaran bakteri semakin menjadi di dalam ginjal.

Perubahan fisik pada wanita ketika hamil menyebabkan bakteri lebih mudah masuk ke dalam ginjal. Infeksi menjadi salah satu penyebab gagal ginjal pada ibu hamil karena bakteri bisa menyebabkan ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik dan mengalami kegagalan seiring berjalannya waktu.

5. Batu Ginjal

Ibu hamil umumnya memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan cenderung sensitif sehingga mudah terkena infeksi bakteri atau terkena dampak negatif dari makanan. Salah satu penyakit ginjal yang rentan menyerang ibu hamil adalah batu ginjal. Jika sudah terkena batu ginjal, ibu hamil harus melakukan berbagai cara mengobati batu ginjal yang aman dan efektif.

Sponsors Link

Penyakit batu ginjal bisa berakibat fatal apabila tidak segera diobati. Batu ginjal yang bergerak di dalam ginjal bisa menyebabkan urine berwarna merah, yaitu tanda bahwa terjadi pendarahan di dalam ginjal. Batu ginjal yang bergerak ke saluran kemih atau ureter bisa menyebabkan saluran ini tersumbat sehingga menyebabkan infeks saluran kemih. Semua jenis penyakit ginjal yang tidak mendapatkan penanganan tepat akan menyebabkan kegagalan pada organ ginjal, sehingga berujung pada penyakit gagal ginjal kronis.

Itulah berbagai penyebab gagal ginjal pada ibu hamil yang harus diwaspadai. Ibu hamil harus memeriksakan kondisi kesehatannya secara rutin untuk menghindari munculnya berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Penyakit apapun itu jika segera mendapatkan penanganan yang tepat tentu mempunyai peluang lebih besar untuk sembuh. Jangan sampai ibu hamil baru menyadari penyakitnya setelah kondisinya parah, karena akan mengganggu proses kelahiran dan mengganggu tumbuh kembang janin yang ada di dalamnya.

Menjaga kesehatan adalah hal yang terpenting bagi ibu hamil. Kesehatan ibu hamil akan mempengaruhi kesehatan bayi secara langsung. Terapkan pola hidup sehat dengan konsumsi gizi seimbang yang kaya serat dan vitamin.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :