Sponsors Link

Penyebab Fungsi Ginjal Menurun yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang cukup penting dan vital. Dimana ginjal akan bertugas untuk menyaring darah dan membuang sisa limbah sebagai urine. Sehingga fungsi ginjal ini perlu dijaga. Jika tidak, bisa terjadi berbagai gangguan dan menjebak limbah di dalam tubuh. Namun ada berbagai macam kondisi yang ternyata bisa menyebabkan penurunan fungsi ginjal, baik itu secara tiba-tiba atau secara bertahap. Berikut beberapa penyebab fungsi ginjal menurun yang perlu diketahui.

ads
  1. Pre-renal

Penyebab ginjal mengalami penurunan fungsi yang pertama adalah penyebab pre renal. Penyebab ini didefinisikan sebagai gangguan pada aliran darah yang akan menuju ke ginjal, sehingga ginjal tidak bisa menjalankan tugasnya secara normal akibat gangguan aliran darah yang menujunya. Jika tidak ada darah yang masuk ke ginjal, atau jumlah darah yang akan disaring kurang dari batasan normal, maka tentu saja kinerja ginjal akan terganggu dan lama kelamaan ginjal bisa mengalami penurunan fungsi.

Adapun beberapa faktor penyebabnya bisa karena kekurangan cairan atau dehidrasi pada tubuh. Hal ini terjadi pada orang-orang dengan kebiasaan kurang minum cairan secara cukup per hari, karena Hubungan Dehidrasi dengan Ginjal sangat erat. Penyebab lainnya bisa karena pendarahan hebat, dimana darah yang banyak keluar dari tubuh akan menyebabkan volume darah di dalam tubuh bekurang drastis, sehingga tidak ada darah yang bisa disaring oleh ginjal.

Penurunan fungsi ginjal karena faktor pre-renal juga bisa disebabkan oleh gagal jantung. Hubungan Ginjal dengan Jantung adalah jika jantung tidak memompa darah, maka tidak ada darah yang masuk ke ginjal, dan hal ini akan menyebabkan fungsi ginjal menurun.

  1. Renal

Penyebab fungsi ginjal menurun diklasifikasikan dalam faktor renal, dimana ginjal itu sendiri yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu contohnya adalah jika seseorang mengonsumsi Jenis Obat Yang Dapat Merusak Ginjal dan dilakukan secara terus menerus. Maka bisa menjadi penyebab ginjal menurun fungsinya.

Penyebab lainnya misalnya jika terjadi radang atau infeksi di organ ginjal. Dengan adanya radang dan infeksi di ginjal, ginjal akan kesulitan melakukan tugasnya sehingga bisa menjadi penyebab penurunan fungsi ginjal. Maka dari itu Perawatan Infeksi Ginjal perlu dilakukan dengan benar.

  1. Post-renal

Penyebab ginjal mengalami penurunan yang ketiga adalah dari faktor post-renal, dimana gangguan terdapat setelah organ ginjal berhasil memproduksi urine, namun urine tidak bisa dikeluarkan secara sempurna. Misalnya jika terdapat sumbatan di saluran kemih dan menyebabkan urine tidak bisa keluar. Urine yang tidak bisa keluar ini akan menjadi pemicu penurunan fungsi ginjal.

Sponsors Link

Salah satu contoh dari pemicu penurunan fungsi ginjal dari kelompok post-renal adalah sumbatan Penyakit Batu Ginjal atau batu saluran kemih yang menghambat aliran urine secara normal. Sehingga urine terjebak di dalam tubuh dan mempengaruhi kinerja ginjal.

Demikianlah 3 penyebab fungsi ginjal menurun yang perlu dipahami. Sebaiknya jika terdapat tanda gangguan di saluran kemih, segeralah menghubungi dokter agar bisa mencegah kerusakan ginjal lebih parah di masa yang akan datang. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,