Sponsors Link

7 Penyebab Disfungsi Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Ginjal adalah bagian dari sistem ekskresi dan memiliki peranan yang cukup penting bagi metabolisme tubuh. Ginjal bertugas untuk proses terbentuknya urine yangmana dihasilkan dari darah yang disaring. Limbah dari darah akan dibuang dalam bentuk urine. Namun mungkin beberapa orang mengalami disfungsi ginjal atau ginjal yang tidak bekerja. Dalam dunia medis, kondisi tersebut dinamakan gagal ginjal. Apa saja penyebab disfungsi ginjal? Berikut beberapa penjelasannya.

ads
  1. Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyebab dari ginjal tidak berfungsi yang umum terjadi. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa dalam darah yang terlalu tinggi bisa mempengaruhi kinerja ginjal dalam menyaring limbah. Dan lama kelamaan, hal ini akan merusak fungsi dari ginjal itu sendiri. Maka dari itu akan selalu ada Perbedaan Urine Normal dan Diabetes yang bisa dijadikan indikator awal diabetes.

  1. Hipertensi

Selain diabetes, faktor penyebab disfungsi ginjal yang juga umum adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kenapa Hipertensi Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal? Hipertensi atau tekanan darah tinggi akan mempengaruhi laju darah ketika memasuki ginjal. Dan hal ini akan mempengaruhi juga laju filtrasi atau proses penyaringan ginjal. Jika terjadi dalam kurun waktu lama, bisa menyebabkan ginjal tidak berfungsi.

  1. Ginjal polisistik

Gangguan ginjal polisistik merupakan kondisi ketika kedua ginjal memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran ginjal normal. Penyebabnya adalah adanya kista di ginjal. Gangguan ini termasuk gangguan ginjal turunan, sehingga perlu Anda ketahui beberapa Gejala Penyakit Ginjal Polikistik agar bisa mendeteksi sejak dini pada anggota keluarga di rumah.

  1. Radang ginjal

Penyebab disfungsi ginjal beikutnya adalah peradangan pada ginjal. Peradangan pada ginjal atau nefritis bisa disebabkan oleh banyak hal dan jenisnya pun berbeda-beda. Bagian yang diserang dalam peradangan ini pun berbeda-beda. Namun yang paling sering menyebabkan disfungsi ginjal adalah glomerulonefritis.

  1. Penyumbatan saluran kemih

Saluran kemih adalah organ yang menyalurkan urine dari ginjal ke luar tubuh, termasuk di dalamnya kandung kemih. Jika saluran kemih mengalami sumbatan, maka urine tidak bisa keluar dan mengendap di tubuh. Urine yang mengendap di tubuh akan mengacaukan proses metabolisme di ginjal sehingga lama kelamaan bisa menyebabkan disfungsi ginjal. Penyumbatan saluran kemih ini bisa berupa gangguan prostat, batu ginjal, atau peradangan pada saluran kemih. Infeksi Saluran Kemih Jika Tidak Diobati juga bisa perlahan-lahan menyebabkan penurunan fungsi ginjal.

Sponsors Link

  1. Kelainan ginjal bawaan

Jika janin mengalami pertumbuhan yang kurang sempurna saat berada di kandungan, maka janin bisa terlahir dengan kelainan ginjal bawaan. Kondisi ini bisa menyebabkan adanya gagal ginjal atau disfungsi ginjal ketika janin dilahirkan.

  1. Obat jangka panjang

Mengapa kita tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang dan terus menerus? Jawabannya adalah karena obat-obatan yang dikonsumsi secara terus menerus bisa mempengaruhi fungsi ginjal dan menyebabkan berbagai masalah di ginjal. Termasuk disfungsi ginjal. Hati-hati jika ingin mengonsumsi obat karena ada beberapa Jenis Obat Yang Dapat Merusak Ginjal.

Demikianlah beberapa penyebab disfungsi ginjal yang perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat untuk Anda. Ada baiknya jika kita mencegah hal tersebut agar tidak sampai terjadi.

Sponsors Link
>
, , ,