Sponsors Link

3 Penyebab Gagal Ginjal Kronik Pada Anak dan Pengobatannya

Sponsors Link

Gagal ginjal kronik adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang paling berbahaya dan harus dihindari oleh setiap orang. Salah satu orang yang bisa terkena penyakit gagal ginjal kronik adalah anak-anak. Oleh karena itulah, sejak dari kecil, pola hidup yang sehat sudah harus diterapkan untuk mencegah agar anak-anak tidak sampai mengalami berbagai macam masalah seperti salah satunya gagal ginjal kronik. Dengan demikian, kita harus mengetahui apa saja penyebab gagal ginjal kronik pada anak agar bisa menghindarinya dengan baik dan juga cara menyembuhkan ginjal yang rusak.

ads

Apa saja penyebab gagal ginjal kronik yang terjadi pada anak? Apakah kamu telah mengetahuinya? Mengetahui penyebab gagal ginjal kronik pada anak sangat penting sebagai salah satu langkah untuk mencegah agar anak-anak tidak sampai menderita penyakit gagal ginjal kronik yang sangat membahayakan kesehatan mereka. Dengan demikian, tidak peduli siapapun kita saat ini, akan tetapi mengetahui masalah gagal ginjal kronik pada anak sangat penting agar kita bisa membantu para orang tua ataupun diri kita sendiri ketika kita telah memiliki anak.

Apa saja yang menyebabkan gagal ginjal kronik bisa terjadi pada anak-anak? Silakan lanjutkan di bawah ini untuk mengetahuinya ya!

Penyebab Gagal Ginjal Kronik

Penyebab gagal ginjal kronik pada anak sebagian besar sama atau identik dengan penyebab gagal ginjal kronik pada mereka yang telah dewasa. Bisa dikatakan bahwa apa yang menjadi sebab gagal ginjal kronik pada anak kurang lebih merupakan penyebab yang sama dengan apa yang menjadi penyebab gagal ginjal kronik pada orang dewasa.

Beberapa penyebab gagal ginjal kronik tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Gagal ginjal akut

Salah satu penyebab dari penyakit gagal ginjal kronik baik pada anak-anak ataupun pada orang dewasa adalah penyakit gagal ginjal akut. Penyakit gagal ginjal akut merupakan sebuah penyakit ginjal yang ditandai dengan menurunnya fungsi ginjal secara drastis dalam waktu yang singkat, akan tetapi dapat kembali disembuhkan apabila ditangani dengan sigap.

Gagal ginjal akut adalah salah satu penyakit ginjal yang apabila tidak ditangani dengan baik, bisa berkembang menjadi sebuah penyakit gagal ginjal kronik. Pada anak-anak, hal yang sama pun bisa terjadi. Oleh karena itulah, apabila anak mengalami gagal ginjal akut, maka secepat mungkin harus dilakukan penanganan yang serius agar tidak berkembang menjadi penyakit ginjal bocor.

2. Infeksi ginjal

Infeksi yang terjadi pada ginjal bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya gagal ginjal kronik. Bahkan, kemungkinan besar infeksi ginjal merupakan salah satu penyebab gagal ginjal kronik yang paling umum dialami oleh orang dewasa ataupun anak-anak. Oleh karena itu, hal yang satu ini harus bisa dihindari agar tidak berkembang menjadi lebih parah.

Infeksi ginjal bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari masalah gaya hidup yang buruk, serangan virus ataupun bakteri, dan lain sebagainya. Pada prinsipnya, untuk mencegah agar infeksi ginjal tidak terjadi, gaya hidup dan lingkungan yang sehat adalah beberapa hal yang harus dipenuhi.

3. Batu ginjal

Batu ginjal adalah salah satu penyebab gagal ginjal kronik berikutnya yang masih berhubungan erat dengan masalah infeksi ginjal. Batu ginjal adalah sebuah penyakit terdapatnya suatu benda padat yang berbentuk seperti kristal di area ginjal ataupun kandung kemih. Adanya batu ginjal pada bagian tersebut bisa menyebabkan berbagai macam masalah lain. Misalnya infeksi ginjal yang telah dibahas di atas.

Semakin besar batu ginjal semakin parah pula infeksi atau masalah yang akan dialami oleh ginjal. Oleh karena itulah, batu ginjal harus segera diatasi dengan cepat supaya tidak menyebabkan berbagai macam masalah lain yang lebih parah. Salah satu cara terbaik dalam menangani batu ginjal adalah dengan meminum berbagai macam ramuan alami untuk menghancurkan batu ginjal seperti misalnya ramuan daun sukun. Tentunya pengobatan yang baik harus berada di bawah pengawasan dokter agar dapat dipastikan benar-benar aman dan efektif dalam menyembuhkan penyakit batu ginjal sehingga gagal ginjal kronik pada anak bisa dihindari.

Cara Mengatasi Ginjal Kronik

Selain mengetahui penyebab gagal ginjal kronik pada anak, tentunya kita juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi gagal ginjal kronik pada anak. Hal itu perlu dilakukan agar kita bisa mengatasi masalah gagal ginjal kronik ketika dialami oleh anak-anak.

Bagaimana saja cara untuk mengatasi gagal ginjal kronik pada anak? Berikut ini adalah beberapa alternatif yang tersedia untuk mengatasi masalah gagal ginjal kronis.

  • Melakukan cuci darah atau hemodialisis
  • Melakukan transplantasi ginjal
  • Meminum ramuan kelapa kuning dan daun kaktus ekor tikus
  • Mengonsumsi ikan salmon
  • Mengonsumsi kubis
  • Mengonsumsi buah paruh burung
  • Mengonsumsi mahkota dewa
  • Mengonsumsi daun sukun
  • Mengonsumsi air rebusan daun keji keling
  • Mengonsumsi akar alang-alang
  • Mengonsumsi minyak zaitun
  • dan berbagai cara yang lain

Pada prinsipnya, penyakit gagal ginjal kronik pada anak bisa dihindari apabila kita mengetahui penyebab gagal ginjal kronik pada anak dan menghindarinya dengan baik. Dengan melakukan hal itulah, pada akhirnya kita bisa mencegah agar penyakit gagal ginjal kronik pada anak tidak sampai terjadi sehingga anak tidak perlu menderita berbagai macam masalah ginjal. Dengan kata lain, kita harus memiliki pola hidup yang seimbang agar bisa menghindari berbagai macam masalah ginjal. Jangan lupa pula untuk mempelajari gejala ginjal bermasalah.

Selamat menjaga kesehatan ginjal!

Sponsors Link
>
, , ,