Sponsors Link

Penyebab Gagal Ginjal Akut – Ciri Ciri dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gagal ginjal akut adalah salah satu kondisi atau istilah dalam dunia kedokteran untuk pasien dengan kondisi ginjal yang rusak secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik. Gagal ginjal akut itu sendiri akan menyebabkan komplikasi dalam tubuh apabila tidak ditangani dengan segera. Selain itu, cedera permanen juga bisa terjadi pada pasien gagal ginjal aku sehingga nyawa bisa saja terancam.

ads

Penyebab dan Risiko Gagal Ginjal Akut

Penyebab gagal ginjal akut itu sendiri adalah ketidakmampuan ginjal untuk menyaring limbah yang masuk kedalamnya dari darah yang dialirkan dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan ada timbunan atau tumpukan limbah segingga bisa menyebabkan berhentinya fungsi dari ginjal. Jika ginjal terganggu, maka organ lainnya juga bisa mengalami kegagalan dalam bekerja secara maksimal.

Baca juga:

Sementara itu, penyebab gagal ginjal akut itu sendiri bisa terjadi jika di dalam tubuh ada beberapa gangguan, seperti:

1. Volume darah rendah

Volume darah yang rendah bisa terjadi karena pendarahan di dalam tubuh, misalnya jika seseorang terkena cedera atau pendarahan karena penyakit lainnya. Pendarahan atau volume darah yang rendah pada tubuh akan menyebabkan aliran darah ke ginjal menjadi lebih rendah. Hal ini akan menyebabkan ginjal sulit melaksanakan tugasnya karena kekurangan cairan.

2. Gangguan pada jantung

Jika seseorang mengalami gangguan pada jantung, maka risiko yang terjadi adalah berkurangnya darah yang dipompa dari jantung ke seluruh tubuh. Jika jumlah darah yang dipompa menjadi berkurang atau di bawah normal, maka darah tidak akan bisa menuju ginjal untuk membantu tugas ginjal menyaring limbah. Hal ini bisa menyebabkan gagal ginjal akut.

3. Gangguan pada pembuluh darah

Pembuluh darah ada kalanya bisa terganggu. Misalnya jika mengalami penyempitan atau pembengkakan. Pembuluh darah juga bisa mengalami penyumbatan, seperti pada kasus pasien kolesterol. Hal ini menyebabkan aliran darah terganggu, termasuk aliran darah yang menuju ginjal. Jika terus menerus terjadi kondisi tersebut, maka efek buruknya bisa menyebabkan gagal ginjal akut.

4. Efek dari obat-obatan tertentu

Obat yang dikonsumsi oleh seseorang tentunya memiliki efek samping. Dan banyak dari jenis obat yang memiliki efek samping yang buruk untuk kesehatan ginjal dan juga hai. Jika jenis obat tersebut terus menerus dikonsumsi dalam jangka wantu yang lama tanpa ada perawatan atau saran langsung dari dokter, bukan tidak mungkin jika obat tersebut akan mengganggu kinerja ginjal dan menyebbakan gagal ginjal akut.

Baca juga:

Sponsors Link

5. Buang air kecil yang tidak lancar

Air seni atau urine bisa menjadi penyebab dari gagal ginjal akut. Apalagi yang tidak dikeluarkan secara lancar. Hal ini bisa saja terjadi karena seseorang memiliki masalah dalam buang air kecil. Jika urine tidak dikeluarkan secara lancar setiap harinya, maka limbah akan memenuhi tubuh dan ginjal tidak bisa bekerja dengan maksimal. Hal ini juga bisa menyebabkan gagal ginjal akut.

6. Kerusakan pada ginjal

Penyebab lainnya adalah jika ginjal memang memiliki masalah, misalnya jika ada penyakit lupus, glomerulonefritis, atau jika ginjal memang bermasalah akibat timbunan kolesterol. Gangguan atau penyakit pada ginjal ini bisa menyebabkan gagal ginjal akut.

7. Mengalami dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan cairan. Jika kekurangan cairan ini tidak segera diatasi dengan mengonsumsi cairan yang cukup, maka bisa jadi aliran darah akan mengalami hambatan. Hal ini bisa mengurangi sirkulasi darah ke organ ginjal dan kemudian menyebabkan kerusakan pada ginjal, termasuk gagal ginjal akut.

ads

Gagal ginjal akut biasa terjadi pada orang dengan kondisi:

  • Faktor usia (lansia) – Faktor usia berpengaruh dalam hal ini, karena seperti yang diketahui bersama, usia yang sudah tua memang biasanya memiliki penurunan fungsi tubuh, termasuk ginjal dalam menyaring limbah yang ada.
  • Penderita komplikasi penyakit lain – Seseorang yang mengalami gagal ginjal akut juga bisa disebabkan karena adanya gangguan atau komplikasi di organ lainnya, yang kemudian mempengaruhi kinerja ginjal sehingga mengalami gagal ginjal akut.
  • Penderita sumbatan urine – Pederita sumbatan urine ini bisa siapa saja. Beberapa orang yang rentan mengalami hal ini adalah ibu hamil atau pasca melahirkan, orang yang terkena gangguan saraf seperti gangguan pada tulang belakang, dan sebagainya.
  • Pengidap diabetes – Pengidap diabetes rupanya juga memiliki risiko yang besar untuk mengalami gagal ginjal akut karena darahnya memang tidak normal (kadar gula darah yang tinggi).
  • Pengidap penyakit liver – Hati adalah salah satu organ yang bekerja bersama ginjal untuk membuang racun dan limbah dari dalam tubuh. Jika hati terganggu, maka ginjal juga bisa terganggu dan menyebabkan risiko gagal ginjal akut.
  • Penderita infeksi parah – Infeksi parah yang terjadi di dalam tubuh bisa menyebabkan aktivitas bakteri menjadi kuat sehingga ginjal ataupun hati kesulitan untuk membuang racun. Hal ini bisa menjadi risiko gagal ginjal akut.

Itulah beberapa penyebab dari gagal ginjal akut yang perlu dihindari atau dicegah. Selain itu tentunya perlu diketahui mengenai gejala atau ciri-ciri dari penderita penyakit ini agar bisa melakukan penanganan secepatnya.

Baca juga:

Ciri-ciri dan Gejala

Adapun ciri-ciri dan gejala dari gagal ginjal akut ini antara lain sebagai berikut:

  • Urine yang berkurang dari hari ke hari
  • Mual dan kadang juga muntah
  • Lebih mudah haus (dehidrasi)
  • Mengalami sakit perut
  • Tekanan darah yang tinggi
  • Muncul nyeri pada bagian punggung
  • Mudah merasa lelah atau lemas
  • Edema atau penumpukan cairan di dalam tubuh
  • Mengalami sesak nafas
  • Mood tidak teratur (bingung atau linglung)

Jika terjadi gejala atau ciri seperti di atas, maka tentunya segera bawa pasien ke rumah sakit atau dokter untuk didiagnosis lebih cepat. Dengan demikian cara penanganan bisa lebih cepat dilakukan untuk mengurangi risiko kesehatan yang akan terjadi di kemudian hari.

Cara Mengatasi

Cara mengatasi pasien gagal ginjal akut tentunya berbeda-beda antara pasien yang satu dengan yang lain, tergantung dari penyebab dan seberapa parahnya gagal ginjal yang terjadi. Namun biasanya jika pasien memang positif mengalami gagal ginjal akut, berikut ini beberapa cara mengatasi yang bisa dilakukan.

Sponsors Link

1. Menjalani rawat jalan

Orang yang mengalami gagal ginjal akut dan masih memungkinkan untuk menjalani rawat jalan, maka diperbolehkan. Hanya saja, ada hal-hal yang perlu dilakukan oleh pasien, di antaranya:

  • Rutin mengunjungi dokter atau rumah sakit untuk berkonsultasi atau check up kondisi kesehatan ginjalnya.
  • Terus mengobati infeksi yang menjadi penyebab dari gagal ginjal akut tersebut dengan cara yang tepat.
  • Harus selalu mengonsumsi banyak air setiap harinya untuk memperlancar sirkulasi darah dan juga menghindari risiko dehidrasi yang bisa memperparah kondisi ginjal.
  • Rutin melakukan tes darah untuk mengetahui kondisi darah dan kandungan limbah, kreatinin, dan juga garam di dalam darah.
  • Tidak melanjutkan pengobatan yang bisa memperparah kondisi ginjal dan menghentikan konsumsi obat yang memiliki kontraindikasi untuk ginjal.

Baca juga:

2. Menjalani rawat inap

Adapun pasien yang sudah tidak lagi bisa menjalani rawat jalan, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan rawat inap, yaitu apabila:

  • Kondisi pasien bisa semakin buruk karena penyumbatan urine.
  • Pengobatan dibutuhkan sesegera mungkin karena kondisi pasien.
  • Muncul komplikasi akibat gagal ginjal

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab gagal ginjal akut, ciri-ciri, gejala, dan cara mengatasinya yang bisa dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat. Jaga selalu asupan cairan dan nutrisi harian yang berguna sehingga tubuh bisa terhindar dari risiko gagal ginjal akut ini.

Sponsors Link
>
, , , ,