Sponsors Link

5 Penyebab Gagal Ginjal Paling Berbahaya

Sponsors Link

Gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Penyakit ini dapat mengakibatkan ginjal kita kehilangan fungsinya dan bahkan akan mengancam keselamatan kita. Oleh karena itu kita harus mengetahui berbagai hal yang penting untuk menjaga kesehatan ginjal seperti misalnya penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, penyebab penyakit ginjal, beberapa ciri-ciri penyakit ginjal seperti gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria dan lain sebagainya.

ads

Oleh karena itulah, kamu juga perlu mengetahui apa yang menyebabkan penyakit gagal ginjal bisa terjadi. Agar bisa melakukan hal tersebut, tentu kita tidak bisa hanya berpangku tangan. Ada banyak hal yang perlu kita lakukan, salah satunya adalah mempelajari tentang penyakit batu ginjal, termasuk salah satunya adalah mengetahui tentang penyebab batu ginjal.

Dalam artikel berikut ini kamu akan memahami penyebab gagal ginjal dan berbagai hal lain yang perlu kamu pahami untuk bisa melawan penyakit gagal ginjal dengan efektif dan tepat. Apa saja penyebab penyakit ginjal tersebut? Berikut ini adalah beberapa penyebab gagal ginjal yang perlu kamu ketahui.

1. Cacat lahir pada saluran kemih saat masih di dalam kandungan ibu

Penyebab gagal ginjal yang pertama kita bahas dalam kesempatan kali ini adalah penyebab penyakit gagal ginjal yang berasal dari segi internal tubuh kita sendiri, atau secara bawaan lahir. Salah satu hal yang terbawa sejak lahir dan mungkin membuat ginjal kita mengalami gagal ginjal adalah karena adanya cacat lahir pada saluran kemih ketika kita masih berada dalam kandungan ibu.

Adanya cacat lahir tersebut akan membuat struktur ginjal terganggu sehingga ginjal pun tidak bisa bekerja dengan sebagaimana mestinya. Oleh karena itulah ketika masalah ini terjadi pada seorang bayi, atau anak kecil, harus secepatnya ditangani oleh orang-orang yang profesional. Dengan menyelamatkan bayi atau anak-anak sejak dini, maka risiko mereka terkena gagal ginjal di masa depan juga akan semakin kecil.

2. Penyumbatan saluran kemih

Penyebab penyakit gagal ginjal berikutnya adalah karena adanya penyumbatan pada saluran kemih yang bisa menghambat aliran air kencing ataupun cairan yang lain dari dan masuk ke dalam ginjal. Oleh karena hal tersebut, maka cairan yang seharusnya keluar dari ginjal menjadi terhambat dan menyumbat atau mengisi ginjal sampai melebihi batas yang seharusnya. Akibatnya ginjal akan mengalami pembengkakan. Pembengkakan tersebut akan membuat ginjal mengalami cedera yang serius apabila terjadi dengan parah dan dalam jangka waktu yang lama.

Lambat laun, penyumbatan ini akan membuat ginjal menjadi rusak dan pada akhirnya sel atau jaringan ginjal akan mengalami kerusakan yang cukup parah karena tertekan cairan tersebut, atau karena terjadinya infeksi yang disebabkan karena bakteri yang menempati cairan tersebut sehingga ginjal pun akan mengalami gagal ginjal.

3. Hidronefrosis saat janin

Penyebab penyakit gagal ginjal berikutnya adalah hidronefrosis saat janin yang bisa menjadi penyebab bawaan lahir yang harus dihilangkan sedari dini apabila tidak ingin berkembang menjadi penyakit ginjal yang lebih serius. Oleh karena itu, bagi para ibu dan ayah yang baru memiliki momongan, ada baiknya untuk rutin memeriksakan kesehatan bayi kalian agar dia tidak berpotensi untuk menderita penyakit gagal ginjal di masa remaja atau masa tuanya bahkan pada saat dia baru saja lahir kelak karena adanya hidronefrosis saat janin.

4. Infeksi saluran kemih

Penyebab berikutnya erat kaitannya dengan adanya penyumbatan pada saluran kemih, yaitu adanya infeksi pada saluran kemih. Infeksi pada saluran kemih ini dapat membuat ginjal mengalami luka-luka dan kerusakan yang lain sebagainya karena jaringan dan sel rusak akibat serangan atau infeksi dari senyawa atau zat tertentu. Lambat laun infeksi tersebut dapat menurunkan kemampuan ginjal dalam memperbaiki diri sendiri apabila tidak ditangani dengan serius. Sehingga lama kelamaan akan berakibat pada gagal ginjal.

Sponsors Link

5. Gangguan refluks

Sebab gagal ginjal berikutnya adalah karena adanya gangguan refluks yang bisa terjadi pada segala kelompok usia, baik anak kecil ataupun orang dewasa. Refluks adalah kembalinya carian urine atau cairan yang lain ke dalam ginjal padahal seharusnya cairan tersebut telah dikeluarkan dari ginjal ataupun dari kandung kemih. Terjadinya refluks membuat cairan urine ataupun cairan lainnya kembali mengisi rongga ginjal.

Adanya refluks membuat risiko infeksi, pembengkakan ataupun kebocoran ginjal menjadi meningkat dan sangat berbahaya untuk kesehatan ginjal. Oleh karena itulah kamu harus mengantisipasi refluks dengan baik dan sebisa mungkin tidak melakukan sesuatu yang bisa membuat refluks terjadi pada ginjalmu.

Selain lima sebab di atas, gagal ginjal juga bisa disebabkan karena adanya sindrom nefrotik atau ginjal bocor, inflamasi pada ginjal, infeksi pada ginjal, terdapatnya batu ginjal, dan juga karena terjadinya kegagalan pertumbuhan ginjal selama dalam masa kandungan atau pada masa kanak-kanak.

Agar kamu bisa mengatasi masalah ginjal ini dengan lebih baik, maka kamu harus mengetahui hal lain tentang penyakit gagal ginjal. Apa saja itu? Kamu harus lanjutkan membaca di bawah ini ya!

ads

Cara Mengatasi Gagal Ginjal

Hal paling penting yang perlu kamu ketahui berikutnya adalah tentang bagaimana cara untuk mengatasi penyakit yang satu ini. Berikut ini kami berikan beberapa alternatif cara untuk mengatasi masalah gagal ginjal yang bisa kamu lakukan dari sekarang juga dengan mudah dan cepat, tentunya dengan pengawasan dokter yang ahli.

1. Mengonsumsi daun binahong

Daun binahong adalah salah satu obat gagal ginjal yang baik untuk kesehatan ginjalmu. Kamu bisa meminum rebusan daun binahong dengan syarat tidak meminum minuman lain yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Kamu juga tidak boleh menderita angina karena daun binahong dapat memperparah rasa sakit atau penyakit yang dimiliki oleh penderita angina. Cara membuatnya jgua sederhana, tinggal merebus beberapa lembar daun binahong lalu meminum air rebusan tersebut.

2. Mengurangi konsumsi protein hewani

Cara mengatasi gagal ginjal berikutnya adalah dengan membatasi protein hewani dalam kadar yang tidak berlebihan, bahkan pada kondisi tertentu harus benar-benar berhenti seutuhnya. Gantilah asupan protein hewani dengan protein yang berasal dari tanaman atau protein nabati karena lebih menyehatkan. Dengan membatasi konsumsi protein hewani, beban kerja ginjal akan menjadi ringan sehingga ginjal bisa dengan mudah melakukan melakukan perbaikan jaringan-jaringan yang rusak.

3. Tidak mengonsumsi obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri adalah salah satu hal yang bisa membuat ginjal rusak. Oleh karenanya untuk mengatasi gagal ginjal, kamu harus mengubah pola hidup yang salah satunya terwujud dengan berhenti mengonsumsi obat pereda nyeri ringan. Kalaupun kamu merasakan nyeri, kamu harus bisa menahannya atau apabila sangat sakit, bisa meminta pereda nyeri yang ramah untuk ginjal.

4. Mengonsumsi ikan salmon

Ikan salmon adalah makanan yang dapat dikonsumsi untuk memelihara kesehatan ginjal. Kandungan omega-3 di dalam ikan salmon membantu tubuh dalam mengatasi kanker, sakit jantung, menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh, dan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Dengan rutin mengonsumsi ikan salmon, dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan juga bebas dari berbagai macam penyakit.

Gejala Gagal Ginjal

Lalu bagaimana kamu bisa mengetahui bahwa kamu terkena gagal ginjal atau tidak? Apa saja gejala-gejala penyakit gagal ginjal itu? Hal ini juga penting untuk kamu ketahui lo. Berikut ini adalah beberapa gejala gagal ginjal yang patut untuk kamu ketahui.

  • Rasa nyeri di punggung samping
  • Rasa nyeri saat buang air kecil
  • Air kencing berdarah
  • Air kencing berbau busuk
  • Perubahan warna pada air kencing
  • Badan lemas
  • Mual dan muntah secara intens
Sponsors Link

Pantangan Gagal Ginjal

Pada para penderita gagal ginjal, terdapat beberapa pantangan yang harus dipatuhi agar mereka bisa sembuh dengan lebih cepat. Beberapa pantangan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Meminum cairan berlebihan
  • Memakan makanan dengan kadar protein tinggi
  • Mengonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi
  • Mengonsumsi makanan tinggi kalium
  • Mengonsumsi makanan tinggi fosfor
  • Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Bila kamu masih belum puas, berikut ini kami cantumkan beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan ginjalmu sekaligus mengatasi masalah gagal ginjal sehingga ginjalmu akan cepat sembuh dan bisa kembali berfungsi dengan optimal.

  • Istirahat malam dengan baik
  • Tidak mengonsumsi teh dan kopi
  • Tidak meminum alkohol
  • Mengonsumsi bunga kol
  • Memakan buah apel
  • Mengonsumsi air rebusan daun sirsak
  • Mengonsumsi bawang putih
  • Tidak meminum minuman bersoda
  • Olahraga ringan dengan teratur
  • Mengonsumsi air rebusan daun keji beling
  • Mengonsumsi mahkota dewa
  • Mengonsumsi air rebusan daun sukun
  • Mengonsumsi bawang bombay
  • Mengonsumsi jeruk nipis
  • Tidak menahan buang air kecil
  • Mengonsumsi kumis kucing
  • Mengonsumsi rambut jagung
  • Berhenti merokok
  • Mengonsumsi kaktus ekor tikus
  • Mengonsumsi buah paruh burung
  • Menghindari makanan penyebab sakit ginjal
  • Memakan makanan yang baik untuk ginjal

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab gagal ginjal dan berbagai infomasi lain tentang gagal ginjal yang bisa kamu gunakan untuk melawan penyakit gagal ginjal. Jangan lupa untuk mempelajari cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal agar kamu bisa merawat ginjal dengan baik sejak dini. Semoga dengan informasi di atas kamu semakin waspada dan bisa mengantisipasi serta mengatasi gagal ginjal dengan baik ya! Selamat merawat ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,