Sponsors Link

5 Penyebab Cangkok Ginjal pada Wanita

Sponsors Link

Sebelum terkena penyakit atau gangguan ginjal, setiap orang pasti akan melakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatannya. Namun terkadang  meski berbagai macam cara telah dilakukan, penyakit ginjal tetap tidak bisa dihindari. Karena penyakit yang bisa menyerang ginjal banyak macam dan jenisnya, tingkat keparahannya pun juga berbeda beda. Pada penyakit ginjal yang tidak terlalu parah, dapat disembuhkan dengan operasi atau pengobatan tradisional. Tetapi jika penyakit telah menyebabkan ginjal rusak permanen, pilihan terbaik adalah dengan melakukan cangkok ginjal.

ads

Pengertian cangkok ginjal sendiri adalah menanamkan atau memberikan ginjal baru yang lebih sehat pada pasien yang membutuhkan donor ginjal karena ginjalnya tidak bisa berfungsi dengan baik lagi. Dalam istilah medis, cangkok ginjal disebut dengan transplantasi ginjal. Cangkok ginjal tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut adalah penyebab cangkok ginjal yang wajib diketahui beserta cara mengatasi dan pencegahan yang tepat:

Penyebab Cangkok Ginjal

  1. Gagal Ginjal

Inilah salah satu kondisi berbahaya yang menjadi penyebab cangkok ginjal yang harus dilakukan seseorang. Mengobati gagal ginjal akut atau gagal ginjal kronis memang tidak harus dengan cangkok ginjal. Namun solusi terbaik bagi pasien yang tidak ingin melakukan cuci darah seumur hidup adalah dengan mendapatkan ginjal baru yang lebih sehat.

Gagal ginjal dapat terjadi pada siapa saja dengan bebagai penyebab gagal ginjal yang mungkin tidak terduga. Oleh karena itu jauhi berbagai kebiasaan penyebab gagal ginjal seperti suka merokok dan minum minuman beralkohol. Baik rokok maupun minuman alkohol memberatkan beban kerja ginjal karena kandungan bahan kimia dan racun yang terlalu banyak.

  1. Ginjal Mengecil

Ginjal mengecil adalah penyakit yang tidak kalah berbahaya dengan penyakit ginjal lainnya. Pada kasus ginjal mengecil, ukuran organ ginjal semakin lama semakin menyusut dan akhirnya mengalami kerusakan. Penyakit ini bahkan sama parahnya dengan gagal ginjal.

Ginjal mengecil bisa disebabkan oleh faktor kelainan ginjal bawaan dari lahir. Penyebabnya bisa jadi karena pembentukan organ kurang sempurna yang banyak dialami bayi lahir prematur. Baik ginjal mengecil sebelah atau kedua ginjal mengecil sama berbahayanya.

  1. Ginjal Bengkak

Dalam istilah medis, ginjal bengkak disebut dengan istilah hidronefrosis. Adalah sebuah kondisi di mana organ ginjal mengalami pembesaran dan terus terjadi. Penyebab hidronefrosis yang paling utama adalah penyumbatan pada saluran kemih. Penyumbatan ini menyebabkan urine tidak dapat keluar dan akhirnya kembali naik ke ginjal.

  1. Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal yang sudah parah bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal. Batu ginjal dapat berpindah tempat, dari organ ginjal menuju saluran kemih dan kandung kemih. Saat berpindah, batu ginjal sangat mungkin melukai pembuluh darah dan organ lain yang dilewatinya. Namun jika penyakit batu ginjal belum parah, maka dapat diatasi dengan obat tradisional atau operasi kecil tanpa harus melakukan cangkok ginjal.

  1. Ginjal Rusak

Ginjal rusak dapat disebabkan oleh macam macam penyakit ginjal yang menyerang seseorang. Saat ginjal mengalami penurunan fungsi hingga tidak dapat bekerja dengan baik sama sekali, maka keadaan tersebut dapat disebut dengan kerusakan ginjal. Jika ginjal seseorang rusak bisa menjadi penyebab cangkok ginjal untuk menggantikan ginjal yang sudah rusak.

Cara Mengatasi

  • Obat Tradisional

Agar tidak sampai melakukan cangkok ginjal, bisa diatasi dengan macam macam obat tradisional penyakit ginjal yang mudah ditemukan dan diolah menjadi ramuan. Bagi sebagian orang, cangkok ginjal mengandung resiko yang menakutkan sehingga mereka lebih memilih untuk berusaha menyembuhkan penyakit tersebut secara tradisional saja.

Sponsors Link

  • Cuci Darah

Jika seseorang sampai harus melakukan cangkok ginjal, itu artinya ginjalnya sudah tidak dapat berfungsi lagi. Ginjal yang tidak berfungsi tidak bisa melakukan tugasnya untuk menyaring kotoran yang ada dalam ginjal. Salah satu manfaat cuci darah yang bisa didapatkan adalah ginjal dapat dicuci bersih dan semua kotoran di dalamnya dapat keluarkan dengan bantuan mesin.

Pencegahan

  • Menjalani Gaya Hidup Sehat

Agar terbebas dari penyakit yang bisa menyebabkan Anda harus menjalani cangkok ginjal, lakukan cara pencegahan yang tepat sejak dini. Merubah gaya hidup dan pola makan termasuk langkah yang harus diambil apabila Anda menginginkan ginjal yang sehat dan terbebas dari segala macam penyakit. Konsumsilah makanan sehat untuk ginjal krena nutrisi yang ada di dalamnya bisa meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu rajinlah berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

  • Memeriksakan Kesehatan Secara Rutin

Setiap orang wajib untuk memeriksakan kondisi kesehatannya secara rutin dan berkala. Hal ini untuk memastikan bahwa kondisi semua organ yang ada di dalam tubuh baik baik saja dan terhindar dari segala macam penyakit. Lakukan general check up setiap beberapa bulan sekali, dan jika Anda punya keluhan cukup serius, segera periksakan diri ke dokter. Penanganan yang dilakukan sejak dini bisa memberikan potensi kesembuhan yang lebih besar.

Itulah penyebab cangkok ginjal yang harus dilakukan seseorang. Karena cangkok ginjal bukanlah sesuatu yang sepele, tentu penyebabnya juga merupakan sesuatu yang cukup serius. Oleh karena itu jika Anda sudah merasa ada gejala yang tidak beres dengan organ ginjal, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar cepat mendapatkan pertolongan dan penanganan tepat.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :