Sponsors Link

Penyebab Edema Ginjal pada Penyakit Ginjal

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan dalam proses terbentuknya urine. Ginjal bekerja dengan mekanisme menyaring darah dari zat limbah, lalu membuang limbah dalam bentuk urine. Jika ginjal terganggu, maka mekanisme tersebut juga terganggu dan akan muncul berbagai gejala. Gejala yang uckup seringterjadi karena gangguan ginjal adalah edema perifer. Berikut beberapa penyebab dari edema.

ads

Pada dasarnya tidak smeua penyakit atau gangguan ginjal menyebabkan gejala edema perifer. Hal ini dikarenakan tidak semua penyakit ginjal mengganggu fungsi ginjal secara keseluruhan. Sehingga edema perifer kebanyakan terjadi pada gangguan ginjal yang cukup parah, seperti di bawah ini.

  1. Sindrom nefrotik

Salah satu gangguan ginjal yang menjadi penyebab edema ginjal adalah Sindrom Nefrotik pada Anak atau yang sering dikenal sebagai ginjal bocor. Sindrom nefrotik ini terjadi dengan tanda adanya protein di dalam urine. Atau dengan kata lain, protein banyak yang terbuang melalui urine. Kebanyakan gangguan ini terdeteksi pada usia anak-anak (balita).

Penyebabnya adalah protein dalam darah yang berkurang yang secara tidak langsung akan memperlambat aliran air yang akan masuk ke pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan jaringan menjadi penuh dengan air sehingga edema perifer pun terjadi. Pembengkakan cairan pada kasus ini ada di sekitar mata dan kaki. Penyakit ini bukan gagal ginjal, karena ada Perbedaan Gagal Ginjal dengan Sindrom Nefrotik yang mendasar.

  1. Gagal ginjal akut

Gagal ginjal akut juga bisa menjadi penyebab edema ginjal. Gagal ginjal akut merupakan istilah medis untuk menunjukkan penurunan fungsi ginjal yang terjadi secara mendadak. Sehingga ginjal tiba-tiba tidak bisa berfungsi untuk melakukan tugasnya. Penyebab gagal ginjal akut kebanyakan adalah hasil atau komplikasi dari penyakit lainnya. Tentu saja gagal  ginjal akut cukup berbahaya dan jika tidak ditangani dengan segera bisa menyebabkan kematian.

Salah satu Ciri Ciri Gagal Ginjal Akut adalah edema atau penumpukan cairan di tubuh. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi urine secara mendadak sehingga cairan dan limbah tidak bisa dibuang dari tubuh. Hal inilah yang menyebabkan penumpukan cairan dan pembengkakan tubuh akibat cairan terjadi.

  1. Gagal ginjal kronis

Selain gagal ginjal akut, ada satu jenis gagal ginjal kronis yang umum terjadi pada orang-orang dengan riwayat darah tinggi dan diabetes. Gagal ginjal kronis terjadi secara bertahap dan tidak terjadi secara tiba-tiba. Namun sebenarnya gagal ginjal kronis sama berbahayanya. Bahkan gagal ginjal kronis bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal sehingga Perawatan Gagal Ginjal Kronis bisa jadi harus menjalani Macam Macam Cuci Darah seumur hidup.

Sponsors Link

Edema pada gagal ginjal kronis biasa terjadi pada mereka yang sudah memasuki stadium akhir, dimana fungsi ginjal sudah semakin parah. Hal ini akan membuat produksi urine menjadi berkurang dan memicu penumpukan limbah serta cairan di dalam tubuh.

Demikianlah beberapa penyebab edema ginjal yang terjadi jika fungsi ginjal mengalami gangguan. Jika Anda merasa ada yang salah dengan sistem kemih, segera periksakan diri untuk pemeriksaan lebih lanjut agar bisa mencegah masalah tersebut lebih parah di kemudian hari. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,