Sponsors Link

9 Penyebab Batu Ginjal pada Anak yang Sering Terjadi

Sponsors Link

Semakin tingginya kasus-kasus penyakit yang terjadi pada anak menyebabkan taraf kesehatan di Indonesia semakin menurun. Hal tersebut disebabkan karena semakin tingginya budaya-budaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan junkfood , pengaruh dari sosial media dan lain sebagainya.

ads

Kasus penyakit tersebut dibedakan menjadi 2 yaitu penyakit ringan dan penyakit yang berbahaya. Penyakit-penyakit ringan yang menyerang anak-anak antara lain flu ringan, demam ringan , sedangkan untuk penyakit yang bahaya merupakan kondisi penyakit serius antara lain penyakit yang berhubungan dengan organ dalam tubuh seperti penyakit jantung ,paru-paru dan penyakit ginjal.

Saat ini penyakit yang berbahaya yang menyerang anak-anak yaitu penyakit ginjal. Terdapat beberapa jenis penyakit ginjal antara lain kelainan ginjal pada bayi baru lahir , sindrom nefrotik pada anak ,tumor wilms pada anak serta penyakit batu ginjal . Penyakit ginjal tersebut dapat menyerang anak-anak , remaja , hingga orang dewasa. Lalu bagaimana tentang batu ginjal pada anak serta penyebabnya ? Berikut mengenai penyebab batu ginjal pada anak.

Penyebab Batu Ginjal pada Anak

Sebelum membahas penyabab penyakit batu ginjal perlu kita ketahui pengertian , ciri-ciri serta tanda dan gejala yang timbul akibat batu ginjal pada anak. Pengerian dari batu ginjal adalah suatu keadaan pada ginjal yang terdapat satu atau lebih batu di dalam pelvis ginjal atau saluran kemih. Batu ginjal ini yang terdapat pada saluran kemih akan menyebabkan seseorang merasakan nyeri, pendarahan, penyumbatan saluran kemih serta infeksi. Hal tersebut juga dapat dirasakan oleh anak-anak yang terserang. Batu ginjal tersebut dapat terbentuk di area ginjal maupun didalam area saluran kemih. Proses pembentukan batu ginjal tersebut disebut dengan urolitiasis.

Batu ginjal memiliki beberapa jenis antara lain batu kalsium, batu asam uric, batu struvite, batu cystine. Saat anak terkena batu ginjal maka anak-anak akan merasakan beberapa tanda dan gejala antara lain nyeri disekitar selangkangan, mual dan disertai dengan muntah, rasa panas atau terbakar saat buang air kecil, demam, sakit diarea punggung, dan yang terakhir terdapat kandungan darah didalam urin.

penyebab batu ginjal pada wanita dan penyebab batu ginjal pada pria tidak jauh berbeda dengan penyebab batu ginjal pada anak. Berikut mengenai beberapa hal penyebab batu ginjal pada anak :

1. Kelebihan Kadar Oksalat

Kebisaan buruk yang bisa merusak ginjal akan membuat kadar oksalat meningkat. Makanan yang mengandung kadar oksalat ini yaitu buah-buahan , apabila dikonsumsi berlebihan akan membuat kadar ini tinggi. Oksalat merupakan sejenis asam organik yang ditemukan setiap tanaman, hewan serta pada manusia. Zat oksalat ini dapat mempengaruhi kesehatan anak salah satunya adalah batu ginjal selain itu juga menyebabkan nyeri.

2. Kelebihan Kadar Kalsium

Salah satu penyebab batu ginjal pada anak yaitu tingginya kadar kalsium. Kalsium tinggi akan menyebabkan gangguan kesehatan salah satunya pada ginjal yang dapat menyebabkan terbentuknya batu. Selain itu kadar kalsium yang tinggi dapat menyebabkan masalah lainnya seperti tubuh mudah mengalami kelelahan , tubuh terasa lemah, mual dan muntah, gangguan sembelit, timbul rasa sakit di perut, peningkatan frekuensi buang air keci dan yang terkhir dapat meningkatkan rasa haus. Maka dari itu dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium secukupnya.

Sponsors Link

3. Adanya Bakteri

Adanya beberapa bakteri dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih pada bayi serta dapat mengakibatkan batu ginjal pada anak. Khususnya pada bakteri E. Coli. Pada kasus batu ginjal maka batu akan terbentuk pada ginjal , bakteri dapat menjadi bersifat resisten terhadap antibiotik. Maka dari itu selalu jaga kebersihan anak agar tidak terkena bakteri ini.

4. Gangguan Sistem Hormon

Gangguan sistem hormon juga dapat mengakibatkan beberapa masalah pada kesehatan tubuh. Apabila hormon tidak normal maka akan memepengaruhi kerja sistem metabolisme dalam tubuh. Dimana sistem metabolisme membantu fungsi ginjal bekerja. Maka apabila terjadi pada kerusakan sitem metabolisme yang akan mengganggu fungsi ginjal maka dapat menyebabkan beberapa massalah pada ginjal  seperti batu ginjal , gagal ginjal serta ginjal akut dan lain sebagainya.

ads

5. Adanya Kandung Kemih Neurogenik

Salah satu penyebab batu ginjal pada anak ini adalah adanya kandung kemih neurogenik. Dimana Kandung kemih neurogenik adalah penyakit dimana otak tidak dapat mengatur beberapa fungsi kandung kemih secara baik karena ditemukannya luka pada bagian urat saraf tulang belakang. Hal tersebut dapat meningkatkan resiko terkena batu ginjal.

6. Dehidrasi atau kekurangan cairan

Dehidrasi ini disebut sebut sebagai penyebab batu ginjal pada anak. Karena fungsi ginjal akan dapat bekerja dengan baik atau maksimal apabila tubuh mempunyai kadar air atau cairan yang cukup. Untuk itu perlunya cairan untuk tumbuh kembang anak. Namun disaat zaman sekarang ini anak-anak lebih memilih engkonsumsi minuman kemasan yang mengandung pengawet dan lain-lain. Kandungan tersebutlah akan membuat fungsi ginjal menjadi rusak , dana akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

7. Kelebihan Garam

Kelebihan kadar garam dalam tubuh dapat menyababkan beberapa penyakit ginjal seperti kista ginjal polikistik ,tumor ginjal pada anak , ginjal kronis serta yang terakhir dapat menyebabkan batu ginjal pada anak. Untuk itu hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung garam secara berlebih. Biasanya anak-anak menyukai makanan ringan yang gurih , makanan tersebut sangat identik dengan kandungan garamnya.

8. Obesitas

Obesitas pada anak akan menyebabkan masalah-masalah pada kesehatan yang lainnya. Bisa kita simpulkan masalah yang kompleks. Obesitas meurupakan kondisi dimana berat badan melebihi ambang batas normal. Seseorang yang terkena obesitas akan cenderung mendapati resiko penyakit lainnyaseperti diabetes , kolestrol, jantung serta penyakit ginjal. Pada penyakit batu ginjal guja dapat disebabkan oleh adanya faktor obesitas pada anak.Maka usahakan anak Anda menjaga pola makan serta dianjurkan untuk mengajak melakukan aktivitas yang menguras keringat seperti aktivitas bermain.

9. Genetik

Faktor resiko terbesar seorang anak dapat terkena batu ginjal adalah karena anggota keluarga (bapak atau ibunya) mempunyai riwayat penyakit batu ginjal. Karena secara otomatis tanpa kita sadari kondisi ini pun akan menularkan ke keturunannya. Maka dari itu kita tidak bisa mencegahnya yang dapat kita lakukan yaitu memperlambat serangan batu ginjal serta mengurangi tanda dan gejala yang dirasakan oleh sang anak tersebut.

Penjelasan diatas merupakan beberapa penyebab yang dapat menyebabkan batu ginjal pada anak , untuk itu dianjurkan untuk menghindari faktor resiko diatas seperti dehidrasi , kelebihan berat badan pada anak dan sebagainya.

Sponsors Link
>
, ,