Sponsors Link

Penyebab Batu Ginjal Kalsium Oksalat yang Perlu Dicegah

Sponsors Link

Kalsium oksalat merupakan salah satu senyawa yang paling banyak terjadi sebagai penyebab dari batu ginjal. Batu ginjal itu sendiri termasuk salah satu penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya dan mengerasnya material di dalam ginjal akibat proses penyaringan darah. Mengerasnya material ini akan menyumbat saluran kemih dan menyebabkan berbagai gangguan metabolisme lainnya, sehingga perlu untuk segera diatasi.

ads

Sebagai salah satu dari Jenis Jenis Batu Ginjal yang paling sering terjadi, kita tentu perlu tahu penyebab batu ginjal kalsium oksalat dalam tubuh. Berikut penjelasannya.

Pembentukan Kalsium Oksalat

Batu ginjal kalsium oksalat terjadi jika terdapat material oksalat yang tinggi di dalam darah, sedangkan oksalat ini harus dibuang dari tubuh dalam bentuk urine. Tingginya oksalat dalam tubuh akan bereaksi dengan material kalsium yang juga terdapat dalam tubuh sehingga mengkristal membentuk kalsium oksalat. Kalsium oksalat akan lama kelamaan menumpuk dalam ginjal dan menjadi batu-batu yang menyumbat. Adapun beberapa faktor yang menjadi penyebab batu ginjal kalsium oksalat antara lain sebagai berikut.

  1. Makanan dan minuman yang dikonsumsi

Ada beberapa makanan serta minuman yang memang memiliki banyak kandungan kalsium oksalat tinggi. Makanan ini bisa berasal dari buah, sayur, maupun minuman. Misalnya buah blueberry, raspberry, stroberi, kiwi, dan masih banyak lagi. Sementara sayuran misalnya bayam, kangkung, wortel, kentang, dan sebagainya. Untuk minuman ada dari jenis susu, minuman kedelai, cokelat, dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya simak artikel Makanan Tinggi Kalsium Oksalat.

  1. Faktor usia dan jenis kelamin

Tidak hanya dari makanan, penyebab batu ginjal kalsium oksalat juga bisa dilihat dari faktor usia dan jenis kelamin, dimana pria akan lebih tinggi risikonya untuk mengalami batu ginjal daripada wanita. Penyebab Batu Ginjal Pada Pria adalah dari segi kebiasaan pria yang aktivitasnya lebih banyak dari wanita namun jarang minum air. Sedangkan faktor usia yang tinggi risiko batu ginjal adalah usia 40 tahun gingga 70 tahun.

  1. Masalah pada usus

Orang-orang dengan permasalahan usus jug tinggi risikonya untuk menjadi penyebab dari pembentukan kalsium oksalat di ginjal. Misalnya mereka yang memiliki penyakit peradangan usus kronis, atau mereka yang bahkan pernah mengalami operasi usus bypass. Juga yang pernah mengalami operasi ostomy. Permasalahan tersebut akan meningkatkan risiko pembentukan kalsium oksalat di ginjal yang akhirnya bisa menjadi penyebab batu ginjal.

Sponsors Link

  1. Gangguan ginjal lainnya

Penyebab batu ginjal kalsium oksalat juga bisa ditingkatkan risikonya jika seseorang mengalami gangguan ginjal lainnya. Hal ini menyebabkan pembuangan urine menjadi tidak lancar, sehingga risiko penumpukan senyawa limbah di ginjal dan saluran kemih juga meningkat. Misalnya ketika seseorang mengalami penyakit Infeksi Saluran Kemih Jika Tidak Diobati. Salah satu gejalanya adalah volume urine yang menurun. Hal ini akan meningkatkan risiko limbah tersisa di ginjal dan saluran kemih sehingga dapat mengeras dan membentuk batu ginjal.

Demikianlah beberapa penyebab batu ginjal kalsium oksalat yang perlu diketahui. Walau pada dasarnya Batu Ginjal Bisa Sembuh Total namun tetap lebih baik mencegah daripada mengobati. Sehingga sebaiknya perhatikan kebiasaan dan juga kesehatan tubuh Anda agar terhindar dari berbagai masalah dan penyakit. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,