Sponsors Link

4 Penyebab Gagal Ginjal Pada Balita dan Pengobatannya

Sponsors Link

Gagal ginjal adalah salah satu masalah yang bisa menyerang siapapun, tidak terlepas dari balita ataupun subjek lain yang memiliki potensi untuk terkena serangan gagal ginjal. Oleh karena itulah, bagi para orang tua ataupun mereka yang memiliki balita, maka salah satu hal yang perlu diketahui atau dilakukan adalah mengenai apa saja penyebab gagal ginjal pada balita. Dengan mengetahui hal ini dan juga cara menyembuhkan ginjal yang rusak, maka risiko penyakit gagal ginjal pada balita bisa dikurangi dengan lebih besar lagi.

ads

Apa sajakah yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal? Apa saja yang perlu diketahui untuk bisa mengantisipasi masalah gagal ginjal pada balita? Tentunya hal itu semua harus kita ketahui dengan baik agar bisa mengatasi masalah gagal ginjal pada balita. Dengan membaca artikel ini, maka setidaknya kita akan mengetahui apa saja penyebab gagal ginjal pada balita yang bisa diantisipasi sejak awal.

Penyebab Gagal Ginjal

Memangnya apa sajakah penyebab gagal ginjal pada balita tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Kerusakan kandung kemih

Penyebab pertama yang bisa menjadi salah satu penyebab gagal ginjal adalah kerusakan kandung kemih. Kandung kemih yang rusak bisa mengganggu proses reproduksi urine dan juga menghambat kinerja ginjal. Akibatnya, ginjal bisa mengalami pembengkakan yang pada akhirnya bisa membuat ginjal mengalami masalah gagal ginjal. Pada umumnya, masalah ini terjadi pada mereka yang telah cukup berumur atau dewasa. Akan tetapi tidak sama dengan hal ini tidak akan bisa terjadi pada balita.

2. Penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih

Bentuk kerusakan dari kandung kemih yang lain adalah adanya penyempitan atau penyumbatan pada saluran kandung kemih. Penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih bisa membuat aliran air kencing menjadi tidak lancar. Akibatnya ginjal yang seharusnya sudah terbebas dari air kencing, justru mengalami penumpukan air kencing yang bisa membuat ginjal bengkak. Apabila dibiarkan, hal ini lambat laun akan membuat ginjal mengalami kerusakan seperti gagal ginjal.

3. Cacat lahir

Masalah lain yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal pada balita adalah karena cacat lahir.Hal ini juga bisa membuatmu mengalami ginjal akut atau ginjal kronis. Cacat lahir yang dimaksud berarti kecacatan yang dialami pada ginjal sejak balita tersebut berada dalam kandungan sang ibu atau mungkin muncul setelah masa kelahiran. Ada berbagai sebab cacat lahir, seperti mutasi sel, asupan gizi yang kurang, cacat fisik dan lain sebagainya. Pada prinsipnya, agar hal ini tidak terjadi, kita harus menjaga agar kandungan ibu sehat dengan berbagai macam cara sesuai dengan yang disarankan oleh dokter.

4. Batu ginjal

Selain beberapa macam penyebab di atas, masalah lain yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal pada balita adalah batu ginjal. Batu ginjal merupakan penyebab sakit ginjal sekaligus sakit ginjal itu sendiri yang bisa memberikan banyak sekali dampak negatif bagi mereka yang mengalaminya, termasuk pada balita yang baru lahir ataupun yang sudah berumur lebih tua. Oleh karena itulah, kita tidak bisa membiarkan masalah ini terjadi begitu saja pada balita ataupun pada orang lain yang mungkin mengalami masalah batu ginjal ini.

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mencegah agar batu ginjal tidak terjadi, seperti misalnya memberikan asupan gizi yang serta tidak memicu pertumbuhan batu ginjal. Akan tetapi, akan lebih baik apabila kita mengikuti saran dokter yang ahli agar batu ginjal tidak berkembang menjadi infeksi ginjal.

Gejala Gagal Ginjal

Lalu apa sajakah yang bisa menjadi gejala apabila kita mengalami gagal ginjal? Hal ini tentunya juga perlu kita ketahui bukan? Ada beberapa hal yang bisa menjadi salah satu gejala penyakit gagal ginjal pada balita. Beberapa gejala gagal ginjal pada balita tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Buang air kecil sedikit-sedikit
  • Rasa nyeri saat buang air kecil
  • Badan lemas atau tidak bersemangat
  • Rasa nyeri di sekitar punggung samping
  • Sering terbangun pada malam hari
  • Rewel atau menangis
  • Tingginya kadar kreatinin dalam darah
  • Tingginya kadar urea dalam darah

Cara Mengatasi Gagal Ginjal

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah gagal ginjal pada balita? Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gagal ginjal pada balita? Buat kamu yang belum mengetahuinya, tentu saja hal ini harus diketahui agar kita bisa mengatasi masalah gagal ginjal pada balita dengan baik dan benar.

Beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi gagal ginjal pada balita antara lain adalah sebagai berikut:

  • Memberikan obat-obatan herbal untuk gagal ginjal yang aman untuk pertumbuhan dan kesehatan ginjal anak
  • Memberikan asupan gizi yang baik selama proses penyembuhan gagal ginjal
  • Melakukan perawatan pada dokter secara kontinu atau rutin dan tidak pernah melupakannya
  • Memberikan perawatan yang baik selama di rumah
  • Mencegah agar tidak sampai kelelahan atau beraktivitas secara berlebihan yang bisa meningkatkan kadar racun dalam darah
  • Apabila sudah terlalu parah, dilakukan cangkok ginjal dengan dipercayakan pada dokter yang ahli

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab gagal ginjal pada beserta berbagai macam informasi penting lainnya yang bisa membantu kita dalam mengatasi masalah gagal ginjal pada balita. Semoga dengan beberapa informasi di atas, kamu bisa mengatasi masalah anak yang terkena gagal ginjal dengan lebih baik ya. Jangan lupa pula untuk mempelajari gejala ginjal bermasalah.

Selamat menjaga kesehatan balita!

Sponsors Link
>
, , ,