Sponsors Link

11 Penyebab Atrofi Ginjal – Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Semua orang pasti sudah memahami fungsi ginjal yang sangat penting untuk tubuh. Ginjal adalah organ yang menyaring semua kotoran dalam darah lalu membuang zat sisa metabolisme melalui urine. Tetapi ironisnya, ginjal juga merupakan organ yang sangat mudah terserang penyakit.

ads

Di antara banyaknya penyakit ginjal, salah satu yang harus diwaspadai adalah atrofi ginjal. Atrofi ginjal adalah istilah medis yang digunakan untuk menyebut penyakit ginjal mengecil. Ginjal mengecil adalah kondisi di mana ukuran ginjal semakin mengecil dan menyusut, hingga ginjal rusak secara permanen. Tentu saja ada kondisi yang menjadi penyebab atrofi ginjal terjadi. Sebelum menjadi lebih parah, penting untuk mengenali ciri ciri sakit ginjal awal sehingga bisa cepat dilakukan tindakan agar tidak terjadi penyakit lain yang lebih parah dan memicu terjadinya atrofi ginjal

Penyebab Atrofi Ginjal

Inilah beberapa kondisi yang menyebabkan atrofi ginjal. Penyebab ginjal mengecil yang harus diketahui antara lain adalah:

1. Kelainan Ginjal

Kelainan pada ginjal dan penyebabnya memang harus dipahami dengan baik. Kelainan ginjal biasanya adalah bawaan sejak lahir yang disebabkan oleh faktor genetik dari ayah atau ibu. Ada banyak kelainan yang mungkin terjadi, salah satunya adalah atrofi ginjal. Faktor genetik memang bisa menjadi penyebab ginjal mengecil terus.

Saat ibu sedang hamil, periksakan kondisi janin secara lengkap sehingga jika ada kelainan pada organ tubuh dapat terdeteksi. Apabila diketahui sejak dini, dapat dilakukan langkah pencegahan agar tidak menjadi penyakit lain yang lebih parah lagi.

2. Pielonefritis

Pielonefritis lebih dengan dengan istilah penyakit infeksi saluran kemih. Penyakit ini terjadi karena infeksi bakteri E.coli yang masuk melalui alat kelamin lalu naik hingga ke sistem kemih. Bakteri ini sangat mungkin menyebar hingga ke ginjal. Salah satu dampak yang muncul adalah ginjal yang semakin mengecil bersamaan dengan semakin menyebarnya bakteri. Ginjal mengecil sebelah kanan atau kiri tergantung pada bagian mana bakteri menginfeksi.

3. Hipertensi

Jika Anda masih bertanya tanya apa hubungan gagal ginjal dan hipertensi, maka penjelasan berikut ini bisa menjadi salah satu jawabannya. Seseorang yang menderita hipertensi, tekanan darahnya dapat naik melebihi batas normal. Tekanan yang terlalu tinggi ini akan melukai pembuluh darah yang dilaluinya, termasuk pembuluh darah halus di dalam ginjal. Terlukanya pembuluh darah ini akan mengakibatkan beberapa hal, salah satunya adalah ukuran ginjal semakin mengecil.

4. Merokok

Ini dia kebiasaan yang bisa merusak ginjal, namun justru paling banyak dilakukan. Merokok sama saja dengan memasukkan racun ke dalam tubuh. Ginjal sebagai organ yang bertugas menyaring kotoran harus menerima semua racun tersebut. Seiring berjalannya waktu, racun menumpuk di ginjal semakin banyak dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Jika kebiasaan merokok sudah dilakukan sejak muda, maka ia akan menjadi faktor penyebab ginjal mengecil pada usia lanjut yang patut diwaspadai.

Sponsors Link

5. Sindrom Alport

Sindrom Alport adalah salah satu penyakit ginjal yang dipicu oleh kelainan kromosom pada ginjal. Kelainan ini tentu sudah bawaan sejak di dalam kandungan, bisa juga karena pembentukan organ yang tidak sempurna. Kasus ini banyak terjadi utamanya pada kelahiran prematur. Penyebab sindrom Alport adalah kelainan bawaan pada kromoson X dari sang ibu. Wanita yang memiliki riwayat sindrom Alport di keluarganya berpotensi untuk menurunkan penyakit yang sama pada bayi yang sedang ada di dalam kandungan.

Cara Mengatasi Atrofi Ginjal

  • Makanan yang Sehat

Konsumsi makanan untuk penderita ginjal mengecil akan membantu proses penyembuhan dengan lebih cepat. Makanan seperti buah apel, cranberry, manggis, rujak polo, dan kelapa kuning memberikan asupan nutrisi yang baik bagi ginjal. Sehingga meskipun ginjal mengecil, organ tersebut tetap dapat melakukan fungsinya dengan baik.

  • Ramuan Daun Sirsak

Manfaat dan khasiat daun sirsak untuk ginjal memang sudah banyak diketahui. Kandungan yang ada di dalam daun sirsak mampu membantu mengatasi berbagai masalah pada ginjal, termasuk ginjal mengecil. Minum ramuan dari daun sirsak dan air yang direbus secara teratur sebanyak 2 kali sehari. 

Sponsors Link

  • Ramuan Daun Sukun

Sama halnya dengan daun sirsak, daun sukun mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit ginjal bahkan gagal ginjal sekalipun. Daun sukun dapat membersihkan ginjal secara alami dan membantu menjaga fungsi ginjal agar tetap berjalan dengan baik.

Pencegahan Atrofi Ginjal

  • Berhenti Merokok. Merokok adalah kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal. Berhenti merokok sekarang juga jika Anda ingin memiliki ginjal yang sehat dan bebas dari penyakit.
  • Rajin Berolahraga. Dengan berolahraga tubuh akan menjadi lebih sehat. Saat olahraga, sel tubuh yang sudah rusak akan digantikan dengan sel baru yang lebih sehat dan kuat.
  • Minum Air Putih. Manfaat utama dari air putih adalah membuang semua racun di dalam tubuh. Itulah yang membuat air putih sangat menyehatkan.

Itulah penjelasan lengkap tentang penyebab atrofi ginjal, lengkap dengan cara mengatasi dan pencegahannya. Penyakit yang masih asing di masyarakat ini memang patut untuk diwaspadai. Kondisi yang awalnya sederhana dan bisa disembuhkan, berkembang menjadi penyakit yang lebih parah karena terlambat ditangani. Atrofi ginjal yang lebih parah bisa menyebabkan penyakit lain seperti gagal ginjal kronis.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :