Sponsors Link

15 Penyebab Gagal Ginjal Kronis dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gagal ginjal kronis adalah sebuah kondisi di mana ginjal mengalami penurunan fungsi secara bertahap dan tidak bisa bekerja dengan baik. Gagal ginjal kronis pada kondisi yang sangat parak disebut End-Stage Renal Disease. Pada kondisi ini ginjal tidak dapat berfungsi sama sekali dan harus dilakukan hemodialisis (cuci darah) atau transplantasi ginjal.

ads

Baca juga:

Banyak faktor menjadi penyebab penyakit gagal ginjal kronis. Dua penyebab utama dan terbesar penyakit ini adalah hipertensi (darah tinggi) dan diabetes melitus. Selain kedua penyakit tersebut, masih banyak faktor lain yang menjadi penyebab gagal ginjal kronis. Di antaranya adalah:

1. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis adalah sebuah penyakit dimana bagian penyaring (glomerolus) pada kedua ginjal mengalami inflamasi. Karena inflamasi yang terjadi, ginjal kehilangan kemampuan untuk membuang zat-zat racun dari dalam tubuh, garam, dan air dari aliran darah. Jika berlanjut terus menerus akan menyebabkan komplikasi pada organ tubuh. Glomerulonefritis menjadi penyebab gagal ginjal kronis yang paling utama di Eropa dan Amerika Serikat. Gejala penyakit ini adalah urine yang berdarah dan berbusa.

2. Diabetes melitus

Penyakit ini lebih dikenal dengan nama kencing manis di Indonesia. Jika terkena penyakit ini, si penderita harus menekan konsumsi makanan manis karena angka gula darah akan cepat naik. Diabetrs terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan insulin dan menjadi resisten terhadap insulin. Untuk menjaga insulin tetap seimbang, penderita diabetes harus menerima suntik insulin secara rutin. Pembatasan konsumsi gula membuat kerja organ ginjal menjadi tidak maksimal. Ginjal bisa bekerja hanya jika terdapat jumlah gula yang mencukupi di dalam tubuh.

Baca juga:

3. Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi menjadi penyebab gagal ginjal kronis karena tekanan darah yang terlalu tinggi (melebihi normal) akan merusak organ vital tubuh yang lainnya. Karena hipertensi, ginjal tidak dapat menyaring zat-zat racun dengan sempurna. Ginjal tidak dapat bekerja dengan baik dan pembuluh darah pada organ ginjal menjadi tertekan dan mengakibatkan terjadinya gagal ginjal kronis.

4. Pielonefritis

Pielonefritis adalah infeksi pada ginjal yang menyerang saluran kemih. Infeksi ini biasanya berawal dari saluran terakhir saat urine dikeluarkan oleh tubuh (uretra). Pielonefritis harus segera diobati karena bisa menyebabkan peradangan akut pada kandung kemih. Penyebab penyakit ini adalah bakteri Escherichia coli yang naik ke ginjal melalui saluran kemih.

Sponsors Link

5. Minuman berenergi

Minunan energi biasanya diminum para pria untuk menambah tenaga agar tidak kelelahan saat beraktivitas. Minuman jenis ini mengandung kafein dalam jumlah besar, asam amino, vitamin, pengawet, dan zat pewarna. Kandungan herbal dalam energy drink seperti vitamin, royal jelly, dan spirulina memang dapat mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Namun kandungan lain seperti zat pengawet dan zat pewarna dalam energy drink membuat kerja hati dan ginjal semakin berat. Banyaknya zat-zat semacam ini mempercepat rusaknya jaringan dalam ginjal.

Baca juga:

6. Minuman bersoda

Minuman bersoda memang sangat menyegarkan jika diminum. Selain itu minuman bersoda juga sangat mudah didapatkan. Di samping rasanya yang menyegarkan, minum soda secara terus menerus berbahaya untuk ginjal Anda. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa minum 2 kaleng soda per hari secara terus menerus bisa menjadi penyebab gagal ginjal kronis. Pada penelitian tersebut ditemukan kandungan protein yang lebih tinggi pada urine pada orang-orang yang menyukai minuman bersoda. Protein pada urine adalah tanda kerusakan pada ginjal.

ads

7. Konsumsi teh secara rutin

Minum teh memang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Teh biasa diminum saat mengawali hari. Namun Anda yang menyukai minuman ini harus berhati-hati. Terlalu banyak minum teh bisa menjadi penyebab gagal ginjal kronis pada tubuh Anda. Seorang laki-laki di Amerika Serikat pada 2014 harus menerima perawatan medis akibat gagal ginjal. Pria ini mampu menghabiskan hingga 16 gelas es teh tiap harinya. Teh membawa zat oksalat masuk ke dalam tubuh dan mengalami pengkristalan dalam ginjal.

8. Minum kopi setiap hari dan rutin

Kopi adalah jenis minuman paling populer di seluruh dunia. Satu orang bisa meminum puluhan cangkir kopi setiap harinya. Sama halnya dengan teh, kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kafein membawa zat oksalat masuk ke dalam tubuh dan jika berlebihan akan membentuk batu ginjal. Jika minum kopi terus menerus dalam jumlah besar akan menyebabkan gagal ginjal kronis. Bagi Anda yang punya riwayat batu ginjal sebaiknya menghindari kopi.

Baca juga:

9. Batu ginjal

Jika diberi penanganan yang tepat dan segera diobati, batu ginjal tidak akan menjadi gagal ginjal. Batu ginjal yang sudah akut akan menyumbat saluran ginjal. Hal ini membuat kerja ginjal menjadi terganggu dan tidak bisa menyaring racum dalam tubuh secara maksimal. Konsumsi makanan tinggi protein dan kolestrol seperti kacang-kacangan dan jeroan dapat memicu batu ginjal.

10. Prostat

Secara alami pria akan mengalami pembesaran pada prostatnya setelah usia 40 tahun. Pembesaran ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. Jangan biarkan prostat terus membesar karena akan mendesak ginjal dan kandung kemih. Kandung kemih yang terdesak akan semakin melemah. Jika dibiarkan akan terjadi infeksi kandung kemih yang berujung pada gagal ginjal.

11. Penggunaan obat anti inflamasi non steroid secara rutin dan jangka panjang

Kandungan anti inflamasi dan non-steroid biasanya terdapat pada obat ibuprofen. Obat ini berfungsi untuk mengatasi nyeri sakit kepala dan biasa dijual bebas di warung. Penggunaan obat jenis ini menyebabkan renal papillary necrosis dimana bagian ginjal yang bisa mengkonsentrasikan urine sudah tidak bisa berfungsi. Penderita pre penyakit ginjal dan lansia tidak disarankan menggunakan obat ini.

Baca juga:

12. Lupus

Penyakit ini dikenal juga dengan nama autoimune. Penyakit ini diakibatkan oleh anomali sistem kerja pada sel pertahanan tubuh manusia. Sel yang harusnya melindungi tubuh justru menyerang tubuh penderitanya sendiri karena dianggap sebagai benda asing. Salah satu benda asing ini termasuk organ ginjal yang juga diserang oleh penyakit lupus. Penderita lupus secara perlahan akan mengalami gagal ginjal dan harus menerima transplantasi ginjal.

13. Gangguan polisistik

Penyakit ini biasanya bersifat genetik atau keturunan. Pada kondisi ini kedua ginjal akan membengkak dan membesar melebihi ukuran normal karena pertambahan massa kista. Semakin lama ginjal akan rusak dan tidak bisa berfungsi lagi.

14. Pertumbuhan ginjal tidak sempurna

Pembentukan organ tubuh terjadi sejak di dalam kandungan. Jika organ ginjal tidak terbentuk dengan sempurna pada janin, maka bayi akan lahir dalam kondisi gagal ginjal.

Baca juga:

15. Vesicoureteral reflux

Pada kondisi ini terjadi aliran urine yang abnormal, di mana urine yang turun ke ginjal dari saluran kemih kembali pada tabung ureter. Refluks biasanya ditemukan pada bayi dan anak-anak. Jika gangguan ini tidak segera diobati akan menyebabkan kerusakan ginjal permanen.

Sponsors Link

Cara Mencegah Gagal Ginjal Kronis

  • Mengatur pola makan

Makan banyak makanan yang mengandung serat untuk menjaga kadar kolestrol dan tekanan darah tetap normal. Kedua hal ini penting untuk mencegah penyakit gagal ginjal kronis. Hindari makanan yang tinggi akan kandungan lemak jenuh.

  • Stop merokok dan minuman keras

Rokok mendatangkan banyak hal buruk untuk tubuh seperti resiko serangan dan stroke. Merokok juga akan membuat kondisi ginjal semakin buruk saja. Hindari juga minuman keras karena kandungannya dapat meningkatkan gula dalam darah.

  • Olahraga

Resiko tekanan darah tinggi yang berujung pada gagal ginjal kronis dapat diminimalkan dengan olahraga aerobik seperti bersepeda secara rutin dan teratur.

  • Waspada terhadap diabetes

Salah satu penyebab utama gagal ginjal kronis adalah penyakit diabetes. Jaga kadar gula dalam darah Anda tetap normal agar terhindar dari penyakit ini, terutama jika keluarga mempunyai riwayat diabetes.

Itulah berbagai penyebab gagal ginjal kronis. Menjaga kesehatan adalah ha yang sangat penting untuk menghindarkan diri dari berbagai penyakit. Menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga secara teratur adalah kunci dari hidup sehat. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Yuk jaga ginjal kita bersama!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :