Sponsors Link

Penyebab Adanya Protein Dalam Urin yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Protein memang zat yang di butuhkan oleh tubuh. Tetapi jika Anda menemukan terlalu banyak protein di dalam urin Anda itu bisa berarti penyakit. Anda juga harus mewaspadai tentang resiko ginjal bocor. Penyakit yang di sebabkan karena terlalu banyak protein di dalam urin adalah proteinuria atau juga sering di sebut dengan albuminuria. Selain penyakit ini Anda juga harus mengetahui tentang penyebab kelainan ginjal pada janin.

ads

Albumin sendiri adalah protein utama yang ada di dalam darah. Protein sendiri memang zat yang sangat penting bagi tubuh. Karena zat ini memiliki fungsi sebagai pengatur fungsi tubuh serta sebagai zat pembangun untuk bagian-bagian vital tubuh. Anda harus tahu tentang penyebab edema ginjal. Selain itu protein juga memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai macam penyakit yang membahayakan bagi tubuh.

Penyakit  proteinuria atau albuminuria di sebabkan oleh kerusakan ginjal yang tidak mampu untuk menyaring protein yang masuk ke tubuh. Anda juga harus tahu tentang perbedaan urin dan air ketuban. Ketika ginjal bekerja untuk menyaring darah maka elemen yang paling penting adalah albumin. Albumin membantu ginjal untuk melakukan penyaringan darah. Anda juga wajib tahu bagaimana cara pencegahan gagal ginjal kronis.

  • Penyebab Adanya Protein Dalam Urin

Pada penderita albuminuria maka penderita akan memiliki terlalu banyak kandungan protein di dalam urin mereka karena adanya kerusakan ginjal. Kerusakan ginjal dapat terjadi karena beberapa sebab salah satunya adalah pengaruh kurang tidur terhadap ginjal. Begitupun dengan penyakit albuminuria, adapun penyebab adanya protein dalam urin adalah:

1. Diabetes

Penyebab utama dari penyakit albuminuria adalah kelebihan gula atau kadar gula yang sangat tinggi dan terjadi selama bertahun-tahun. Anda harus mewaspadai tentang bahaya kurang minum air putih. Keadaan kadar gula yang sangat tinggi dan berlangsung pada waktu yang lama menyebabkan hilangnya albumin yang terlalu banyak di dalam darah.

Sehingga ginjal menjadi rusak dan menyebabkan ginjal tidak dapat melakukan tugasnya untuk menyaring protein yang ada di dalam darah dan menyebabkan adanya kondisi albuminuria ini. Anda juga harus mewaspadai tentang pengaruh rokok terhadap ginjal Anda yang sering kali di abaikan oleh banyak orang.

2. Glomerulosclerosis

Penyebab adanya protein dalam urin yang ke dua adalah adanya penyakit glomerulosclerosis. Dimana penyakit ini di sebabkan karena jaringan parut yang berkembang di dalam ginjal yang berfungsi sebagai penyaring limbah di dalam darah. Anda wajib untuk menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal Anda.

3. Nefropati Diabetik

Penyebab selanjutnya dari penyakit albuminuria adalah nefropati diabetik. Penyakit satu ini juga di sebabkan karena adanya kelebihan kadar gula sehingga menyababkan ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik dan menyebabkan terjadinya albuminuria karena kondisi gula darah yang tidak terkendali. Anda harus tahu tentang ciri urine sehat.

Sponsors Link

4. Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Selain diabetes penyebab dari albuminuria yang lain adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Memiliki tekanan darah yang tinggi dan dalam waktu yang lama bukanlah hal yang baik untuk kesehatan ginjal Anda. Karena hipertensi dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan ginjal menjadi tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan banyak protein yang masuk ke dalam urin karena tidak dapat menyaringnya. Anda harus menghindari kebiasaan penyebab gagal ginjal.

5. Malaria

Penyakit malaria juga dapat menyeabkan terjadinya albuminuria karena kondisi tubuh yang tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik menyebabkan ginjal juga tidak dapat menyaring protein di dalam dengan darah sesuai dengan tugasnya sehinga menyebabkan penumpukan protein di dalam urin. Cobalah untuk menerapkan cara menjaga kesehatan ginjal Anda. Karena ginjal adalah bagian tubuh terpenting yang harus benar-benar di jaga.

  • Gejala Penyakit Albuminuria

Ada banyak sekali gejala yang timbul jika Anda mulai terjangkit penyakit albuminuria ini. Salah satu gejala yang paling mudah untuk di cermati adalah adanya busa di dalam urin Anda ketika Anda sedang buang air kecil. Anda harus menerapkan menu makanan sehat untuk sakit ginjal di dalam pola makan Anda. Adapun gejala penyakit albuminuria dari hasil melakukan tes lab adalah: 

Sponsors Link

  1. Urin dalam kondisi yang tidak normal. Ini di buktikan dengan warna urin yang kuning gelap di sebabkan oleh adanya permasalahan ginjal yang sudah terjadi bertahun-tahun.
  2. Urin Anda tampak seperti berawan. Hal ini di sebabkan karena urin tercampur dengan bakteri, nanah, infeksi parasit, dan darah.
  3. Urin memiliki bau yang berbeda dan seperti bau sirup. Ini menandakan jika ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik. Anda harus mewaspadai beberapa makanan tinggi kalsium oksalat yang dapat menyebabkan batu ginjal.
  • Mencegah Terjadinya Albuminuria

Jika Anda belum terjangkit penyakit ini, sebaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya adalah menerapkan makanan sehat untuk penderita sindrom nefrotik. Dan menjaga pola hidup sehat Anda. Ini akan sangat membantu Anda untuk menjaga fungsi ginjal. Selain itu jika Anda sudah terjangkit penyakit albuminuria Anda dapat mengobatinya dengan terapi steroid yang dapat Anda konsultasikan dengan dokter Anda.

Nah itu tadi penyebab adanya protein dalam urin. Ingat jika kesehatan itu mahal.

Sponsors Link
>
, , , ,