Sponsors Link

6 Penyebab Batu Ginjal Pada Pria yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Batu ginjal adalah semacam kerikil yang terbentuk ketika mineral yang berada di dalam urin menggumpal dan terkonsenterasi hingga  akhirnya membentuk material padat. Pada dasarnya keberadaan batu ginjal ini tidak menimbulkan rasa sakit, bahkan batu ginjal dapat tinggal di ginjal hingga berbulan-bulan. Penderita penyakit batu ginjal atau yang dalam bahasa medisnya disebut nephrolithiasis ini mulai merasakan sakit ketika batu tersebut menyumbat ureter atau saluran kecil yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Dampaknya, batu ginjal menghalangi urin menuju kandung kemih dan akibatnya timbulah rasa sakit di bagian panggul. Berikut adalah tanda tanda batu ginjal.

ads

Penyebab Batu Ginjal Pada Pria

Penyakit batu ginjal dapat dialami oleh siapa saja. Namun, kemungkinan seseorang untuk mengidap penyakit batu ginjal dapat meningkat jika orang tersebut mengalami penyakit tertentu atau sedang menjalani suatu pengobatan. Menurut para ilmuwan mengkonsumsi  topiramete (topamax), atau obat yang biasa diresepkan dokter untuk sakit kepala migrain dapat meningkatkan kemungkinan untuk pembentukan batu ginjal.

Perbedaan jenis kelamin antara pria dan wanita juga dapat berpengaruh terhadap kemungkinan seseorang terkena batu ginjal. Gejala batu ginjal pada wanita dengan gejala batu ginjal pada pria dapat berbeda. Penyakit batu ginjal lebih umum ditemukan pada pria dibanding pada wanita. Menurut peneliti UCLA lebih dari 10% pria di Amerika mengidap batu ginjal. Pada rentang usia 20 hingga 49 tahun biasanya batu ginjal mulai terbentuk dalam ginjal seseorang. Adapun 6 Penyebab Batu Ginjal Pada Pria yang Perlu Diketahui adalah sebagai berikut:

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab utama penyakit batu ginjal. Dehidrasi yaitu keadaan dimana seseorang mengalami kekurangan cairan tubuh. Orang yang dehidrasi karena kekurangan air mineral mempunyai resiko yang tinggi untuk terkena batu ginjal, terlebih jika orang tersebut tinggal di negara tropis yang umumnya orang-orang yang tinggal di daerah ini banyak mengeluarkan keringat.

Selain itu, cairan tubuh yang keluar melalui keringat sehabis kegiatan olah raga yang berlebihan juga dapat memicu dehidrasi. Pria dewasa paling tidak harus mengkonsumsi air mineral sebanyak 3 liter (10 0ns) atau sekitar delapan hingga sepuluh gelas per hari untuk menghindari dehidrasi. Pertanda bahwa seseorang terkena dehidrasi adalah warna air seninya yang berubah menjadi lebih gelap.

2. Mengkonsumsi Makanan-Makanan Tertentu

Mengkonsumsi makanan-makanan tertentu juga dapat menjadi penyebab batu ginjal pada pria. Makanan-makanan yang dapat memicu pembentukan batu ginjal diantaranya adalah makanan-makanan yang memiliki kandungan protein, garam dan gula yang tinggi. Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam dapat menyebabkan ginjal kesulitan menyaring kalsium.

Sehingga meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal. Makanan yang mengandung protein hewani yang tinggi seperti daging sapi, ikan, ayam dan daging babi juga dapat meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal. Makanan-makanan ini mampu meningkatkan kandungan asam di dalam tubuh dan urin. Kandungan asam yang tinggi ini memudahkan kalsium oksalat (jenis batu ginjal yang paling umum ditemukan) terbentuk. Penderita batu ginjal memiliki pantangan batu ginjal yang perlu diperhatikan.

Sponsors Link

3. Terlalu Banyak Minum Minuman Bersoda

Berdasarkan penelitian universitas Harvard, orang yang meminum minuman bersoda secara rutin sebanyak satu gelas atau lebih dalam sehari kemungkinan dapat terkena batu ginjal 23% lebih besar dibanding orang-orang yang hanya mengkonsumsi kurang dari satu gelas dalam seminggu. Hal ini disebabkan karena kandungan fruktosa yang terdapat pada minuman bersoda mampu meningkatkan kalsium dan oksalat pada air seni.

Sebaiknya kebiasaan minum soda yang berlebihan diganti dengan alternatif minum minuman lain seperti kopi dan jus jeruk. Kedua minuman ini dapat menghambat pembentukan batu ginjal karena mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam chlorogenic dan asam citric. Jika batu ginjal sudah terlanjut terbentuk maka penanganan batu ginjal perlu dilakukan.

4. Turunan dari Anggota Keluarga

Faktor lain yang dapat menjadi Penyebab Batu Ginjal Pada Pria yang Perlu Diketahui adalah faktor keturunan. Penyakit batu ginjal dapat muncul karena penyakit bawaan dari lahir. Jika ada orang di keluarga Anda yang mengidap batu ginjal misalnya orang tua atau saudara, maka kemungkinan Anda juga akan mengidapnya. Dan jika sebelumnya Anda telah memiliki satu atau lebih batu ginjal dalam ginjal Anda, maka kemungkinan batu ginjal – batu ginjal lainnya juga akan terbentuk.

Sponsors Link

5. Kondisi Kesehatan Usus

Kondisi tertentu pada usus yang menyebabkan diare dapat meningkatkan kemungkinan terbentuknya batu ginjal dari kalsium oksalat. Diare terjadi karena tubuh kekurangan cairan dalam jumlah besar sehingga volume urin berkurang. Tubuh dapat menyerap oksalat dalam jumlah besar dari usus. Dampaknya kandungan oksalat di urin juga lebih banyak. Karena volume urin yang rendah dan kandungan oksalat pada urin tinggi maka kemungkinan terbentuknya batu ginjal dari kalsium oksalat akan lebih besar.

6. Obesitas

Kelebihan berat badan juga dapat menjadi Penyebab Batu Ginjal Pada Pria yang Perlu Diketahui. Peningkatan berat badan yang terjadi pada pria di masa awal kedewasaannya memiliki hubungan dengan peningkatan resiko pembentukan batu ginjal. Faktor lain yang terkait dengan peningkatan resiko ini adalah ukuran lingkar pinggang yang bertambah serta tingginya BMI atau Body Mass Index. Fisik yang tidak aktif bergerak selain dapat menimbulkan obesitas juga dapat meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal.

Itulah 6 Penyebab Batu Ginjal Pada Pria yang Perlu Diketahui. Apabila gejala-gejala penyakit batu ginjal sudah mulai muncul, ada baiknya kita segera konsultasikan gejala-gejala tersebut kepada dokter agar dapat ditangani dengan tepat. Menjalani gaya hidup sehat merupakan cara terbaik untuk mencegah timbulnya gejala-gejala penyakit batu ginjal.

Sponsors Link
>
, ,