Sponsors Link

10 Penyebab Batu Ginjal pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Batu ginjal merupakan salah satu jenis penyakit ginjal yang perlu diwaspadai. Penyakit Batu Ginjal ini diawali dengan pembentukan kristal-kristal dari sisa limbah metabolisme yang pada akhirnya menggumpal membentuk batu-batu yang keras. Batu ginjal ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Penyebab batu ginjal pada wanita bisa jadi sama dengan batu ginjal pada pria. Akan tetapi, senyawa kristal batu ginjal pada pria bisa jadi berbeda dengan wanita. Berikut beberapa jenis senyawa batu ginjal yang perlu diketahui.

ads
  • Kalsium – Jenis batu ginjal yang paling sering terjadi adalah dari endapan kalsium. Jenis kalsium yang dimaksud bisa beragam, misalnya kalsium oksalat, maleat, dan juga fosfat.
  • Asam urat – Jenis batu ginjal asam urat lebih sering terjadi pada laki-laki daripada wanita. Pembentuknya adalah penyakit asam urat.
  • Struvit – Batu ginjal struvit sering terjadi pada wanita, terutama yang menderita penyakit infeksi saluran kemih. Struvit terbentuk dari infeksi ginjal yang membengkak, sehingga muncul sumbatan.

Adapun penyebab Batu Ginjal pada wanita yang sering terjadi antara lain sebagai berikut.

  1. Konsumsi air putih yang kurang

Air putih tentunya sangat diperlukan oleh tubuh. Air putih yang masuk ke tubuh bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh. Kekurangan air putih bisa menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh. Salah satunya adalah batu ginjal. Wanita yang jarang minum air putih secara cukup akan memiliki risiko terkena gangguan batu ginjal. Maka dari itu setidaknya konsumsilah air putih sebanyak 2 liter per hari agar bisa mencegah batu ginjal.

  1. Faktor genetik

Penyebab Penyakit Ginjal berupa batu ginjal pada wanita adalah faktor genetika. Penyebab ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Misalnya mereka yang menderita gangguan cystinuria genetik. Batu ginjal yang terbentuk adalah ketika senyawa asam sistin dalam tubuh bocor dari ginjal dan langsung masuk ke dalam urine.

  1. Wanita obesitas

Penyebab batu ginjal pada wanita salah satunya adalah obesitas. Obesitas adalah salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit. Bukan hanya penyakit ginjal saja, melainkan juga penyakit lainnya. Pada orang dewasa maupun anak-anak, obesitas bisa menyebabkan pola hidup yang buruk. Hal ini dipicu juga dengan tidak aktifnya fisik seseorang. Kondisi ini tentu bisa memicu gangguan ginjal juga, termasuk batu ginjal.

  1. Efek obat-obatan

Wanita perlu untuk lebih selektif dalam mengonsumsi obat-obatan. Karena ada banyak sekali obat-obatan yang bisa meningkatkan risiko terkena gangguan batu ginjal. Misalnya jenis obat diuretik, antibiotik, aspirin, dan masih banyak lagi. Ada baiknya konsumsilah obat-obatan hanya saat diperlukan. Itu pun lebih baik dengan petunjuk dan resep dokter.

  1. Efek samping operasi

Operasi yang pernah dilakukan pada seseorang bisa juga menjadi penyebab dari gangguan batu ginjal. Terutama operasi yang dilakukan di organ pencernaan, seperti operasi usus buntu.

  1. Infeksi saluran kemih

Wanita lebih berisiko terkena penyakit infeksi saluran kemih jika dibandingkan dengan laki-laki. Kondisi ini bisa juga memicu munculnya batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh Proses Terbentuknya Urine yang kurang sempurna, sehingga mungkin ada limbah sisa-sisa metabolisme yang tertumpuk dan tidak bisa dibuang. Jika terlalu lama mengendap, maka bisa jadi menjadi batu ginjal.

Sponsors Link

  1. Faktor usia

Penyebab batu ginjal pada wanita adalah faktor usia. Sebenarnya baik pria maupun wanita memang memiliki risiko kesehatan masing-masing. Terutama saat menginjak usia tua, misalnya di atas 40 tahun. Walau dalam kasus ini pria memiliki risiko lebih besar daripada wanita, akan tetapi wanita bisa juga mengalami batu ginjal di usia tua. Penyebabnya adalah pola hidup yang tidak sehat di waktu muda, yang pada akhirnya menuai akibatnya di masa tua.

  1. Kebiasaan menahan air kecil

Sudah menjadi rahasia umum jika kebiasaan sering menahan air kecil adalah kebiasaan buruk. Hal ini dikarenakan urine yang ditahan terlalu lama bisa menjadi lebih pekat. Pekatnya urine ini dikarenakan senyawa limbah dan aktivitas bakteri meningkat. Kebiasaan ini juga bisa memicu pembentukan batu ginjal.

Sponsors Link

  1. Pilihan makanan yang kurang tepat

Pola makan seseorang juga bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan ginjalnya. Seseorang yang terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, kalsium tinggi, atau gula yang tinggi, bisa memicu batu ginjal. Maka dari itu, keseimbangan pola makan dan nutrisi yang masuk ke tubuh memang perlu untuk dijaga dengan baik. Jangan hanya suka makan makanan tertentu tanpa mengimbanginya dengan makanan lainnya. Dan jika sudah terlanjur terkena batu ginjal, konsumsilah Menu Makanan untuk Penderita Batu Ginjal yang direkomendasikan dokter.

  1. Hidup dengan satu ginjal

Hidup dengan satu ginjal memang bisa memicu berbagai gangguan ginjal, termasuk batu ginjal. Hal ini dikarenakan tubuh hanya bisa membuang limbah sisa metabolisme dari satu ginjal saja.

Demikianlah beberapa penyebab batu ginjal pada wanita yang bisa terjadi dan perlu dihindari agar terbebas dari risiko batu ginjal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,